kumparan
2 Desember 2018 17:14

YouTube Rilis Fitur Mirip Instagram Stories, Ini Cara Pakainya

YouTube
Aplikasi YouTube di perangkat mobile (Foto: Castleski via Shutterstock)
Setelah lama dikabarkan akan memiliki fitur mirip Instagram Stories, aplikasi streaming video YouTube kini telah menghadirkannya. Fitur tersebut dinamakan 'YouTube Stories' yang mulai tersedia untuk sejumlah kreator terpilih di platform-nya.
ADVERTISEMENT
YouTube sudah mulai menyebarkan fitur YouTube Stories kepada para kreator, namun tidak sembarang pengguna yang bisa memakai fitur baru ini. Ada syarat yang harus dipenuhi, yaitu minimal subscriber dari akunmu adalah sebanyak 10 ribu atau lebih.
Fitur YouTube Stories pada umumnya sama seperti fitur serupa pada aplikasi media sosial lainnya seperti Snapchat dan Instagram.
YouTube Stories
Fitur baru YouTube Stories. (Foto: YouTube)
Pengguna bisa membuat konten video dengan teks, stiker, filter, dan banyak lagi. Berbeda dengan Instagram Stories yang akan hilang setelah 24 jam, YouTube Stories tayang dalam waktu yang lebih panjang yaitu 7 hari.
Tampilan YouTube Stories pun tidak jauh berbeda. Video stories di YouTube akan terletak di bagian atas dengan lingkaran-lingkaran foto profil. Jika ditekan akan menampilkan video Stories.
ADVERTISEMENT
Video
Ide di balik hadirnya fitur YouTube Stories adalah untuk memberikan cara mudah kepada pembuat konten untuk melibatkan penggemar mereka di antara video yang dibuat.
Begitu pun cara menggunakannya, para kreator hanya tinggal menekan ikon kamera, kemudian memilih "Create Story.” Penonton video YouTube Stories bisa memberikan komentar dan reaksi "jempol","jempol ke bawah" atau "hati".
Hadirnya YouTube Stories akan memudahkan para kreator konten di YouTube untuk membuat video yang sederhana dan berinteraksi dengan penonton.
Sayangnya, YouTube belum memberikan keterangan apakah fitur YouTube Stories akan diluncurkan ke seluruh penggunanya, bukan hanya kreator saja.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan