kumparan
search-gray
Food & Travel27 Desember 2018 9:06

5 Destinasi di Hong Kong untuk Liburan Akhir Tahun Bersama Keluarga

Konten Redaksi kumparan
Destinasi Wisata Hong Kong
Suasana keramaian di kawasan Mong Kok, Kowloon, Hong Kong (Foto: Shutterstock)
Siapa tak kenal dengan Hong Kong, kota dengan luas wilayah yang relatif sempit namun memiliki ratusan bahkan mungkin ribuan gedung pencakar langit ini sanggup menjadi magnet para wisatawan dari seluruh dunia.
ADVERTISEMENT
Hong Kong yang juga negara bagian dari Negara Tiongkok, namun memiliki sistem pemerintahannya sendiri atau yang dikenal satu negara dua sistem ini juga memiliki daya pikat tersendiri bagi para sutradara film layar lebar kelas dunia untuk memilih Hong Kong sebagai salah satu lokasi syuting.
Ya, gedung-gedung tinggi yang menjulang inilah yang menjadikan Hong Kong terpilih sebagai lokasi syuting dari berbagai film box office, antara lain film Tomb Raider, Batman The Dark Knight yang berlokasi syuting di International Financial Center; film James Bond 'Die Another Day' berlokasi syuting di Victoria Harbour; dan film Transformers: Age of Extinction yang berlokasi syuting di Hong Kong Convention and Exhibition Center dan Star Ferry.
Kapal Melintas di Pelabuhan Victoria, Hong Kong
Kapal Melintas di Pelabuhan Victoria, Hong Kong (Foto: Shutter Stock)
Selain pesona metropolitan yang dihadirkan lewat banyaknya gedung pencakar langit, Hong Kong masih memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk kamu kunjungi dan sayang untuk kamu lewatkan.
ADVERTISEMENT
Nah, bagi kamu yang tertarik dan ingin menghabiskan libur akhir tahun bersama keluarga di Hong Kong, kumparanTRAVEL memiliki rekomendasi tempat-tempat menarik untuk kamu kunjungi. Sehingga saat kamu sudah di Hong Kong, kamu tidak perlu kebingungan lagi mau mengunjungi tempat-tempat menarik.
Berikut beberapa tempat wisata di Hong Kong yang tidak boleh kamu lewatkan:
1. Hong Kong Disneyland
Destinasi Wisata Hong Kong
Parade karakter Disneyland di Hong Kong Disneyland (Foto: Aria Sankhyaadi/kumparan)
Tempat wisata pertama di Hong Kong yang sempat kumparanTRAVEL singgahi bersama dengan Cathay Dragon dan Hong Kong Tourism Board belum lama ini adalah Hong Kong Disneyland.
Wahana liburan besutan Disney ini sudah dibuka sejak 2005 dan menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk datang ke Hong Kong. Disneyland ini sendiri merupakan yang ketiga yang ada di luar Amerika Serikat.
Destinasi Wisata Hong Kong
Parade karakter Toy Story di Hong Kong Disneyland (Foto: Aria Sankhyaadi/kumparan)
Tak sedikit dari wisatawan dari berbagai negara di Asia memang sengaja datang ke Hong Kong untuk bisa menikmati berbagai hiburan di Theme Park ini.
ADVERTISEMENT
Berbagai aktivitas seru bisa kamu nikmati di sini seperti parade karakter Disney di area sekitar istana yang biasanya diadakan dua kali sehari. Sempatkan juga mampir ke Toy Story Land dan foto bersama dengan karakter Woody juga Buzz Lightyear.
2. Man Mo Temple
Man Mao Temple, Hong Kong
Tampilan dalam Man Mao Temple, Hong Kong (Foto: Aria Sankhyaadi/kumparan)
Destinasi di Hong Kong selanjutnya yang dapat kamu sambangi bersama keluarga adalah Man Mo Temple. Letak kuil ini berada di Hollywood Road yang memang ada diantara berbagai toko dan kehidupan modern di Hong Kong.
Kuil ini sendiri dibangun sebagai bentuk dedikasi terhadap dewa sastra atau Man dan dewa perang yang disebut juga Mo. Menurut penjelasan dari guide yang menemani kumparanTRAVEL saat itu, banyak pelajar yang konon katanya datang ke kuil ini untuk berdoa dan memberi persembahan kepada dewa Man agar mereka mendapat peringkat dalam studinya dan lulus dengan nilai yang baik.
Man Mao Temple Hong Kong
Dupa yang dipasang di langit-langit Man Mao Temple, Hong Kong (Foto: Aria Sankhyaadi/kumparan)
Sementara itu, rata-rata orang dewasalah yang mendatangi kuil ini dan memanjatkan doa kepada dewa Mo serta memberikan persembahan demi kelancaran bisnis dan kesuksesan di kemudian hari.
