kumparan
29 September 2019 11:11

Instagram Uji Coba Dark Mode, Fitur Ubah Tampilan Latar Jadi Gelap

Instagram
Ilustrasi platform Instagram. Foto: Dado Ruvic/Reuters
Ikuti jejak aplikasi lainnya, Instagram bakal menerapkan tampilan gelap atau Dark Mode. Rupanya tampilan Dark Mode menjadi salah satu fitur aplikasi yang paling banyak diminta oleh para pengguna kepada pihak perusahaan media sosial itu.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan The Independent, fitur Dark Mode di Instagram telah diuji coba dan tersedia untuk beberapa pengguna. Dalam mode ini, tampilan latar aplikasi Instagram akan berubah menjadi warna hitam yang biasanya terlihat putih.
Instagram kini tampak sedang menguji tampilan Dark Mode, dengan memberikan beberapa orang akses ke mode gelap yang secara otomatis akan aktif jika ponsel memiliki pengaturan fitur Dark Mode bawaan seperti pada ponsel dengan iOS 13 dan Android 10.
Dalam mode gelap Instagram, warna aplikasi tetap tidak berubah dan tampilan foto tidak terlihat berbeda, Dark Mode Instagram hanya menukar warna putih terang yang biasanya ada di belakang tulisan dan Stories menjadi warna yang jauh lebih gelap.
Untuk mendapatkan pembaruan mode ini, pengguna harus menggunakan versi terbaru iOS dan Android serta versi terbaru Instagram, serta memiliki opsi Dark Mode yang dipilih dalam pengaturan sistem. Namun begitu, tampaknya tidak semua orang dengan kondisi-kondisi tersebut bisa mendapatkan akses ke sana. Sebab, uji coba ini masih akan digulirkan secara bertahap.
ADVERTISEMENT
Banyak pengguna mengeluh tampilan Instagram mereka belum memiliki fitur Dark Mode. Jadi,ketika para pengguna itu sudah menerapkan tampilan Dark Mode pada perangkatnya, tampilan Instagram mereka malah akan berubah menjadi putih terang sehingga terasa kurang nyaman saat dibuka malam hari.
Media sosial lainnya, seperti Twitter, sudah mempunyai fitur Dark Mode yang bisa digunakan oleh semua pengguna tanpa harus menggunakan versi terbaru iOS dan Android. Jadi, kita cuma bisa berharap, semoga saja fitur Dark Mode di Instagram segera dirilis secara resmi seperti mode gelap di Twitter sehingga bisa segera digunakan di banyak perangkat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan