Tekno & Sains20 Maret 2019 11:01

Qlue dan Kominfo Gelar Smart Citizen Day untuk Dorong Indonesia Pintar

Konten Redaksi kumparan
Qlue dan Kominfo Gelar Smart Citizen Day untuk Dorong Indonesia Pintar (737091)
Ilustrasi Qlue Foto: Bagus Permadi/kumparan
Qlue dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bakal menggelar acara bertajuk Smart Citizen Day pada 28 Maret mendatang sebagai perayaan deklarasi untuk mendukung gerakan smart citizen di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Acara ini juga digelar sebagai komitmen Qlue dan Kominfo untuk menciptakan smart city demi mempercepat perubahan positif mewujudkan Indonesia smart nation. Qlue telah bersinergi dengan Kominfo dalam layanannya melalui inovasi teknologi untuk memberikan dampak sosial di masyarakat.
Lewat kerja sama dengan Kominfo, solusi teknologi Qlue diklaim telah siap mendukung program 100 smart city Indonesia dan telah diaplikasikan di berbagai kota, institusi, dan perusahaan untuk penerapan konsep smart city.
"Qlue menyediakan platform berbasis Artificial Intelligence, Internet of Things (IoT) serta integrasi data yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja dan efisiensi dalam menangani permasalahan kota," jelas Co-Founder dan CTO Qlue, Andre Hutagalung.
"Selain dengan pemerintah daerah, solusi teknologi Qlue juga dapat diterapkan di berbagai instansi dan perusahaan multi industri untuk mendapatkan berbagai informasi akurat yang berguna untuk proses pengambilan keputusan. Smart Citizen Day akan memperkenalkan berbagai solusi Qlue kepada publik," lanjut Andre.
Qlue dan Kominfo Gelar Smart Citizen Day untuk Dorong Indonesia Pintar (737092)
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Foto: Jofie Yordan/kumparan
ADVERTISEMENT
Smart Citizen Day diklaim sebagai gerakan smart citizen pertama di Indonesia dan dunia. Bakal ada eksibisi solusi teknologi Qlue dan partner bisnis yang dapat meningkatkan produktivitas dan efektivitas organisasi atau perusahaan. Solusi teknologi Qlue ini didukung platform Amazon Web Services.
Ada 19 pembicara yang akan memberikan pemaparan dalam acara Smart Citizen Day pada 28 Maret nanti, di antaranya Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Founder dan CEO Qlue Rama Raditya, Chairman dan BoD Endeavor Indonesia Harun Hajadi, CEO INALUM Budi Gunadi Sadikin, Co-Founder Tokopedia Leontinus Alpha Edison, CEO kumparan Hugo Diba, Head of Country Industry Twitter Dwi Adriansah, CEO DailySocial Rama Mamuaya, Co-Founder CRP Group Stefanie Kurniadi, Director & Country Head Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N. Makki, serta musisi Rara Sekar.
ADVERTISEMENT
Acara ini akan digelar di The Tribrata, Jl. Darmawangsa Raya, Jakarta, pada 28 Maret 2019 dan akan dihadiri 34 perwakilan individu/organisasi/key opinion leader dari setiap provinsi di Indonesia untuk mendeklarasikan gerakan Smart Citizen.
"Kominfo mendukung sepenuhnya Smart Citizen Day yang diinisasi Qlue, di mana acara ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital masyarakat Indonesia. Besarnya arus informasi di era digital ini membuat masyarakat harus smart untuk menyaring informasi sebelum membagikan informasi ke orang lain," ujar Dirjen Aptika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
Tim Editor
drop-down
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white