kumparan
5 Sep 2019 8:27 WIB

Prediksi Jadwal Update OS Android 10 di Smartphone Samsung, Asus, dkk

Sistem operasi Android 10. Foto: Jofie Yordan/kumparan
Android 10, sistem operasi generasi terbaru untuk smartphone kini sudah resmi dirilis. Setelah beberapa bulan meluncur dalam versi beta, Google mulai membagikan Android 10 ke sejumlah perangkat mulai Rabu (4/9).
ADVERTISEMENT
Belum semua smartphone menerima update Android 10. Perangkat pertama yang bisa merasakan OS baru ini adalah Google Pixel.
Berikut adalah seri Google Pixel yang mendapatkan update Android 10:
Pixel 3a/Pixel 3a XL
Pixel 3/Pixel 3 XL
Pixel 2/Pixel 2 XL
Pixel/Pixel XL
Bagi pengguna Google Pixel yang ingin menikmati pembaruan ini, kalian dapat melakukan update secara over-the-air (OTA). Caranya mudah, pengguna hanya perlu masuk ke Settings -> System -> Advanced -> System Update.
Sistem operasi Android 10. Foto: Android
Beberapa pengguna smartphone lain harus bersabar menunggu untuk mendapat giliran merasakan Android 10 di perangkatnya. Google sendiri telah berjanji bahwa mereka sedang bekerja sama dengan sejumlah produsen untuk merilis Android 10 ke beberapa tipe smartphone pada tahun ini.
ADVERTISEMENT
Lalu, kapan smartphone merek lain menerima pembaruan Android 10? Berikut jadwal update Android 10 di smartphone Samsung, Xiaomi, Oppo, hingga Asus berdasarkan bocoran informasi yang beredar di dunia maya.
1. Samsung
Samsung Galaxy Note 10. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Sebagai salah satu produsen smartphone terbesar di dunia, mereka belum merilis skema untuk update Android 10 untuk lini produknya. Namun, perusahaan diperkirakan akan memberi update mulai dari smartphone flagship-nya pada Januari 2020 mendatang. Berikut ponsel premium Samsung yang mungkin kebagian Android 10:
- Samsung Galaxy S10, S10 Plus, dan S10e
- Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus
- Samsung Galaxy Note 10
- Samsung Galaxy Note 9
Tidak menutup kemungkinan smartphone lama, seperti Galaxy S8, S8 Plus, dan ote 8 juga akan menerima Android 10.
ADVERTISEMENT
2. Nokia
Smartphone Nokia 6.1 Plus. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
HMD Global sudah memberikan skema update Android untuk lini smartphone Nokia. Perusahaan memang sudah berjanji akan memberikan update OS Android dua tahun dan tiga tahun untuk update sistem keamanan produknya. Berikut jadwal update Android 10 untuk Nokia:
Bicara soal update Android, smartphone Nokia terbilang cepat menerima pembaruannya. HMD Global, selaku pemilik lisensi smartphone merek Nokia, memang telah berkomitmen untuk menyediakan update OS dan sistem keamanan produknya tepat waktu dan konsisten.
Bahkan, HMD Global sudah membagi rencana pembaruan Android 10 untuk ponsel Nokia, dengan rincian resmi sebagai berikut:
Kuartal IV 2019
- Nokia 7.1
- Nokia 8.1
- Nokia 9 Pureview
Kuartal I 2020
- Nokia 6.1
- Nokia 6.1 Plus
ADVERTISEMENT
- Nokia 7 Plus
- Nokia 2.2
- Nokia 3.1 Plus
- Nokia 3.2
- Nokia 4.2
- Nokia 1 Plus
- Nokia 5.1 Plus
- Nokia 8 Sirocco
Kuartal II 2020
- Nokia 2.1
- Nokia 3.1
- Nokia 5.1
- Nokia 1
3. Huawei/Honor
Peluncuran smartphone Huawei P30 Pro dan P30. Foto: Charles Platiau/Reuters
Huawei menjanjikan jajaran smartphone flagship dan beberapa perangkat Honor akan mendapatkan Android 10. Tapi, janji itu diberikan sebelum mereka masuk dalam daftar hitam perdagangan AS. Kini, nasib Huawei dan Honor masih menjadi misteri, apakah smartphone mereka akan mendapatkan update Android 10 atau tidak.
Namun, jika mengacu pada jadwal yang sudah ditentukan oleh Huawei. Mereka akan mulai membagikan update Android 10 ke smartphone flagship-nya seperti seri P dan P Pro, serta Mate pada November 2019.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, Huawei secara mengejutkan memberikan update Android Pie ke berbagai flagship pada akhir 2018. Bahkan, segelintir flagship Honor juga menerima Android Pie, meski pembaruan melambat secara signifikan pada 2019.
4. Xiaomi
Xiaomi Redmi K20 Pro. Foto: Xiaomi
Xiaomi secara mengejutkan disebut sudah meluncurkan Android 10 untuk smartphone Redmi K20 Pro. Menurut laporan XDA-Developers pembaruan hanya tersedia untuk Xiaomi Redmi K20 Pro di China. Perusahaan belum memberikan keterangan resmi apakah pemilik K20 Pro di seluruh dunia akan mendapatkan atau tidak Android 10.
5. Asus
Asus ROG Phone II. Foto: Asus
Dalam rekam jejaknya, Asus butuh sedikit waktu untuk meluncurkan update Android 10 untuk perangkat-perangkatnya. Contoh kasus, update Android Pie baru Asus berikan mulai Desember 2018, atau tiga bulan sejak dirilis.
Dengan Android 10, Asus mungkin akan melakukan hal serupa yang artinya update akan hadir mulai Desember 2019. Pembaruan diperkirakan tiba di smartphone Asus Asus Zenfone 5z, Asus Zenfone 6, ROG Phone, dan ROG Phone 2.
ADVERTISEMENT
6. Oppo
Oppo Reno 2. Foto: Oppo
Oppo kemungkinan akan terlambat dalam memberikan update Android 10 ke smartphone keluarannya. Android diperkirakan bakal hadir mulai April 2020.
Sebelumnya, Oppo Reno telah berpartisipasi dalam program uji coba Android Q, nama sebelum Android 10. Jadi, ada kemungkinan Oppo Reno series akan mendapatkan Android 10 pertama kali.
7. Vivo
Smartphone Vivo Z1 Pro. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Sebelumnya, Vivo secara teknis memenuhi janjinya untuk memperbarui perangkat smartphone-nya dengan Android Pie pada akhir 2018. Namun, peluncuran ini tidak stabil hingga Maret 2019. Lebih aneh lagi, Android Pie hanya diluncurkan ke segelintir smartphone Vivo.
Dengan jadwal pembaruan yang aneh, Vivo mungkin akan merilis versi stabil Android 10 mulai tahun depan, setidaknya Maret 2020. Terlebih, Vivo X27 adalah bagian dari program Android 10 beta, jadi kita bisa melihatnya sedikit lebih cepat.
ADVERTISEMENT
8. Realme
Smartphone Realme 3 Pro. Foto: Aria Saputro/kumparan
Realme muncul di 2018 dengan banyak smartphone, tetapi perusahaan berjuang untuk memberikan pembaruan OS tepat waktu. Realme belum memberikan Android Pie versi stabil ke smartphone Realme hingga Mei 2019.
Ada harapan pengguna Realme mungkin tidak akan menunggu lama kehadiran Android 10, paling cepat Mei 2020. Realme 3 Pro kebetulan bagian dari program Android 10 beta. Realme, sebagai merek yang relatif baru, diharapkan kecepatan pembaruannya meningkat.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan