Pelanggan Telkomsel Sering Buka WhatsApp dan IG saat Natal dan Tahun Baru 2023

4 Januari 2023 11:33
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi buka aplikasi WhatsApp. Foto: Safwan Abd Rahman/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi buka aplikasi WhatsApp. Foto: Safwan Abd Rahman/Shutterstock
Telkomsel mencatat kenaikan trafik data selama Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. WhatsApp dan Instagram menjadi aplikasi yang sering dibuka pelanggan Telkomsel di momen tersebut.
Trafik layanan data (payload) Telkomsel selama perayaan Nataru 2022/2023 mengalami kenaikan sebesar 11,6 persen dibandingkan dengan rerata hari biasa di 2022, atau 13 persen lebih tinggi daripada periode yang sama tahun lalu. Total payload-nya sendiri mencapai 49,8 petabyte.
Akses browsing yang tumbuh 79,8 persen menjadi salah satu penyumbang lonjakan trafik komunikasi dan layanan digital Telkomsel selama libur Nataru. Lonjakan trafik juga disumbang dengan layanan komunikasi macam kirim pesan instan dan video call (naik 35,7 persen), mobile gaming (naik 23,9 persen), akses media sosial (naik 11,9 persen), dan layanan e-commerce (turun 0,9 persen).
Telkomsel juga mencatat peningkatan aktivitas akses pada sejumlah aplikasi atau platform digital. WhatsApp dan Instagram menjadi aplikasi yang sering dibuka pelanggan Telkomsel selama Nataru, dengan masing-masing mengalami kenaikan 32,9 persen dan 24,6 persen.
Aplikasi TikTok dan Facebook juga mengalami pertumbuhan trafik hingga 11,3 persen dan 6,5 persen. Sementara itu, akses ke YouTube malah turun 0,9 persen.
Ilustrasi trafik layanan broadband Telkomsel. Foto: Telkomsel
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi trafik layanan broadband Telkomsel. Foto: Telkomsel

"Semoga kontribusi Telkomsel dalam menghadirkan konektivitas yang stabil, andal, merata, dan setara di sepanjang momen Hari Raya Natal 2022 dan pergantian tahun 2023 dapat mendampingi masyarakat untuk membangun optimisme dalam membuka lembaran baru."

- Saki Hamsat Bramono, Vice President Corporate Communications Telkomsel

Saki menambahkan, aktivitas digital pelanggan tersebut turut berkontribusi dalam pertumbuhan trafik data selama Nataru di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa. Misalnya, Kabupaten Bogor (Provinsi Jawa Barat) tumbuh sekitar 15,7 persen, Kabupaten Simalungun (Provinsi Sumatra Utara) tumbuh 41,7 persen, Kabupaten Bandung (Provinsi Jawa Barat) naik sebesar 15,3 persen, Kabupaten Deli Serdang (Provinsi Sumatra Utara) naik sekitar 15,22 persen, dan Kota Bekasi (Provinsi Jawa Barat) tumbuh 11,06 persen.
Telkomsel juga menemukan adanya pergerakan pelanggan yang cukup signifikan dari Jabodetabek ke sejumlah wilayah yang menjadi tujuan mudik. Ini menyebabkan trafik data di Jawa Tengah dan D.I. Yogyakarta tumbuh 2,9 persen, Jawa Barat naik 2 persen, serta Sumatra Utara dan Aceh meningkat hingga 1,5 persen.
Sebelumnya, perusahaan sudah mengantisipasi lonjakan trafik data ini dengan melakukan optimalisasi jaringan di 493 Point of Interest (POI) seluruh Indonesia, terdiri dari alun-alun, pusat perbelanjaan, jalur mudik, hingga area residensial. Mereka juga mengintegrasikan 25.000 BTS 4G LTE baru, menyiagakan 61 Compact Mobile BTS (COMBAT), menambah kapasitas internet gateway hingga 9.212 Gbps, melakukan optimalisasi network coverage pada lebih dari 196.000 BTS 4G LTE se-Indonesia, serta melaksanakan pemantauan 24 jam secara remote atau virtual.
"Ke depannya, Telkomsel akan terus mendampingi masyarakat di setiap fase kehidupan agar kita semua dapat terus bergerak maju dengan ragam produk dan layanan yang customer centric dengan dukungan konektivitas digital berteknologi terdepan," kata Vice President Corporate Communications Telkomsel, Saki Hamsat Bramono, dalam pernyataan resmi, Rabu (4/1).