Tekno & Sains17 September 2020 15:08

iOS 14 dan iPadOS Bikin Pengembang Aplikasi Terkejut: Itu Mengerikan

Konten Redaksi kumparan
iOS 14 dan iPadOS Bikin Pengembang Aplikasi Terkejut: Itu Mengerikan (302578)
Fitur App Clip di iOS 14 Foto: Dok. Apple
Sistem operasi Apple iOS 14 dan iPadOS 14 sudah bisa didownload pengguna iPhone dan iPad pada Rabu (16/9) waktu AS atau Kamis (17/9) WIB. Di saat para pengguna merayakan 'hari raya' update bagi perangkat mereka, peluncuran dua OS tersebut mengejutkan para pengembang aplikasi di ekosistem Apple.
ADVERTISEMENT
Peluncuran versi penuh iOS 14 dan iPadOS 14 cukup berbeda dibanding tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, misalnya, iOS 13 dan iPadOS 13 baru dapat diunduh pengguna seminggu setelah pengumuman di acara Apple Event. Namun, tahun ini kedua sistem operasi tersebut bisa langsung di-download sehari setelah acara Apple Event 2020 yang berlangsung pada 15 September 2020.
Menurut laporan The Verge, peluncuran prematur iOS 14 dan iPadOS 14 dimaksudkan Apple untuk mengikuti peluncuran jam tangan pintar Watch 6 yang telah memakai sistem operasi watchOS 7. Jam tangan pintar itu membutuhkan kompatibilitas dengan perangkat iOS 14.
Masalahnya, ternyata para pengembang aplikasi belum tahu kalau iOS 14 dan iPadOS 14 bakal langsung dirilis sehari setelah acara Apple Event 2020. Beberapa menit usai CEO Apple, Tim Cook, mengumumkan bahwa kedua sistem operasi itu bisa di-download sehari setelah acara Apple Event 2020, para pengembang aplikasi mengungkap bahwa mereka 'buta' dengan agenda peluncuran iOS 14 dan iPadOS 14.
iOS 14 dan iPadOS Bikin Pengembang Aplikasi Terkejut: Itu Mengerikan (302579)
Tampilan baru di iOS 14 Foto: Dok. Apple
"Tidak dapat dipercaya bahwa mereka langsung merilis iOS 14. Itu terasa sangat mengerikan sebagai pengembang," tulis Sawyer Blatz, seorang developer aplikasi Nudget in Budget, dalam kicauan Twitter, Rabu (16/9).
ADVERTISEMENT
"Ya, tidak ada pemberitahuan semacam itu. Para pengembang sedang kacau," sambung dia dalam kicauan yang lain.
Para pengembang sebenarnya telah menguji coba aplikasi mereka dalam sistem operasi iOS 14 dan iPadOS 14 versi beta yang dirilis Apple sejak pertengahan tahun lalu, menurut laporan BBC. Namun, versi final sistem operasi tersebut, biasa dikenal sebagai 'Golden Master' baru saja dirilis oleh Apple untuk mereka.
Hal tersebut membuat para pengembang aplikasi berpacu dengan waktu untuk menyelesaikan versi final aplikasi mereka untuk kedua sistem operasi tersebut. Menurut seorang pengembang aplikasi kepada BBC, hal ini bisa menyebabkan adanya glitch.
"Sangat mungkin bahwa beberapa aplikasi mungkin tidak bekerja dengan benar," kata Steve Troughton-Smith, CEO dan founder High Caffeine Content sekaligus developer aplikasi iPhone dan iOS, kepada BBC.
ADVERTISEMENT
Seperti yang dilaporkan The Verge, iOS versi Golden Master kerap mengalami sejumlah perubahan dari versi beta. Terkadang perubahan ini kecil. Namun, dalam beberapa kasus, ada fitur baru yang terpotong sebagai respons terhadap bug.
Di peluncuran tahun-tahun sebelumnya, Apple menyediakan waktu setidaknya seminggu untuk para pengembang menyesuaikan kembali aplikasi mereka dari versi beta ke versi Golden Master. Mepetnya waktu peluncuran iOS 14 pun membuat pengembang kehilangan waktu penyesuaian tersebut.
Setidaknya, sudah ada satu aplikasi terkenal di iPhone yang telah memperingatkan penggunanya untuk tidak meningkatkan ke versi terbaru iOS, jika mereka ingin terus menggunakan layanan mereka. Pada Selasa (15/9), akun Twitter resmi Animal Crossing Pocket Camp mengonfirmasi bahwa aplikasinya tidak dapat dibuka pada perangkat yang menjalankan iOS 14.
ADVERTISEMENT
"Kami tidak menyarankan Anda untuk memperbarui perangkat Anda ke iOS 14 sampai kami telah memperbaiki masalah ini," kicau mereka.
Namun, pengembang aplikasi yang diwawancarai The Verge tak terlalu khawatir bahwa aplikasi mereka bakal memiliki masalah yang serius. Seorang pengembang aplikasi mengatakan bahwa iOS 14 tidak akan mengganggu pengalaman pengguna dalam memakai aplikasi di iPhone.
Sebab, versi iOS yang lebih baru umumnya bagus dalam menjalankan perangkat lunak lama yang dirancang untuk versi sebelumnya. Selain itu, para pengembang telah memiliki akses ke versi beta iOS 14, sehingga para pengembang sudah bersiap menghadapi perubahan besar apa pun yang sedang berlangsung.
“Kami memiliki iOS 14 sejak WWDC. Saya tidak berpikir ini akan memiliki efek massal di mana semuanya rusak begitu saja di App Store," jelas Sebastiaan de With, seorang pengembang di aplikasi Halide, kepada The Verge. “Jika saat ini aplikasi Anda dalam keadaan sangat rusak di iOS 14, itu akan rusak saat dirilis. Saya tidak berpikir itu akan menjadi masalah besar."
ADVERTISEMENT
Apple tak memberi tanggapan atas masalah peluncuran iOS 14 dan iPadOS 14, menurut laporan BBC dan The Verge.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white