kumparan
Tekno & Sains21 Januari 2020 15:55

Samsung Galaxy S20 dan Galaxy Z Lulus TKDN, Siap Dijual di Indonesia

Konten Redaksi kumparan
Samsung Galaxy S11
Bocoran Samsung Galaxy S11 dari OnLeaks di 91Mobiles. Foto: OnLeaks/91Mobiles
Samsung tengah bersiap meluncurkan jajaran smartphone premium barunya pada awal 2020 ini. Tercatat pada tanggal 11 Februari nanti, Samsung akan menggelar acara peluncuran bertajuk Galaxy Unpacked di San Francisco, Amerika Serikat.
ADVERTISEMENT
Menurut rumor yang beredar, Samsung bakal meluncurkan tiga model smartphone Galaxy S20. Ketiganya adalah Galaxy S20 standar, S20 Plus, dan S20 Ultra. Seri baru ini bakal menjadi penerus Galaxy S10 yang meluncur pada tahun lalu.
Tidak hanya itu, Samsung juga kabarnya akan merilis smartphone layar lipat generasi kedua, Galaxy Flip Z, dalam acara tersebut.
Video
Seperti tahun-tahun sebelumnya, Indonesia tampaknya akan menjadi salah satu negara pertama yang menjual smartphone Galaxy S terbaru. Hal ini didasarkan dengan sertifikat TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) dari Kementerian Perindustrian yang telah diperoleh kedua smartphone tersebut.
Ada tiga perangkat yang lolos TKDN, pertama dengan tipe SAMSUNG SM-F700F yang sudah mengantongi sertifikat sejak 15 Januari 2020 dengan nomor 35/SJ-IND.8/TKDN/1/2020 dan memiliki nilai TKDN 46,18 persen.
TKDN Samsung Galaxy Flip Z
TKDN diduga Samsung Galaxy Flip Z. Foto: Kemenperin
Menurut situs Sammobile, tipe SM-F700F merujuk pada model smartphone layar lipat terbaru dari Samsung, yang dirumorkan bakal bernama Galaxy Flip Z. Smartphone ini akan menyaingi Motorola Razr yang juga memiliki konsep layar lipat.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya dua ponsel lain yang telah meraih sertifikat TKDN adalah SM–G980F dan SM–G985F. Keduanya lolos TKDN pada 21 Januari 2020 dengan nomor 64/SJ-IND.8/TKDN/1/2020. Masing-masing perangkat memiliki nilai TKDN 36,90 persen. Kedua tipe ini diyakini sebagai seri smartphone Galaxy S20.
Sejauh ini, belum diketahui kapan tiga perangkat ini akan mulai resmi dijual di Indonesia. Yang pasti, Samsung tampaknya sudah bersiap diri untuk memasarkan ketiga smartphone barunya tersebut di sini. Tanggal peluncuran pun kemungkinan tidak akan jauh dari hari peluncurannya secara global di AS.
TKDN Samsung Galaxy S20
TKDN diduga Samsung Galaxy S20. Foto: Kemenperin
Sebelumnya, beredar kabar bahwa tiga varian Galaxy S20 yang akan diluncurkan kali ini semuanya telah mendukung jaringan 5G.
Sementara itu, ketiganya akan mengusung layar berukuran dari 6,2 inci hingga 6,9 inci dan telah dibekali chipset Exynos terbaru serta Snapdragon 865, tergantung wilayah peluncuran. Smartphone baru ini juga digadang-gadang memiliki kamera dengan resolusi 108 MP sebagai kamera utamanya.
ADVERTISEMENT
Menarik untuk melihat perkembangan dari lahirnya smartphone terbaru dari Samsung ini. Mari nantikan peluncurannya pada 11 Februari mendatang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan