Tekno & Sains
·
22 Januari 2021 14:30

Operator Switch Mobile Bubar, Begini Nasib Para Karyawan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Operator Switch Mobile Bubar, Begini Nasib Para Karyawan (9596)
searchPerbesar
Aplikasi Switch Mobile Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Kabar mengejutkan datang dari salah satu operator seluler berbasis digital, Switch Mobile. Layanan Switch Mobile dikabarkan akan dihentikan dalam waktu dekat, dan mengalihkan semua pelanggannya ke Smartfren.
ADVERTISEMENT
Selain nasib pelanggan, karyawan dari Switch Mobile juga dipertanyakan. Dua orang sumber yang dekat dengan masalah ini menginformasikan kepada kumparanTECH, bahwa karyawan Switch Mobile akan digabungkan ke Smartfren sebagai perusahaan induk.
Head of Division Digital Content Marketing Smartfren, Lembu Wiworojati membenarkan bahwa seluruh karyawan Switch Mobile akan bergabung dengan manajemen Smartfren.
"Semuanya bergabung, diletakkan di fungsi yang hampir sama. Hanya saja penamaannya berbeda tergantung organisasinya Smartfren yang sekarang," jelasnya kepada kumparanTECH, hari Jumat (22/1).
Berdasarkan halaman profil situs LinkedIn, sebelumnya Lembu menjabat sebagai Chief Brand Officer Switch Mobile sejak Februari 2020 dan sering tampil sebagai mewakili Switch Mobile di depan media.
Switch Mobile sendiri baru diumumkan pada Maret 2020 lalu, di mana peluncuran resminya berlangsung pada pertengahan tahun yang sama. Switch menyediakan jaringan 4G LTE yang menyediakan layanan panggilan suara, SMS, dan internet dengan memanfaatkan sumber daya frekuensi milik PT Smartfren Telecom (Smartfren).
Operator Switch Mobile Bubar, Begini Nasib Para Karyawan (9597)
searchPerbesar
Logo Smartfren di kantor pusatnya yang ada di Jalan Sabang, Jakarta. Foto: Aditya Panji/kumparan
Dalam layanannya, Switch Mobile masih memberi keterangan 'Powered by Smartfren.' Switch Mobile juga merupakan bagian dari Sinarmas Group. Meski demikian, secara operasional Switch Mobile memiliki tim mandiri yang khusus bekerja untuk brand Switch.
ADVERTISEMENT
Switch Mobile disebut sebagai operator seluler berbasis digital karena semua layanan akses mereka kebanyakan dilakukan secara digital. Sebagai contoh, pemesanan kartu SIM dilakukan melalui aplikasi Switch Mobile yang tersedia di Android dan iOS. Selain itu, pembelian pulsa dan paket internet pun dilakukan langsung melalui aplikasi.
Kini, pelanggan Switch Mobile diminta untuk berhenti pakai aplikasi Switch. Pelanggan diminta mengunduh aplikasi mySF, yang selama ini dipakai para pelanggan Smartfren untuk membeli paket, pulsa, hingga tukar poin. Switch Mobile mengatakan bahwa proses migrasi akan dilakukan pada 27 Januari 2021 pukul 09.00 WIB.