Tekno & Sains
·
11 September 2019 20:09

Rudiantara: Pembangunan Palapa Ring Sudah Selesai, Tinggal Peresmian

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Rudiantara: Pembangunan Palapa Ring Sudah Selesai, Tinggal Peresmian (144509)
Menkominfo Rudiantara bersama PT Palapa Ring Barat. Foto: Kominfo
Salah satu permintaan sejumlah tokoh Papua kepada Presiden Joko Widodo adalah menyelesaikan pembangunan Palapa Ring Timur. Dengan adanya Palapa Ring Timur, akses komunikasi terutama internet di sana diyakini akan menjadi mudah dan cepat.
ADVERTISEMENT
Menanggapi permintaan tersebut, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menegaskan bahwa pembangunan Palapa Ring sebenarnya sudah diselesaikan. Hanya saja, untuk saat ini tinggal menunggu diresmikan.
"Sudah, sudah, kemarin sudah bicara sama Pak Jokowi. Jadi Palapa Ring konstruksinya sudah selesai, tinggal diresmikan," kata Rudiantara, saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (11/9).
Dia lantas menyebut bahwa Palapa Ring sudah mulai diuji di sejumlah daerah. Misalnya video conference yang dilakukan di Nunukan, Kalimantan Utara, beberapa waktu lalu.
Rudiantara: Pembangunan Palapa Ring Sudah Selesai, Tinggal Peresmian (144510)
Menkominfo Rudiantara dan Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
"Waktu tanggal 31 Agustus kemarin kan dipakai video conference, kami dari Nunukan, terus sama Gubernur Kalimantan Utara bersama Bupati Nunukan sama Bupati Asmat. Itu sudah pakai Palapa Ring. Jadi konstruksinya sudah selesai, hanya tinggal pengen acara peresmian-lah," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Lantas, kapan peresmian Palapa Ring akan dilakukan agar bisa dioperasikan secara maksimal? Rudiantara mengatakan saat ini tinggal menunggu momen yang tepat saja.
"Kalau menurut saya sih, saya minta ke teman-teman (operator), itu bisa dioperasikan. Udah itu saja. Kalau peresmian tunggu momentum," imbuhnya.
Rudiantara: Pembangunan Palapa Ring Sudah Selesai, Tinggal Peresmian (144511)
Peta proyek Palapa Ring. Foto: Kominfo
Sebelumnya, Ketua DPRD Abisai Rollo yang menjadi salah satu tokoh Papua mengungkapkan permintaan tersebut di hadapan Presiden Jokowi ketika bertemu di Istana Negara, Selasa (10/9).
Jokowi kemudian menegaskan bahwa penyelesaian pembangunan Palapa Ring akan diselesaikan pada akhir tahun ini.
Saat ini, Kominfo mengatakan pembangunan infrastruktur jaringan Palapa Ring telah rampung, mulai dari Barat, Tengah, hingga Timur. Dengan dioperasikannya Palapa Ring secara penuh, maka akses internet di Indonesia akan semakin luas, termasuk ke wilayah-wilayah terpencil.
ADVERTISEMENT