Tekno & Sains
·
15 Oktober 2020 13:06

Oppo Bangun Pabrik Baru di Tangerang: Produksi 1 Juta HP, Serap 8.000 Pekerja

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Oppo Bangun Pabrik Baru di Tangerang: Produksi 1 Juta HP, Serap 8.000 Pekerja (96649)
Logo Oppo di MWC 2019. Foto: Aditya Panji/kumparan
Oppo Indonesia tengah bersiap membangun pabrik smartphone baru di Indonesia. Rencananya, pabrik baru tersebut akan dibangun di daerah Tangerang, Banten.
ADVERTISEMENT
Menurut PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, pembangunan pabrik smartphone baru tersebut masih dalam tahap master plan untuk mencari lokasi yang tepat. Ia mengatakan, pembangunan pabrik baru ini telah direncanakan sejak 2019 lalu.
Meski demikian, Aryo menyebut bahwa pihaknya masih belum menentukan apakah pabrik baru tersebut ditujukan untuk ekspansi atau relokasi pabrik smartphone Oppo yang saat ini berada di wilayah Mauk, Tangerang.
"Masih belum tahu langkahnya, ekspansi dan relokasi atau hanya menambah pabrik baru seperti ekspansi saja," kata Aryo saat dihubungi kumparanTECH, Kamis (15/10).
Aryo menambahkan, Tangerang dipilih sebagai lokasi pembangunan pabrik baru karena Oppo ingin adanya kemudahan akses ke bandara, dalam hal ini adalah Bandara Soekarno-Hatta. Pabrik Oppo saat ini di wilayah Mauk hanya berjarak sekitar satu jam perjalanan dari bandara tersebut. Aryo bilang, Oppo mau mempertahankan aksesibilitas tersebut.
ADVERTISEMENT
Pabrik Oppo di Mauk telah beroperasi sejak 2015 lalu. Pabrik yang memiliki luas 2,7 hektar tersebut bisa memproduksi 1 juta unit handphone per bulan, kata Aryo, dengan jumlah pekerja hingga 2.000 orang.
Oppo Bangun Pabrik Baru di Tangerang: Produksi 1 Juta HP, Serap 8.000 Pekerja (96650)
Aryo Meidianto, PR Manager Oppo Indonesia Foto: Oppo
Adapun pabrik baru nantinya bakal menyerap lebih banyak pekerja. Sebelumnya, pada Selasa (14/10) Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah menyebut bahwa pabrik baru Oppo akan menghasilkan 8.000 pekerjaan baru. "Ya, itu kan yang bilang Pak Wali, ya sudah benar," kata Aryo.
Aryo menambahkan, pabrik smartphone baru Oppo nantinya bisa memproduksi lebih dari 1 juta unit smartphone per bulan. Dia memastikan bahwa kapasitas produksi pabrik itu akan lebih besar ketimbang yang dihasilkan pabrik Mauk, meski dia belum bisa memastikan angka pastinya.
ADVERTISEMENT
Langkah Oppo membangun pabrik baru di Indonesia merupakan bentuk keseriusan perusahaan untuk berbisnis di Indonesia, kata Aryo. "Kita enggak mau hanya jualan. Enggak hanya terus-terus menjual produk, tapi kita juga berkewajiban untuk mengembangkan industri, menjaring talenta-talenta lokal," pungkasnya.