kumparan
23 Oktober 2019 19:43

Kamera 64 MP Realme XT Diklaim Lebih Baik dari Redmi Note 8 Pro

Realme XT
Realme XT. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Realme baru saja merilis smartphone terbaru di Indonesia, yakni Realme XT. Smartphone ini sedari awal pengumuman tanggal peluncurannya sudah mencuri perhatian.
ADVERTISEMENT
Realme XT kerap kali dibanding-bandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 8 Pro, yang memiliki spesifikasi serupa terutama kamera belakang beresolusi 64 MP. Apalagi, keduanya meluncur dalam waktu berdekatan, hanya berselang enam hari.
Sering dibanding-bandingkan, Realme mengklaim produknya Realme XT lebih unggul jika disandingkan dengan Redmi Note 8 Pro, terutama soal kamera 64 MP.
Realme XT
Realme XT. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Product Manager Realme Indonesia, Felix Christian menjelaskan, hasil foto kamera 64 MP lebih baik dibanding kompetitor berkat teknologi kamera. Hasil gambar juga dibantu dengan teknologi image processing dari prosesor Snapdragon.
"Sebenernya dari comparing Snapdragon dengan prosesor kompetitor (Mediatek), ya kita sebenarnya sudah sangat berbeda dari kompetitor, gak hanya dari segi kamera, tapi secara keseluruhan dan didukung dari segi visual, charging VOOC kita, ya itu sangat cocok dari si prosesor Snapdragon-nya sendiri," ujar Felix saat dijumpai di sela peluncuran Realme XT di Jakarta, Rabu (23/10).
ADVERTISEMENT
Wang menjelaskan, keputusan Realme menggunakan prosesor Snapdragon 712 untuk Realme XT sudah melalui riset dan pengembang yang lama. Chipset itu disebutnya sudah bisa membantu komponen kamera beresolusi 64 MP untuk menghasilkan gambar yang bagus.
Realme XT
Realme XT. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Senada dengan Felix, Country Director Qualcomm Indonesia, Shannedy Ong mengatakan, performa Snapdragon 712 sudah kompatibel dengan sensor kamera Realme XT yang bisa menghasilkan kualitas foto beresolusi besar.
"Prosesor ini memiliki tingkatan performa dibanding 710, dukungan resolusi tinggi dan dukungan kamera dengan kualitas sempurna. Prosesor ini, (rekam) video 4K tidak perlu khawatir, sudah sangat hemat daya, sehingga dapat memotret jauh lebih lama. Dari kolaborasi kita dengan Realme yang belum ada sebelumnya, 64 MP dari Realme dan prosesor Qualcomm akan memenuhi benchmark terbaru," ungkapnya.
ADVERTISEMENT
Selain Snapdragon 712, spesifikasi Realme XT juga didukung dengan pilihan RAM 4 GB dan 8 GB dan penyimpanan internal 128 GB. Realme XT didukung oleh baterai besar 4.000 mAh dengan dukungan VOOC Flash Charge 3.0. Sistem operasinya mengandalkan Android 9 Pie yang dibalut dalam antarmuka ColorOS 6.
Realme XT menggunakan konfigurasi empat kamera yang membawa sensor 64 MP Samsung ISOCELL Bright GW1 dengan aperture f/1.8 dan EIS. Selain itu, ada kamera ultrawide 8 MP, kamera makro 2 MP dan kamera depth-sensor 2 MP. Di bagian depan, terdapat kamera selfie beresolusi 16 MP.
Smartphone ini dibanderol mulai Rp 3,8 juta untuk varian RAM 4 GB dan memori internal 128 GB. Sementara varian 8 GB/128 GB dijual Rp 4,5 juta dan mulai dipasarkan secara luas pada 2 November 2019.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan