Mulai April 2021, Google Meet Versi Gratis Dibatasi 1 Jam

11 Maret 2021 13:43 WIB
comment
3
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Google Meet akan batasi durasi rapat untuk pengguna akun Gmail gratis. Foto: Dok. Google
zoom-in-whitePerbesar
Google Meet akan batasi durasi rapat untuk pengguna akun Gmail gratis. Foto: Dok. Google
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pengguna layanan virtual meeting, Google Meet dengan akun gratis diingat kembali bahwa mereka akan dibatasi waktu pemakaiannya menjadi 1 jam, mulai April 2021. Aplikasi Google Meet menjadi layanan alternatif selain Zoom yang ramah dengan pengguna gratis karena tidak ada batasan pemakaian.
ADVERTISEMENT
Di tengah masa pandemi virus corona ini, aplikasi meeting seperti Google Meet memang sangat membantu. Namun, sayangnya Google Meet sudah tidak bisa diakses bebas secara gratis lagi mulai 1 April 2021 mendatang.
Google pun sejauh ini belum memberikan tanda-tanda untuk melakukan perpanjang kembali hak istimewa untuk pengguna akun Gmail gratis. Sebelumnya, Google telah melakukan perpanjangan pada September tahun lalu hingga batas 31 Maret 2021 mendatang.
"Sebagai tanda komitmen kami, hari ini kami melanjutkan panggilan Meet tak terbatas (hingga 24 jam) dalam versi gratis hingga 31 Maret 2021 untuk akun Gmail," kata Group Product Manager, Google Meet, Samir Pradhan dikutip dari blog resmi Google.
Ilustrasi Google Meet. Foto: Dok. Google
Layanan Google Meet dengan akun gratis, bisa digunakan untuk video conference tanpa ada batasan waktu (24 jam) dengan maksimal jumlah peserta 100 orang. Jika tidak ada perpanjangan, mulai 1 April 2021 pengguna gratis Google Meet akan dikenakan batasan waktu untuk durasi rapat menjadi berdurasi satu jam.
ADVERTISEMENT
Namun, setelah lewati batas tersebut, pengguna bisa memulai rapat lagi dari awal dengan maksimal durasi satu jam kembali. Tidak ada batasan durasi waktu untuk rapat dengan jumlah peserta satu orang (1:1). Selain itu, pengguna gratis masih bebas melakukan rapat tanpa batasan.
Google menyediakan layanan premium untuk Google Meet, jika berlangganan paket Google Workspace Essentials adalah 8 dolar AS atau sekitar Rp 118 ribu per bulan. Paket ini menawarkan durasi rapat bebas atau 24 jam dengan jumlah peserta maksimal 150 orang.
Google Meet akan batasi durasi rapat untuk pengguna akun Gmail gratis. Foto: Google
Google Meet menjadi pilihan alternatif selain Zoom. Google Meet menjadi pilihan karena fiturnya yang sederhana sehingga pengaturannya lebih mudah. Apalagi terintegrasi dengan layanan Gmail membuat pengguna bisa lebih gampang mengakses Google Meet.
ADVERTISEMENT
Layanan gratis tanpa batasan durasi waktu rapat sukses menjaring pengguna baru Google Meet. Hal itu berbeda dengan yang dilakukan Zoom yang membatasi pengguna gratis sejak awal maksimal 40 menit untuk durasi rapat.