kumparan
search-gray
Tekno & Sains14 April 2020 18:32

Viral Situs Streaming Film Gratis Nites TV, Apakah Legal dan Aman?

Konten Redaksi kumparan
Viral Situs Streaming Film Gratis Nites TV, Apakah Legal dan Aman? (492902)
com-Ilustrasi streaming film dan series favorit Foto: Shutterstock
Situs web streaming film gratis Nites TV ramai dibicarakan netizen di dunia maya. Website yang menyediakan beragam video film dan serial tv itu lantas menimbulkan pertanyaan perihal legalitas konten dan keamanannya. Apakah kontennya legal? Apakah website-nya aman diakses dan bebas dari program jahat malware?
ADVERTISEMENT
Pakar keamanan siber menyinggung keamanan situs web streaming film gratis Nites TV yang sedang viral ini. Sebab, gembar-gembor nonton film gratis bisa jadi dimanfaatkan pihak tidak bertanggungjawab untuk menyerang data pribadi pengguna.
Menurut Alfons Tanujaya, seorang pakar di firma keamanan siber Vaksincom, sejauh ini belum ada pengguna yang melaporkan masalah keamanan data pribadi setelah mengakses Nites TV. Namun, hal tersebut tak menjamin bahwa website tersebut benar-benar aman.
"Hal ini patut diwaspadai karena model bisnis Nites.tv yang membagikan konten film membutuhkan bandwidth besar dan membutuhkan biaya operasional yang besar," ungkap Alfons ketika dihubungi kumparan, Selasa (14/3).
"Jika ia bisa memberikan akses streaming film dalam jumlah yang sangat banyak namun tidak mengenakan biaya, maka pengaksesnya perlu mewaspadai dan ekstra hati-hati ketika menonton," sambungnya.
Viral Situs Streaming Film Gratis Nites TV, Apakah Legal dan Aman? (492903)
Tampilan situs web Nites TV. Foto: Aulia Rahman Nugraha/kumparan
Alfons menjelaskan, akses streaming film gratis yang ilegal berisiko bagi keamanan data pribadi pengguna. Saat pengguna menonton film gratis ilegal, bisa jadi PUP (Potentially Unwanted Program), adware, atau malware terinstal ke perangkat tanpa sadar yang berpotensi merugikan korban.
ADVERTISEMENT
Legalitas Nites TV sendiri tidak begitu jelas. Di dalam situs web mereka, Nites TV tidak menjelaskan perizinan ataupun lisensi dari film dan serial tv yang mereka tayangkan.
kumparan telah menanyakan legalitas Nites TV kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Namun, hingga berita ini ditayangkan, Kominfo masih belum memberikan jawaban.
Meski demikian, Alfons cukup yakin bahwa Nites TV merupakan situs web streaming film ilegal.
Viral Situs Streaming Film Gratis Nites TV, Apakah Legal dan Aman? (492904)
com-BCA, ilustrasi pencurian data pribadi secara online Foto: Shutterstock
"Kalau soal legalitas memang benar Nites.tv kemungkinan besar mengandung konten yang melanggar hak cipta," kata Alfons. Jadi dari sisi legalitas konten film yang bisa di tonton atau di unduh dari Nites.tv dapat dikatakan melanggar hukum," imbuhnya.
Nites TV mendapatkan popularitasnya di tengah masa physical distancing yang membuat orang lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah demi mencegah penularan virus corona. Di kala masyarakat tak punya banyak aktivitas untuk dilakukan, layanan streaming film gratis yang ditawarkan Nites TV tampak seperti berkah.
ADVERTISEMENT
Informasi mengenai Nites TV sangat sedikit ditemukan dalam situs web mereka. Sebagai contoh, dalam website-nya tidak ditemukan keterangan informasi "About Us" untuk menjelaskan siapa Nites TV dan apa yang mereka lakukan.
Satu-satunya deskripsi diri yang dibuat tercantum dalam kolom "Terms and Conditions/User Agreement". Mereka mengklaim bahwa konten film dan serial tv yang disajikan adalah legal.
Viral Situs Streaming Film Gratis Nites TV, Apakah Legal dan Aman? (492905)
com-BCA, ilustrasi pencurian data pribadi secara online Foto: Shutterstock
"Nites.tv adalah penyedia layanan online sebagaimana didefinisikan dalam Digital Millennium Copyright Act. Kami memberi pemilik hak cipta yang sah kemampuan untuk mempublikasikan diri sendiri di Internet dengan mengunggah, menyimpan, dan menampilkan berbagai jenis media. Kami tidak secara aktif memantau, menyaring, atau meninjau media yang diunggah ke server kami oleh pengguna layanan," kata Nites TV.
"Kami menangani pelanggaran hak cipta dengan sangat serius dan akan dengan kuat melindungi hak-hak pemilik hak cipta yang sah. Jika Anda adalah pemilik hak cipta dari konten yang muncul di situs web Nites.tv dan Anda tidak mengesahkan penggunaan konten, Anda harus memberi tahu kami secara tertulis agar kami dapat mengidentifikasi konten yang diduga melanggar dan mengambil tindakan," sambungnya.
ADVERTISEMENT
kumparan telah menghubungi pihak Nites TV terkait legalitas layanan mereka. Namun, situs web streaming film gratis itu belum memberikan jawaban.
Berdasarkan penelusuran kumparan dari sejumlah situs pengecek host situs web seperti Host Checker, Who.is, dan Who Is Hosting This, layanan host Nites.tv berpusat di Chicago, AS, dengan server IP 104.27.138.174. Pusat data Nites.tv disediakan oleh Cloudflare, dengan nama server reza.ns.cloudflare.com dan clay.ns.cloudflare.com.
Viral Situs Streaming Film Gratis Nites TV, Apakah Legal dan Aman? (492906)
Ilustrasi hacker. Foto: Thinkstock
Adapun situs streaming Nites.tv diklaim milik perusahaan NitesTV Media Ltd. Mereka menyebut bahwa kantor pusat mereka berada di Luksemburg.
Di saat legalitas Nites TV belum jelas, Alfons menyarankan sejumlah langkah agar keamanan data pribadi tetap terjamin jika pengguna masih ingin akses situs tersebut. Berikut anjuran yang diberikan Alfons:
ADVERTISEMENT
  1. Jangan membuka akun di Nites.tv, dan kalau terpaksa, usahakan akses secara "incognito" atau anonymous supaya tidak bisa di lacak.
  2. Jika memungkinkan akses film legal yang memiliki server bayangan di Indonesia sehingga tidak memboroskan bandwidth karena server Nites.tv berada di luar negeri dan streaming dari server luar negeri menghabiskan bandwidth cukup besar dan jika bisa dialihkan ke Indonesia akan sangat membantu meringankan kebutuhan bandwidth ke luar negeri.
  3. Harap ekstra hati-hati ketika diminta untuk menginstal atau menjalankan program apapun dengan alasan apapun karena biasanya trik tersebut digunakan untuk menjebak korbannya menjalankan malware.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white