kumparan
25 April 2019 12:19

Smartfren Siap Uji Jaringan 5G di Indonesia pada Juni

Smartfren
Smartfren Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Saat ini, operator telekomunikasi di Indonesia tengah berlomba-lomba untuk menyiapkan teknologi jaringan 5G. Smartfren, menjadi salah satu operator yang mulai mengembangkan teknologi jaringan generasi selanjutnya tersebut.
ADVERTISEMENT
Meski sebelumnya sempat mengutarakan masih akan berfokus pada jaringan 4G miliknya, Smartfren juga tak mau ketinggalan untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan 5G. Rencananya, Smartfren akan melakukan uji coba jaringan 5G pada Juni mendatang.
“Kita akan melaksanakan trial 5G, suatu generasi terbaru dari radio mobile technology yang ada di dunia. Smartfren akan uji coba di bulan Juni. Mudah-mudahan kalau tidak ada halangan,” ujar Munir Syahda Prabowo, VP Technology Relations and Special Project Smartfren, di Skylight Resort Bandung, Rabu (24/4).
Menurut Munir, untuk mewujudkan jaringan 5G dibutuhkan beberapa teknologi yang dapat menjadi dasar bagi 5G, seperti teknologi milimeter wave, device centric architectures, small cell, MIMO (Multiple-input multiple-output), QAM (Modulasi amplitudo kuadratur), beamforming, dan full-duplex.
Smartfren
Logo Smartfren. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
ADVERTISEMENT
Smartfren dikatakan sudah menerapkan teknologi-teknologi tersebut ke dalam jaringannya, kecuali milimeter wave yang masih disiapkan oleh pemerintah.
"Semuanya sudah kita inject, kecuali satu, yaitu milimeter wave. Itu gelombang milimeter yang saat ini masih menunggu untuk ketetapan maupun dialokasikan oleh Kominfo. Jadi kita belum menggunakan milimeter wave-nya,” ujar Munir.
Nantinya, jaringan 5G yang akan diluncurkan Smartfren akan memiliki kecepatan berkisar 8 hingga 10 GB per detik. Itu menandakan penggunaan internet akan memiliki akses dengan kecepatan tinggi. Seperti contohnya dalam mengunduh video berkualitas HD hanya memerlukan waktu beberapa detik saja menggunakan jaringan 5G.
Jaringan 5G
Jaringan 5G Foto: Reuters
Hal ini akan mendukung kegiatan penggunanya yang kini semakin banyak melakukan streaming, baik video maupun audio. Namun, Smartfren belum bisa memastikan di kota apa pengujian jaringan 5G itu nantinya akan dilakukan.
ADVERTISEMENT
“Sekarang Smartfren masih menuju trial, dan belum memutuskan di kota mana saja yang akan di-deployed (uji 5G-nya),” imbuhnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan