Tekno & Sains
·
6 Maret 2021 18:06

Oppo Jadi Brand HP Nomor 1 di China Berkat Seri A dan Reno 5G

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Oppo Jadi Brand HP Nomor 1 di China Berkat Seri A dan Reno 5G (102389)
Logo Oppo di smartphone Reno 5 Marvel Avengers Edition. Foto: Oppo
Oppo untuk pertama kalinya naik peringkat menjadi vendor smartphone nomor wahid di China pada Januari 2021, menurut riset Market Pulse Service Counterpoint Research. Pangsa pasar Oppo menembus 21 persen atau tumbuh 33 persen dari bulan ke bulan (MoM) dan 26 persen dari tahun ke tahun (YoY).
ADVERTISEMENT
Pada peringkat kedua dan seterusnya pangsa pasar smartphone di China, ditempati oleh Vivo sebesar 20 persen, kemudian Apple dan Xiaomi masing-masing 16 persen.
Varun Mishra, Analis Senior di Counterpoint Research, mencatat bahwa Oppo berhasil mengubah posisi lini produknya pada tahun 2020 lewat Reno Series dan A Series, sehingga kedua seri tersebut memberi dampak baik pada perusahaan.
"Perubahan merek Reno Series dengan meluncurkan perangkat lebih mumpuni dengan harga lebih rendah dari pendahulunya, membantu Oppo menggaet segmen premium yang terjangkau. Momentum yang kuat dari A Series di segmen menengah memperkuat portofolio produk dan mampu memenuhi permintaan 5G di China dengan rentang harga yang lebar. Ini semakin terbantu oleh penurunan performa Huawei," kata Varun, dalam siaran pers Counterpoint.
ADVERTISEMENT
Di China, perangkat 5G telah menemukan jalan mereka di pasar dengan harga di bawah 300 dolar AS. Oppo memenuhi permintaan itu dengan banyak produk A Series, seperti A72 5G yang laris sejak November 2020 di China.
Reno Series juga mendorong Oppo hadir sebagai mereka smartphone 5G terbesar di China pada rentang harga di bawah 600 dolar AS.
Oppo Jadi Brand HP Nomor 1 di China Berkat Seri A dan Reno 5G (102390)
Oppo Reno 5 5G Foto: Kevin S. Kurnianto/kumparan
Counterpoint mencatat langkah branding seri Reno telah dilakukan dengan baik. Reno didorong oleh inovasi terdepan pada kamera, layar, chip, dan pengisian daya cepat. Teknologi ini dikembangkan dengan kemajuan signifikan. Seri Oppo Reno 5 di tahun ini menjadi seri Reno dengan performa terbaik sejak seri Reno itu ada.
Penurunan harga jual smartphone Oppo, juga bekal spesifikasi tinggi yang dibawa, telah membantu merek tersebut untuk mendapatkan perhatian publik China. Menurut Counterpoint, langkah ini mempertegas komitmen Oppo untuk bermain di segmen "premium harga terjangkau" China melalui portofolio 5G.
ADVERTISEMENT
Prestasi baik di China mungkin akan diperluas Oppo untuk berjuang di pasar Asia Pasifik, termasuk Indonesia, yang fokus untuk produk kelas bawah dan menengah.
Oppo juga menunjukkan inovasinya sebagai perusahaan teknologi terdepan dengan pamer smartphone dengan layar yang dapat melar. Teknologi ini akan diadopsi pada smartphone masa depan.