ADVERTISEMENT
Kuil ini tampak selalu aktif walau memang para wisatawan harus rela berdesakan dengan wisatawan yang lain. Kuil yang penuh pesona dan cantik ini patut dikunjungi, terutama bagi kamu yang ingin ikut memanjatkan doa di sini.
Sebagai informasi, kuil ini buka dari jam 8 pagi hingga jam 6 petang, para wisatawan bisa masuk atau sekadar melihat-lihat, bahkan juga berdoa tanpa adanya biaya masuk yang dikenakan.
3. Wong Tai Sin Temple
Wong Tai Sin Temple, Hong Kong
Wisatawan sedang memadati Wong Tai Sin Temple, Hong Kong (Foto: Aria Sankhyaadi/kumparan)
Kuil di Hong Kong selanjutnya yang tak kalah menarik dengan Man Mo Temple adalah Wong Tai Sin Temple. Kuil ini merupakan sebuah kuil yang sudah ada sejak 1920 dan dipugar kembali pada tahun 1968. Selain berbagai tempat ibadah, kuil ini juga menjadi tempat wisata di Hong Kong yang menarik untuk kamu kunjungi.
ADVERTISEMENT
Kuil ini berada di Kowloon, kuil ini sendiri dibangun untuk menghormati Dewa Tao Wong Tai Sin yang dianggap sebagai dewa pembawa keberuntungan oleh penduduk setempat.
Destinasi Wisata Hong Kong
Patung yang menyimbolkan 12 shio dari zodiak di Wong Tai Sin Temple, Hong Kong (Foto: Aria Sankhyaadi/kumparan)
Beberapa bagian dari kuil ini yang menarik dan sering dijadikan lokasi swafoto wisatawan adalah Hall of Three Saints, Good Wish Garden, dan ruang aula yang ditujukan bagi Konfisius serta ke-72 muridnya.
Hal menarik lainnya yang dapat kamu temukan saat mengunjungi kuil ini yaitu kamu dapat melihat 12 patung yang berbaris rapi di halaman depan daripada kuil ini. Jika kamu perhatikan dengan seksama, patung ini menyimbolkan 12 shio dari zodiak yang ada.
4. Golden Bauhinia Square
Destinasi Wisata Hong Kong
Suasana di Golden Bauhinia Square, Hong Kong (Foto: Shutterstock)
Bagi kamu yang ingin bersantai sembari menikmati pemandangan khas kota Hong Kong dengan gedung pencakar langitnya, datanglah ke Golden Bauhinia Square.
ADVERTISEMENT
Golden Bauhinia Square sendiri sebenarnya lebih cocok sebagai tempat untuk hangout di Hong Kong. Lokasinya ada di area terbuka di luar Hong Kong Convention dan Exhibition Center di Wan Chai tepi.
Destinasi Wisata Hong Kong
Pemandangan kota Hong Kong yang dapat disaksikan dari Golden Bauhinia Square (Foto: Shutterstock)
Lokasi ini diberi nama Golden Bauhinia Square karena bila kamu tiba di lokasi ini, kamu dapat melihat monumen dengan bentuk bunga Anggrek Hong Kong (Bauhinia Blakeana) yang dilapisi emas.
Monumen ini sendiri adalah hadiah dari pemerintah pusat Cina dalam rangka memperingati kesempatan yang paling signifikan dalam sejarah Hong Kong yaitu kembalinya para bekas koloni Inggris ke Republik Rakyat CIna, dan pembentukan Daerah Administratif Khusus Hong Kong (HKSAR) pada tahun 1997
5. Ladies Market
Hong Kong Ladies Market
Hong Kong Ladies Market di kawasan Mong Kok, Hong Kong (Foto: Aria Sankhyaadi/kumparan)
Berwisata ke Hong Kong kuranglah lengkap tanpa mengunjungi pasar tradisional. Dan salah satu street market yang bisa kamu datangi di Hongkong adalah Ladies Market yang berlokasi di antara Boundary Street dan Dundas Street di Mong Kok, Kowloon.
ADVERTISEMENT
Barang-barang yang dijual di pasar ini terbilang lengkap, khususnya beragam oleh-oleh khas Hong Kong dan dijual dengan harga yang terjangkau. Terlebih bila kamu memiliki keahlian menawar harga barang, pastilah kamu dapat memperoleh barang tersebut dengan harga miring.
Ladies Market Hong Kong
Souvenir yang dijual di Ladies Market, Hong Kong (Foto: Shutterstock)
Salah satu hal yang harus kamu perhatikan ketika berbelanja di tempat seperti ini adalah barang bawaan kamu. Karena kondisi pasar yang sangat ramai, seringkali kamu lengah dan melupakan keamanan barang bawaan kamu.
Bagaimana, sudah siapkah kamu menghabiskan liburan akhir tahun bersama dengan keluarga di Hong Kong?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white