kumparan
29 September 2019 15:02

5 Cara Seru Menikmati Liburan Akhir Tahun di Australia Barat

Ilustrasi Wisatawan di Australia Barat
Ilustrasi Wisatawan di Australia Barat Foto: Shutter Stock
Bingung mencari destinasi liburan akhir tahun? Kalau iya, Australia Barat bisa menjadi salah satu pilihan. Sebab, ada beragam acara menarik yang menambah keseruanmu saat liburan ke Negeri Kangguru tersebut, lho.
ADVERTISEMENT
Tak hanya terkenal dengan destinasi wisatanya yang memukau, liburan akhir tahun kamu akan semakin meriah dengan hadirnya berbagai rangkaian festival hingga wisata kuliner yang bisa kamu nikmati di Australia Barat. Apalagi, jarak ke Australia Barat hanya kamu tempuh selama 4,5 jam penerbangan dari Jakarta. Terjangkau, bukan?
Nah, untuk kamu yang tertarik menikmati liburan akhir tahun di sana, berikut kumparan berikan cara menikmati Australia Barat dengan seru, seperti dikutip dari keterangan resmi Tourism Western Australia. Apa saja?
1. Menyaksikan Matahari Terbenam di Rottnest Island
Rottnest Island, Perth
Rottnest Island, Perth Foto: Muhammad Iqbal/kumparan
Kamu bisa mengawali petualangan serumu di Australia Barat dengan mengujungi Rottnest Island dan menikmati pemandangan pantai dengan air lautnya yang jernih. Terdapat 63 pantai cantik dan 20 teluk dengan terumbu karang, serta bangkai kapal yang menjadi spot snorkeling terbaik di Australia Barat.
ADVERTISEMENT
Salah satu pantai yang terkenal adalah Pinky Beach, yang belum lama ini juga berdiri sebuah resor glamping baru, Discovery Rottnest Island. Di glamping ini terdapat 83 tenda ramah lingkungan yang bisa menjadi tempat untuk menginap yang pas bagi pasangan, keluarga, dan solo traveler.
Menyandang predikat sebagai pulau yang bebas dari kendaraan, kamu dapat bersepeda ataupun berjalan kaki mengelilingi Rottnest Island, sembari menikmati semilir angin pantai yang syahdu. Tak hanya itu, Rottnest Island juga menawarkan beragam aktivitas menyenangkan, mulai dari surf break hingga menyaksikan satwa liar di habitat aslinya, seperti Quokka.
Akses menuju Rottnest Island juga cukup mudah, karena kamu hanya perlu menempuh perjalanan kurang lebih 30 menit menggunakan kapal feri dari Perth.
ADVERTISEMENT
2. Jelajah Wisata Kuliner di Kota Pelabuhan Fremantle
Fremantle Markets
Fremantle Market Foto: Dok. Tourism Western Australia
Selain berwisata menyusuri indahnya Rottnest Island, kamu juga bisa berburu aneka kuliner khas di Kota Pelabuhan Fremantle. Fremantle Markets merupakan 'surganya' kuliner bagi wisatawan yang ingin menjajal aneka makanan unik dan lezat, mulai dari buah dan sayuran segar, hingga kopi dan kue.
Jangan lupa untuk singgah di Cicerello's Seafood Restaurant atau Kailis Fish Market Cafe, salah satu restoran terbaik untuk memuaskan hasratmu menikmati fish and chips yang segar di sana.
Sembari jajan, kamu juga bisa berjalan-jalan mengelilingi berbagai perpaduan unik dari toko, kafe, dan galeri di kota pelabuhan ini. Misalnya saja kamu bisa mampir di Duck Duck Bruce, Madalenas, Moore & Moore Cafe, atau Attic Fremantle yang menawarkan beragam camilan atau sekadar menyesap kopi.
ADVERTISEMENT
Ingin menikmati senja? Kamu bisa menikmati momen matahari terbenam di Fremantle's Fishing Boat Harbour. Hanya 30 menit berkendara dari Perth Central Business District, Fremantle akan menjawab keinginanmu akan hidangan lezat.
3. Petualangan Wisata Air Seru di Mandurah & Bunbury
Mandurah & Bunbury
Berenang dengan lumba-lumba di Dolphin Discovery Centre, Bunbury Foto: Dok. Tourism Western Australia
Ingin merasakan main air di Australia Barat? Kamu bisa mengunjungi Mandurah & Burnbury. Di sini terdapat taman bermain air Bunbury yang terkenal dengan atraksi Koombana Bay, di mana pengunjung bisa berenang bersama lumba-lumba.
