kumparan
search-gray
Tekno & Sains4 Agustus 2019 14:13

Jaringan Telkomsel dan XL Tumbang karena Gangguan PLN di Jabodetabek

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi susah sinyal di kendaraan
Ilustrasi hilang sinyal jaringan telekomunikasi di smartphone. Foto: Wilson Amplifiers/Flickr
Mati listrik yang terjadi di Jabodetabek dan Jawa Barat pada Minggu (4/8) siang turut menumbangkan jaringan Telkomsel. Masalah teknis ini membuat sejumlah pelanggan Telkomsel mengeluh tidak mendapatkan sinyal telekomunikasi.
ADVERTISEMENT
Ada dari mereka yang tidak bisa mengakses internet, atau bahkan tidak bisa melakukan panggilan telepon.
Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel, membenarkan sedang terjadi gangguan jaringan Telkomsel. Menurutnya, ini akibat gangguan pasokan listrik dari PLN di wilayah Jakarta, Banten, Jawa Barat dan sekitarnya.
"Kami saat ini masih menginventarisir jumlah perangkat jaringan yang terkena dampak penurunan kualitas akibat gangguan ini dan memastikan back up power berfungsi di perangkat jaringan kami," jelasnya dalam siaran pers yang kumparan terima, Minggu (4/8).
"Kami akan terus melakukan monitor kondisi perangkat jaringan kami dan memastikan layanan tetap berjalan normal untuk menjaga kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi."
Teknisi melakukan perawatan BTS Telkomsel
Teknisi melakukan perawatan BTS Telkomsel. Foto: NTARA FOTO/Fahrul Jayadiputra
Pernyataan serupa juga diungkap Tri Wahyuningsih, selaku Group Head Corporate Communication XL Axiata. Menurutnya, layanan XL Axiata ikut terdampak dan berimbas pada menurunnya kualitas layanannya di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
ADVERTISEMENT
"Saat ini, tim teknis kami di lapangan terus berusaha mengatasinya dengan menghidupkan cadangan daya yang sudah disiapkan. Semoga kondisi ini segera pulih sehingga kualitas layanan XL Axita bisa normal kembali," ujar Tri dalam pernyataan resmi.
Selain Telkomsel, beberapa operator lain juga mengalami gangguan yang sama. Dari pantauan kumparan, para pelanggan Indosat Ooredoo, Tri, hingga Smartfren, juga mengeluhkan hal serupa.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white