Tekno & Sains
·
14 Oktober 2021 12:03
·
waktu baca 3 menit

XL Axiata Gelar 5G di Bali, Ini Lokasi Demonya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
XL Axiata Gelar 5G di Bali, Ini Lokasi Demonya (728700)
searchPerbesar
Direktur & Chief Commercial Officer XL Axiata, David Arcelus Oses, Direktur Teknologi & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto dan Pengendali Frekwensi Radio Balai Monitoring Spektrum Frekuensi Radio Kelas I Denpasar, Gede Utama Laksana sedang mencoba demo tools jaringan 5G di XL Center Sunset Road, Badung, Bali. Foto: Dok. XL Axiata
XL Axiata mulai mengenalkan jaringan dan layanan 5G kepada warga Bali. Teknologi penerus 4G LTE itu bisa dijajal pelanggan di XL Center Sunset Road, Jalan Sunset Road No. 818, Kuta, Kabupaten Badung, Bali.
ADVERTISEMENT
Di lokasi demo, pelanggan yang sudah memiliki handphone (HP) pendukung 5G bisa mencoba langsung layanan 5G dari XL Axiata. Bagi pengguna yang tidak memiliki perangkatnya, kalian bisa merasakannya lewat beragam demo layanan 5G yang ditampilkan dan edukasi terkait jaringan ini dari customer care representative XL Axiata.
Warga Bali yang datang ke XL Center Sunset Road memiliki kesempatan untuk menjajal demo cloud gaming, streaming video berkualitas 4K, kamera 360 derajat untuk live streaming video, dan kacamata virtual reality (VR).

"Bali menjadi salah satu wilayah yang akan menjadi prioritas implementasi jaringan 5G XL Axiata karena Bali adalah salah satu etalase Indonesia. Setiap tahun jutaan wisatawan domestik dan mancanegara datang ke Bali, mereka akan menilai kenyamanan Bali antara lain dari keberadaan layanan data dan internet yang tersedia."

I Gede Darmayusa, Direktur Teknologi dan Chief Teknologi Officer XL Axiata

ADVERTISEMENT
XL Axiata sendiri sudah lolos Uji Laik Operasi (ULO) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia. Sejak 18 Agustus 2021, perusahaan telah menghadirkan 5G di Jakarta, Depok, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Banjarmasin, dan Makasar.

Sinyal 4G XL Axiata Jangkau 716 Desa di Bali

Selain menggelar demo 5G, XL Axiata juga memperluas jangkauan jaringan 4G LTE di Bali. Kini, sinyal 4G mereka sudah menyelimuti 716 desa/kelurahan di 57 kecamatan dan 9 kabupaten/kota di Pulau Dewata.
Semua desa wisata yang populer sebagai tujuan wisatawan juga sudah terjangkau jaringan 4G XL Axiata, termasuk Desa Penglipuran, Kelurahan Kubu (Kabupaten Bangli), Desa Tigawasa, Kecamatan Banjar (Kabupaten Buleleng), Desa Sidatapa, di Kecamatan Banjar (Kabupaten Buleleng), Desa Cempaga di Kecamatan Banjar (Kabupaten Buleleng), serta Desa Tenganan di Kecamatan Manggis (Kabupaten Karangasem).
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
XL Axiata Gelar 5G di Bali, Ini Lokasi Demonya (728701)
searchPerbesar
Direktur Teknologi & Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa dan Direktur & Chief Commercial Officer XL Axiata, David Arcelus Oses, sedang memeriksa perangkat BTS di Jl. Sunset Road, Badung, Bali. Foto: Dok. XL Axiata
Direktur Teknologi dan Chief Teknologi Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, pihaknya telah mengoperasionalkan lebih dari 6.600 Base Transceiver Station (BTS) di seluruh Bali. Dari semua BTS tersebut, 2.400 di antaranya merupakan BTS 4G.
"Jumlah BTS 4G tersebut masih akan terus meningkat, mengingat saat ini kami juga masih melakukan perluasan di semua kabupaten yang ada di Bali,” jelas I Gede Darmayusa dalam pernyataan resmi, Kamis (14/10).
Saat ini, XL Axiata telah memiliki lebih dari 56 juta pelanggan yang ditopang lebih dari 156 ribu BTS, termasuk lebih dari 65 ribu BTS 4G di seluruh Indonesia. Jaringan 4G LTE mereka juga terus diperluas dan kini sudah mencapai sekitar 458 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Perusahaan juga terus berinvestasi untuk jaringan fiber, transmisi, backhaul, modernisasi jaringan, dan berbagai pembaruan jaringan lainnya untuk meningkatkan stabilitas, kapasitas jaringan, dan kualitas layanan seiring dengan meningkatnya trafik data.
* * *
Ikuti survei kumparan Tekno & Sains dan menangi e-voucher senilai total Rp 3 juta. Isi surveinya sekarang di kum.pr/surveiteknosains.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020