Selagi berkunjung ke Bunbury, kamu juga bisa mampir ke Dolphin Discovery Interpretive Centre. Area ini dilengkapi dengan Digital Dolphinarium 360 derajat yang menampilkan akuarium ikan dan karang yang lebih lengkap dari sebelumnya, serta replika alam dan sejarah Koombana Bay yang mencakup informasi geologis, masyarakat adat, kelautan, dan kontemporer.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kamu juga bisa menyaksikan keajaiban Natal khas Australia di Mandurah Christmas Lights Cruise, yang akan beroperasi dari 1 Desember 2019 hingga 5 Januari 2020. Acara berlayar tahunan ini akan mengantar kamu untuk melihat rumah-rumah kanal mewah Mandurah yang dihiasi jutaan lampu dan dekorasi Natal memukau.
4. Menikmati Keindahan Panorama Alam South West
Valley of the Giants Tree Top Walk
Valley of the Giants Tree Top Walk Foto: Dok. Tourism Western Australia
Setelah puas bermain air di Mandurah & Bunbury, destinasi selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dikunjungi di Australia Barat adalah South West. Destinasi ini sangat tepat buat kamu yang ingin berpetualang seru dengan menggunakan kendaraan atau roadtrip di Australia.
Kamu bisa berkunjung ke Valley of the Giants Tree Top Walk untuk menikmati indahnya pemandangan Australia, sembari berjalan melalui jembatan yang membentang di atas ketinggian. Selain itu, di tempat ini juga terdapat pohon raksasa tertinggi di dunia yang unik, Valley of the Giants Tree Top Walk, dapat ditempuh hanya dengan berkendara selama lima jam ke arah Selatan dari Perth atau tiga jam dari Margaret River.
ADVERTISEMENT
Destinasi cantik lainnya adalah Taman Nasional Torndirrup di wilayah Great Southern, Australia Barat. Di tempat ini kamu bisa menyaksikan The Gap, Natural Bridge, atau jembatan dari bebatuan granit yang menyuguhkan pemandangan pantai yang spektakuler.
5. Perth dan Perayaan Akhir Tahunnya yang Meriah
Christmas Lights in Northbridge
Christmas Lights in Northbridge. Foto: Tourism Western Australia
Terakhir, kurang lengkap rasanya liburan di Australia Barat kalau tidak berkunjung ke ibu kotanya, yaitu Perth. Di akhir tahun, Perth akan semakin semarak dengan beragam acara dan juga festival yang ditawarkan bagi wisatawan.
Kings Park bisa menjadi tempat pertama yang menarik untuk dikunjungi. Di sini kamu bisa menikmati pemandangan Swan Rivers dan Canning Rivers, serta pemandangan langit kota yang modern.
Setelah puas bermain-main di King Park, kamu juga bisa berkeliling kota Perth atau mengujungi Bell Tower yang terletak di Barrack Square, Perth Mint, dan St. Mary's Cathedral untuk memperkaya wawasan sejarah mengenai Australia Barat. Sementara itu, di malam hari kamu bisa mengikuti tur di Perh Observatory untuk menyaksikan jutaan bintang yang terbentang di langit.
ADVERTISEMENT
Perth juga akan bersinar terang selama Natal dengan 18 instalasi lampu dan dekorasi yang menerangi malam. Pengunjung dapat menikmati lampu animasi, dekorasi jalanan yang meriah, proyeksi visual, dan perayaan meriah yang menyemarakkan mal, jalanan, taman, sampai sudut-sudut kota.
Setiap sudut kota akan diterangi cahaya-cahaya dari festival Santa's Magical Castle, Giant Bauble, Lifeline Christmas Tree, Christmas Constellation, Light Up Christmas, dan Hoppy Christmas.
Selain itu, ada banyak atraksi menarik di Perth yang bisa masuk ke wishlist liburan akhir tahunmu, misalnya menikmati kemeriahan RAC Christmas Pageant, Quay to the Forbidden Forest (28 November-15 Desember), Christmas Lights Trail Perth (16 November-24 Desember), Origin Fields Festival (31 Desember 2019-1 Januari 2020), dan selebrasi Malam Tahun Baru yang sangat ditunggu-tunggu wisatawan.
ADVERTISEMENT
Gimana, siap liburan akhir tahun di Australia Barat?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan