Picture1.png

4 Destinasi Agrowisata di Indonesia untuk Alternatif Liburan Akhir Pekan

2 Desember 2020 19:03
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi wisatawan liburan di Indonesia.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi wisatawan liburan di Indonesia.
Agrowisata merupakan aktivitas wisata yang melibatkan penggunaan lahan pertanian ataupun fasilitas terkait. Wisata mendekatkan diri dengan alam menjadi satu alternatif liburan #DiIndonesiaAja yang dianggap bisa membantu menghilangkan penat sehari-hari.
Biasanya, yang menjadi daya tarik dari wisata jenis ini adalah berbagai tanaman yang bisa ditanam atau dipetik wisatawan, seperti sayur mayur dan buah-buahan. Selain itu, berbagai fasilitas wisata lainnya, seperti memberi makan binatang ternak, arena bermain atau labirin berupa tumbuhan juga menjadi atraksi utama.
Nah, sebagai negara agraris yang besar, Indonesia tentunya memiliki banyak lahan pertanian atau perkebunan. Banyak dari area perkebunan maupun pertanian tersebut yang dikelola dan ditata sedemikian rupa sebagai objek wisata.
Ingin tahu di mana saja agrowisata #DiIndonesiaAja yang bisa kamu kunjungi? Berikut ulasannya.

Bali

Bali.
zoom-in-whitePerbesar
Bali.
Bali memang selalu menjadi magnet wisata #DiIndonesiaAja yang mengagumkan, karena memiliki kekayaan alam yang menggiurkan untuk dikunjungi. Salah satu agrowisata yang dapat dinikmati berada di tengah Sawah Tegalalang, Kabupaten Gianyar, Bali.
Di sini, wisatawan akan dimanjakan oleh pemandangan persawahan hijau berundak–undak khas Bali yang asri dan memesona. Berbagai wahana wisata mulai dari dancing bridge, bird nest, gorill, hingga glass flooring yang terdapat lantai kaca di atas sawah terasering bisa dijadikan sebagai spot foto yang unik.
Tempat wisata di Bali.
zoom-in-whitePerbesar
Tempat wisata di Bali.
Menariknya, kamu juga bisa mencoba wahana yang memacu adrenalin di sini, yaitu ayunan di tengah sawah yang terkenal di Tegalalang. Ayunan ini memiliki ketinggian mencapai 25 meter di atas permukaan.
Wisatawan pecinta kopi pun disarankan untuk mengunjungi daerah ini. Sebab, objek wisata ini juga menyediakan wisata perkebunan kopi, di mana wisatawan bisa berkeliling dan mempelajari cara pengolahan kopi. Di akhir petualangan, wisatawan diperbolehkan mencicipi berbagai macam kopi yang dibuat di sini.

Yogyakarta

Yogyakarta.
zoom-in-whitePerbesar
Yogyakarta.
Selain dikenal lewat kuliner tradisional gudeg, Yogyakarta juga kondang dengan destinasi wisata yang memukau, mulai dari budaya, alam, hingga sejarah. Salah satu destinasi wisata yang bisa kamu temukan di Kota Gudeg adalah agrowisata yang berada di Sleman, Yogyakarta.
Memiliki luas lahan mencapai 5,2 hektare, area ini dikelilingi lahan pertanian, perkebunan, serta peternakan. Agrowisata ini juga berbatasan langsung dengan Kali Kuning dan berlatar belakang pemandangan indahnya Gunung Merapi.
Selain itu, ada pula fasilitas berkemah dan outbound yang bisa dicoba. Wisatawan juga bisa berkenalan dengan hewan mamalia dan reptil, edukasi alternatif gas alam yang terbuat dari kotoran kambing, serta tanaman hidroponik ataupun belajar menanam yang dikemas dalam bentuk field trip.
Kamu juga bisa menemukan berbagai macam spot instagramable menarik untuk berswafoto, seperti di wahana Langlang Buana dengan spot foto bertema Alpen House dan Santorini.

Bogor

Bogor. Sumber: Instagram - Rizki Munaf
zoom-in-whitePerbesar
Bogor. Sumber: Instagram - Rizki Munaf
Bogor merupakan salah satu destinasi agrowisata yang sudah terkenal di kalangan wisatawan untuk menghabiskan libur akhir pekan. Lokasinya yang tak jauh dari Jakarta, udaranya yang sejuk, hingga hamparan persawahan dan perkebunan membuat Bogor tak pernah sepi wisatawan.
Salah satu agrowisata yang bisa kamu kunjungi di Bogor adalah daerah Puncak. Dengan ketinggian 800-1.200 mdpl, agrowisata ini menjadi tempat yang tepat untuk beristirahat atau sekadar relaksasi melepas penat.
Di agrowisata ini, kamu akan disajikan pemandangan hamparan kebun teh yang memukau. Tak hanya itu, kamu juga bisa berkunjung ke pabrik teh dan melihat bagaimana proses teh diolah dari daun hingga menjadi teh dalam kemasan yang siap dikonsumsi.
Ingin menikmati teh sambil melihat hamparan perkebunan teh? Kamu juga bisa menikmatinya di agrowisata ini.

Bandung

Tempat wisata di Bandung
zoom-in-whitePerbesar
Tempat wisata di Bandung
Kota Kembang ternyata bukan hanya sebuah julukan yang disematkan pada Kota Bandung saja. Bunga-bunga cantik yang ada di agrowisata bunga di Bandung juga telah menggambarkan betapa cantiknya kota tersebut.
Bagi kamu penyuka bunga, Lembang wajib ditambahkan sebagai destinasi agrowisata ke dalam daftar kunjungan di Bandung. Sebab, di Lembang terdapat desa penyedia berbagai macam bunga yang bisa memikat hati siapa pun yang melihatnya. Berbagai jenis tanaman dapat dengan mudah kamu temui di kawasan agrowisata ini, mulai dari tanaman hias hingga tanaman potong.
Panorama ribuan bunga berwarna-warni yang cantik ditambah suasana alam di sekitar taman bunga yang menyejukkan dijamin akan membuat semangatmu kembali lagi.
Koleksi bunga melati, mawar, anggrek, hingga aneka bonsai dapat kamu jumpai di sini. Kamu juga bisa membeli berbagai macam bunga hias, sayur-sayuran, serta bibit-bibit tanaman lainnya.
Jadi, sudah menentukan destinasi agrowisata mana yang akan kamu kunjungi saat liburan #DiIndonesiaAja? Namun, tetap harus ingat untuk patuhi protokol kesehatan yaa saat berkunjung ke tempat wisata, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, membawa hand sanitizer, dan mengecek suhu tubuh.
Berbulan-bulan di rumah aja, pasti banyak yang rindu traveling, bukan? Nah, bagi kamu yang merencanakan liburan setelah pandemi, enggak usah jauh-jauh ke luar negeri. Simak tips dan rekomendasi liburan nyaman #DiIndonesiaAja dalam collection ini.
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten