Tekno & Sains
·
22 Januari 2021 7:34

Viral di WA soal Aplikasi Chat BiP Akan Diblokir di Indonesia, Ini Faktanya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Viral di WA soal Aplikasi Chat BiP Akan Diblokir di Indonesia, Ini Faktanya (129971)
Aplikasi pesan BiP pesaing WhatsApp. Foto: Bianda Ludwianto/kumparan
Sebuah pesan berantai WhatsApp soal pemblokiran aplikasi chat BiP sedang menjadi perhatian masyarakat. Pesan itu menyebutkan aplikasi BiP akan diblokir di Indonesia karena belum mendapat izin dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).
ADVERTISEMENT
"Nasib Aplikasi BiP akan menjadi aplikasi terlarang seperti aplikasi-aplikasi yang pernah di blokir dan yang masih diblokir di Indonesia (Imgur, Giphy, Vimeo, Reddit, dan lainnya) Alasannya cukup beragam, selain berbahaya, aplikasi yang diblokir juga banyak disalahgunakan untuk kegiatan yang melanggar hukum sehingga penggunaannya dihentikan agar dampak buruknya tidak makin parah," tulis pesan tersebut yang sudah dilabeli 'forwarded many times' oleh WhatsApp.
Kabar itu pun langsung dibantah oleh Menteri Kominfo, Johnny G Plate. Ia menegaskan sejauh ini tidak ada pemblokiran terhadap aplikasi chat BiP yang kini menjadi pesaing WhatsApp.
"Hingga sekarang tidak ada pemblokiran akses atas BiP dan masih dapat menyediakan layanan kepada para penggunanya," katanya kepada kumparan, hari Kamis (21/1).
Viral di WA soal Aplikasi Chat BiP Akan Diblokir di Indonesia, Ini Faktanya (129972)
Menkominfo Johnny G. Plate dalam diskusi semipanel Spotlight On Indonesia Unicorns and Digital Economy Advancement: The Big Picture di Davos, Swiss. Foto: Dok. Kominfo
Johnny mengingatkan semua penyelenggara Sistem Elektronik baik yang berasal dari dalam maupun luar negeri, termasuk BiP harus tetap patuh pada ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia, sehingga kegiatan penyediaan layanan dapat tetap berlangsung normal.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut Johnny mengatakan pemblokiran terhadap suatu Sistem Elektronik baik berupa situs, aplikasi, atau bentuk platform internet lainnya dilakukan untuk mencegah penyebaran muatan internet yang melanggar ketentuan peraturan perundang-undangan, sebagaimana diamanatkan oleh UU ITE dan peraturan turunan terkait.
Aplikasi chat BiP memang sedang menjadi perhatian di Indonesia, semenjak kontroversi kebijakan privasi baru WhatsApp. Akibat hal itu pengguna aplikasi BiP tiba-tiba melejit tinggi. Dilaporkan setiap hari ada sekitar 2 juta pengguna baru telah bergabung menggunakan aplikasi BiP.
BiP ini dikembangkan oleh operator seluler asal Turki, Turkcell sejak tahun 2013. Turkcell mengeklaim aplikasi chat buatannya itu sudah digunakan di 192 negara yang sebagian besar berada di Eropa.

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white