kumparan
4 Desember 2019 13:02

Taman Nasional Lorentz Papua Hiasi Google Doodle Hari Ini

Google Doodle Taman Nasional Lorentz
Google Doodle Taman Nasional Lorentz di Papua, Indonesia. Foto: Google
Tampilan halaman muka mesin pencari Google terlihat berbeda pada Rabu (4/12). Google Doodle pada hari ini tampak menampilkan gambar bernuasa alam, lengkap dengan pegunungan, dan burung.
ADVERTISEMENT
Rupanya, Google sedang merayakan hari jadi Taman Nasional Lorentz yang terletak di Papua, Indonesia. Oleh karena itu, desain Google Doodle pada situs pencarian Google terlihat bertema alam yang menggambarkan Taman Nasional terbesar di Asia Tenggara itu.
Dalam situs resminya, Google menjelaskan tentang Taman Nasional Lorentz. Menurut sejarah, pemberian nama taman nasional itu adalah berdasarkan seorang penjelajah Belanda bernama Hendrikus Albertus Lorentz yang mengunjungi daerah tersebut pada 1909.
Kemudian, oleh pemerintah Indonesia, daerah itu dijadikan Taman Nasional Lorentz pada tahun 1997. Kawasan tersebut dilindungi dengan ketat oleh World Wildlife Federation (WWF) dan UNESCO, yang telah menetapkannya sebagai Situs Warisan Dunia. Sebagai bentuk perlindungan dari penebangan, perburuan, dan polusi.
Taman Nasional Lorentz
Pemandangan danau Hebema di Taman Nasional Lorentz, Timika, Papua Foto: Shutter Stock
Taman Nasional Lorentz membentang sekitar 24.864 kilometer persegi dan berada tepat di persimpangan dua lempeng benua yang bertabrakan. Ada banyak ekosistem alam berada di sana, termasuk padang rumput, rawa-rawa, pantai lautan, hutan hujan, dan pegunungan alpine yang diatapi oleh gletser tropis yang langka.
ADVERTISEMENT
Taman ini juga rumah bagi banyak hewan, termasuk kanguru pohon, harimau, trenggiling, banyak spesies burung langka seperti burung beo Pesquet yang terlihat dalam gambar Google Doodle hari ini. Tidak hanya itu, Taman Nasional Lorentz juga rumah bagi setidaknya tujuh kelompok etnis manusia asli, semuanya hidup sesuai tradisi sejak ribuan tahun yang lalu.
Melalui doodle tersebut, Google berharap para pengguna bisa lebih memberi perhatian dan peduli terhadap Taman Nasional Lorentz. Dalam situsnya, Google memang menjelaskan proses pemilihan doodle bertujuan untuk merayakan acara dan peringatan menarik yang mencerminkan kepribadian Google dan kecintaan terhadap inovasi. Hingga kini, sudah ada lebih 4.000 doodle yang dibuat Google di seluruh dunia.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan