kumparan
search-gray
Tekno & Sains20 November 2019 15:42

Menkominfo Minta Google Segera Bangun Data Center di Indonesia

Konten Redaksi kumparan
Menkominfo Minta Google Segera Bangun Data Center di Indonesia (323915)
Menkominfo Johnny G Plate di acara Google for Indonesia 2019. Foto: Google Indonesia
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate, mendesak raksasa teknologi Google untuk segera membangun data center di Indonesia. Diketahui, platform mesin pencari itu memiliki layanan penyimpanan komputasi awan yang dikenal dengan Google Cloud.
ADVERTISEMENT
Permintaan Johnny untuk pembangunan data center di Indonesia sendiri ialah untuk menjamin keamanan data pengguna Google di Indonesia dan memiliki kendali yang besar untuk mengelola data masyarakat. Dengan begitu, kemungkinan kebocoran atau penyaalahgunaan data bisa dihindari atau lebih mudah ditanggulangi.
Menkominfo Minta Google Segera Bangun Data Center di Indonesia (323916)
Menkominfo Johnny G Plate di acara Google for Indonesia 2019. Foto: Google Indonesia
“Saya berharap dengan kerja sama dengan Google, saya minta ke Google, saya minta siapkan data center within territorial Indonesia,” ujar Johnny di sela acara Googe for Indonesia di Jakarta, Rabu (20/11).
“Khusus Indonesia yang besar, pastikan data center yang terintegrasi. Kami bicara ke negara sahabat, untuk pastikan kedaulatan data bermanfaat bagi masyarakat dan kemaslahatan umat, tidak hanya orang Indonesia tapi juga secara global,” lanjutnya.
Selain memberikan jaminan keamanan data, pengadaan data center di Indonesia juga akan mempersingkat latensi sehingga kecepatan download dan upload juga akan semakin cepat.
Menkominfo Minta Google Segera Bangun Data Center di Indonesia (323917)
Perusahaan teknologi Google. Foto: Charles Platiau/Reuters
ADVERTISEMENT
Google Berencana Bangun Cloud Region Jakarta 2020
Permintaan Menkominfo ini langsung disanggupi Google. Perusahaan bahkan sudah mengungkap rencana pembangunan data center di Indonesia dalam konferensi Google Cloud NEXT'19 pada April 2019 lalu.
Jason Tedjasukmana, Head Corporate Communication Google Indonesia mengatakan, bahwa Google akan meluncurkan data center Cloud Region di Jakarta pada semester pertama 2020. Langkah itu juga sekaligus untuk mengabulkan permintaan para kliennya di Indonesia.
“Itu yang sudah diminta sama nasabah-nasabah Google Cloud yang ada di sini. Karena cloud lebih tepat latensinya,” ujar Jason. “Kami akan hadirkan Cloud Region tahun depan, itu tanggalnya enggak tahu."
Hingga saat ini, Google Cloud sudah memiliki banyak konsumen dari perusahaan besar di Indonesia. Beberapa di antaranya ialah Gojek, Bank BRI, Alfamart, hingga Tokopedia.
ADVERTISEMENT
Google sendiri sudah mendirikan infrastruktur daata center Google Cloud di 20 regional. Selain Jakarta, Google juga akan mendirikan Cloud Region di Seoul (Korea Selatan), Las Vegas, dan Salt Lake City (AS).
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white