Tekno & Sains30 November 2019 10:15

Penjelasan Tokopedia soal #UninstallTokopedia dan Acara Ria Miranda

Konten Redaksi kumparan
Penjelasan Tokopedia soal #UninstallTokopedia dan Acara Ria Miranda (21874)
Tokopedia Foto: Tokopedia
Tagar #UninstallTokopedia menggema di Twitter hari ini hingga menjadi trending topic paling dibicarakan di kawasan Indonesia. Ada lebih dari 6.000 kicauan soal #UninstallTokopedia hingga pukul 9 pagi pada Sabtu (30/11).
ADVERTISEMENT
Keramaian ini berasal dari unggahan akun Twitter @TolakBigotRI yang menampilkan Ustaz Haikal Hassan sedang berbicara di panggung dengan latar belakang Tokopedia presents Ria Miranda The Seventh Annual Show.
Ria Miranda sendiri adalah merek busana Muslim yang dikembangkan oleh desainer Indria Miranda, atau populer dengan nama Ria Miranda. Brand ini juga memiliki akun Official Store di Tokopedia dengan follower mencapai hampir 11 ribu.
Pada 28 dan 29 November lalu di The Hall Senayan City, Ria Miranda menyelenggarakan fashion show tahunannya yang ketujuh bertajuk Ria Miranda The Seventh 2020. Promosi program ini di Instagram dan Twitter mengusung tagar #RMTS2020. Tokopedia berperan sebagai sponsor untuk peragaan busana, bersama merek pendukung lain seperti Wardah, CIMB Niaga Syariah, Telkomsel, dan Epson.
ADVERTISEMENT
Dalam acara ini, hadir pula Ustaz Haikal Hassan yang menjadi salah satu pembicara. Kehadiran Haikal Hassan ini kemudian yang menjadi pembicaraan oleh netizen Twitter sehingga memunculkan tagar #UnsinstallTokopedia.
Manajemen Tokopedia kemudian memberikan klarifikasi terkait hubungannya dengan acara fashion show Ria Miranda yang turut menghadirkan Haikal Hassan. Melalui VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, manajemen menyatakan bahwa konsep beserta pengisi acara RMTS2020 sepenuhnya adalah inisiasi dari tim Ria Miranda.
Tokopedia juga menyatakan mereka selalu menghargai pandangan setiap masyarakat Indonesia.
Berikut ini adalah pernyataan lengkap Tokopedia terkait acara Ria Miranda #RMTS2020:
Seluruh konten, konsep dan pengisi acara RMTS2020 merupakan sepenuhnya inisiasi dari RiaMiranda, dan kerja sama antara Tokopedia dengan RiaMiranda kali ini adalah untuk menghadirkan koleksi terbaru ‘Serunai' yang bisa didapatkan masyarakat secara eksklusif baik di Official Store maupun Tokopedia Salam.
ADVERTISEMENT
Tokopedia, sebagai perusahaan teknologi Indonesia yang terus bertransformasi menjadi Super Ecosystem, selalu mendukung kreator lokal untuk mendapatkan akses lebih luas lewat pemanfaatan teknologi.
Kami ingin menegaskan bahwa Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia yang menghargai pandangan setiap masyarakat Indonesia. Sebagai institusi, Tokopedia menentang keras adanya diskriminasi SARA, radikalisme, serta pihak-pihak atau aktifitas apa pun yang merusak persatuan bangsa.
Penjelasan Tokopedia soal #UninstallTokopedia dan Acara Ria Miranda (21875)
Logo Tokopedia di Tokopedia Care cabang Puri Kembangan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Foto: Astrid Rahadiani Putri/kumparan
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white