Food & Travel
·
28 Juli 2021 14:03
·
waktu baca 2 menit

122 Tempat Wisata di Bandung Siap Dijadikan Sentra Vaksinasi Sementara

Konten ini diproduksi oleh kumparan
122 Tempat Wisata di Bandung Siap Dijadikan Sentra Vaksinasi Sementara (278749)
searchPerbesar
ilustrasi taman Begonia, Bandung Foto: Instagram: Tamanbegonia
Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung siap membantu program percepatan satu juta vaksinasi per hari yang dicanangkan pemerintah dengan menghadirkan sentra vaksinasi baru di tempat wisata. Ketua Tim Percepatan Pariwisata Kabupaten Bandung, Ilham Sunaryanto, menyebut bahwa 122 tempat wisata di Bandung siap dijadikan sentra vaksinasi untuk mendukung hal tersebut.
ADVERTISEMENT
"Kami siap membantu mensukseskan program vaksin di 122 tempat wisata Kabupaten Bandung. Kami siap membantu, tidak hanya satu tempat di Cicaleka Dreamland, tetapi juga 122 tempat wisata di Kabupaten Bandung kami siap membantu mengoptimalkan program 1 juta vaksin," kata Ilham, dalam acara Vaksinasi Ayik di Tempat Piknik (Vanic) Cicaleka Dreamland secara virtual, Rabu (28/7).
122 Tempat Wisata di Bandung Siap Dijadikan Sentra Vaksinasi Sementara (278750)
searchPerbesar
Wisatawan berfoto di kawasan wisata Cicalengka Dreamland di Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/1). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan
Lebih lanjut, Ilham mengatakan, Cicalengka Dreamland adalah salah satu tempat wisata yang kini dialihfungsikan sementara sebagai pusat vaksinasi. Melalui program VANIC (Vaksin Asyik di Tempat Piknik) yang digelar hari ini, Rabu (28/7), tempat wisata tersebut menargetkan 600 peserta yang bisa divaksinasi setiap harinya.
Hal tersebut pun disambut baik oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Pihaknya mengatakan akan segera menjadwalkan kunjungan ke beberapa tempat wisata di Bandung yang memenuhi kriteria untuk dijadikan sentra vaksinasi.
122 Tempat Wisata di Bandung Siap Dijadikan Sentra Vaksinasi Sementara (278751)
searchPerbesar
Wisatawan berfoto di sebuah dekorasi Negara Thailand di kawasan wisata The Great Asia Africa di Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (12/2/2021). Foto: Raisan Al Farisi/ANTARA FOTO
"Pak bupati sendiri mencanangkan 100 destinasi wisata di Kabupaten Bandung yang bisa dijadikan sentra vaksinasi. Saya segera menjadwalkan kunjungan kabupaten Bandung untuk melihat beberapa destinasi wisata tersebut," ujar Sandiaga.
ADVERTISEMENT

Kartu Vaksin Sebagai Syarat Masuk ke Tempat Wisata

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang Supriatna, mengatakan bahwa pihaknya menargetkan 2,8 juta atau 80 persen dari total 3,62 juta penduduk bisa divaksin pada Desember 2021. Sebab, upaya ini dilakukan karena Dadang ingin kartu vaksinasi jadi syarat warga Bandung masuk ke lokasi wisata.
Hanya saja, ia meminta Menparekraf Sandiaga Uno, agar vaksin COVID-19 bisa segera didistribusikan kembali ke daerahnya.
122 Tempat Wisata di Bandung Siap Dijadikan Sentra Vaksinasi Sementara (278752)
searchPerbesar
Wisatawan menaiki perahu di tempat Wisata Floating Market, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Sabtu (26/12/2020). Foto: Raisan Al Farisi/ANTARA FOTO
"Saya berharap bantuan Pak Menteri untuk bisa mendistribusikan segera vaksinnya, kami sudah siapkan nakes dan lainnya," ujar Dadang.
Pihaknya sudah menyiapkan tambahan 800 tenaga kesehatan untuk target tersebut.
"Kami berharap program ini bisa meningkatkan perekonomian dan sektor pariwisata bisa meningkat," lanjutnya.
Permintaan tersebut disanggupi oleh Menparekraf Sandiaga Uno. Nantinya, Kemenparekraf akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan.
ADVERTISEMENT
"Saya sangat mendorong inovasi pelaksanaan vaksinasi di Cicaleka Dreamland. Mari kita genjot kalau bisa 15 ribu per hari di Cicalengka Dreamland sekalian habis divaksin mereka bisa menikmati pariwisata dan ekraf selama tempat wisata ini kita alihfungsikan menjadi sentra vaksinasi," pungkas Sandiaga.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020