kumparan
search-gray
Tekno & Sains2 Juni 2020 9:06

Misteri Penyebab Wallpaper ‘Setan’ yang Bikin HP Android Rusak

Konten Redaksi kumparan
Misteri Penyebab Wallpaper ‘Setan’ yang Bikin HP Android Rusak (515439)
Foto ini jika dijadikan wallpaper bisa bikin sejumlah HP Android crash. Foto: Ice Universe (@UniverseIce) via Twitter
Akhir pekan kemarin, media sosial Twitter dihebohkan dengan kemunculan gambar yang bisa bikin smartphone Android rusak saat dijadikan wallpaper. Gambar tersebut sebenarnya hanyalah foto pemandangan danau dan pegunungan yang indah. Namun, di balik keindahannya tersebut tersimpan bahaya yang bisa buat handphone pengguna jadi hang dan tidak bisa digunakan.
ADVERTISEMENT
Masalah tersebut pertama kali dilaporkan oleh leaker ponsel terkenal bernama Ice Universe di akun Twitter-nya @UniverseIce, dan telah dikonfirmasi beberapa pengguna. Dalam sebuah kicauan Twitter, Minggu (31/5), Ice Universe menganjurkan agar siapa pun tidak memakai foto tersebut sebagai wallpaper, khususnya pengguna Samsung.
Lantas, apa penyebab masalah foto yang disebut wallpaper ‘setan’ ini sehingga bisa bikin HP Android jadi crash? Menurut pakar keamanan siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, masalahnya terletak pada color profile gambar, yang menyebabkan kesalahan penanganan gambar oleh perangkat Android, Samsung Galaxy dan Google Pixel, dan membuat perangkat menjadi crash.
“Ada bug dalam color profile dan jika dijalankan di Android akan mengakibatkan crash yang serius,” kata Alfons kepada kumparan. “Sebenarnya kalau color profile dari gambar tersebut dihilangkan, maka gambar tersebut aman dan tidak akan menyebabkan crash.”
ADVERTISEMENT
Alfons menjelaskan, pengguna bisa mengatasi masalah ini dengan cara mengubah profil warna foto tersebut dengan pengedit gambar. Foto yang telah disesuaikan warna-nya, kata Alfons, bakal aman untuk dipakai sebagai wallpaper.
Ice Universe pun menjelaskan dalam kicauannya kalau warna foto menjadi berubah dari aslinya ketika dia memposting ulang gambar original di media sosial Weibo, yang membuat foto menjadi tidak berbahaya. Perubahan tersebut tidak tampak di Twitter karena media sosial berlogo burung biru itu tidak mengubah data gambar yang di-posting. Ice Universe kemudian menduga kalau masalah wallpaper ‘setan’ ini terkait dengan color gamut.
Misteri Penyebab Wallpaper ‘Setan’ yang Bikin HP Android Rusak (515440)
Foto danau ini bisa bikin HP Android jadi crash atau mogok jika dipakai jadi wallpaper. Foto: Ice Universe via Twitter
Kerusakan yang diakibatkan wallpaper ‘setan’ sendiri membuat layar perangkat jadi seperti berkedip, nyala dan mati berulang kali, dan ini bikin pengguna kesulitan membuka ponsel. Tak hanya itu, beberapa pengguna juga melaporkan kalau crash tersebut mengakibatkan layar handphone menampilkan log metadata yang sukar dipahami oleh orang awam.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan pantauan kumparan, pengguna yang terdampak masalah ini menggunakan smartphone Samsung keluaran terbaru. Ada pula pengguna Google Pixel yang memberikan laporan serupa.
kumparan juga telah mencoba memakai foto tersebut di perangkat Vivo S1 Pro dan Redmi Note 5. Namun, tidak ada gangguan yang ditemukan. Blog teknologi Android Authority juga melakukan tes serupa pada Huawei Mate 20 Pro dan Google Pixel 2.
Menurut laporan mereka, Mate 20 Pro tak mengalami gangguan sama sekali. Sedangkan Pixel 2 benar-benar mengalami kerusakan dan baru bisa kembali normal setelah dilakukan factory reset. Hal tersebut membuat seluruh data ponsel terhapus.
Melihat bahwa tak semua perangkat Android terdampak wallpaper ‘setan’, pengamat gadget Lucky Sebastian menduga kalau masalah ini bukan terletak pada sistem operasi Android secara umum. Menurutnya, penyebab crash lebih diakibatkan oleh adanya bug dalam perangkat Samsung dan Pixel.
ADVERTISEMENT
“Sepertinya kalau hanya color profile, semua android harusnya crash. Tapi ini kan merek tertentu saja. Jadi kemungkinan metadata-nya memang dibuat untuk bikin crash,” kata Lucky kepada kumparan.
“Sepertinya ada bug juga di OS (Android) 10 atau security update-nya yang dimanfaatkan yang punya gambar. Mungkin saja Samsung dan Pixel, masih menggunakan standar algoritma Android asli untuk loading wallpaper, sementara smartphone China sudah memodifikasinya berbeda dengan OS asli, sehingga tidak terpengaruh,” sambung Lucky, sembari mengingatkan bahwa ini masih hipotesisnya saja.
Lucky sendiri telah mencoba menggunakan wallpaper ‘setan’ tersebut di smartphone Samsung miliknya. Hasilnya, perangkat tersebut menjadi hang dan baru bisa digunakan kembali setelah Lucky melakukan factory reset.
Kamu bisa melihat thread yang dibuat Lucky terkait masalah wallpaper 'setan' melalui kicauan di bawah ini:
ADVERTISEMENT
Hingga saat ini, kerusakan karena wallpaper 'setan' baru ditemukan pada perangkat Android dan belum ditemukan pada iPhone. Berdasarkan catatan kumparan, ada beberapa merek dan tipe ponsel Android yang terpengaruh oleh foto tersebut. Berikut daftarnya:
- Samsung Galaxy S20 Ultra
- Samsung Galaxy S10 5G
- Samsung Galaxy A50s
- Samsung Galaxy S10e
- Google Pixel 2
- Nokia 7 Plus
Kamu sebaiknya jangan mencoba-coba untuk memasang foto ini sebagai wallpaper, untuk menjaga data-data berharga pada ponsel. Kasus ini pun masih menimbulkan misteri terkait perangkat apa saja yang terdampak dan apa penyebab pastinya.
kumparan telah meminta tanggapan Samsung dan Google terkait masalah ini. Namun, kedua pihak masih belum memberikan tanggapan.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
****
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white