Food & Travel
·
11 Juni 2021 15:58
·
waktu baca 2 menit

5 Destinasi Wisata di Sumatera Barat yang Menarik Dikunjungi Selain Jam Gadang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Destinasi Wisata di Sumatera Barat yang Menarik Dikunjungi Selain Jam Gadang (125444)
Suasana Jam Gadang di Bukittingi, Sumatera Barat. Foto: Helmi Afandi/kumparan
Sumatera Barat memiliki destinasi wisata yang tak kalah menariknya dengan wisata-wisata Indonesia lainnya yang sudah terkenal. Sebut tempat wisata seperti Bali, Labuan Bajo, Bogor, Banyuwangi dan yang lainnya.
ADVERTISEMENT
Bahkan di Sumatera barat sendiri setiap destinasi wisatanya memiliki nilai historis yang wajib kamu ketahui. Berikut kumparan rekomendasikan aneka destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi ketika sedang di Sumbar.

1. Pantai Air Manis

Pasti kamu sudah tidak asing lagi kan dengan cerita rakyat Malin Kundang? Yap, sosok anak yang durhaka terhadap ibunya setelah menjadi kaya. Kemudian ibunya merasa sakit hati dan Malin dikutuk menjadi batu.
Konon katanya batu yang dirumorkan sebagai Malin Kundang terdapat di salah satu pantai Sumbar, yakni Pantai Air Manis. Selain terkenal dengan batu tersebut, tempat wisata ini juga terkenal dengan keindahan alamnya.
Suara ombak yang menyejukkan dan panorama laut membuat kamu ingin terus berada di sini. Ditambah banyak penjual ikan di pinggir laut yang akan mengenyangkan perutmu.
ADVERTISEMENT

2. Danau Singkarak

Danau Singkarak merupakan danau tektonik dan danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Danau ini menyuguhkan panorama alam yang indah dengan dikelilingi barisan pepohonan hijau yang menyegarkan.
Tips berkunjung ke Danau Singkarak adalah di saat siang hari. Karena pada saat itu akan terlihat jelas sebuah perbukitan yang terlihat dari arah danau.
Di sini pun kamu akan melihat ikan bilik, sebuah ikan yang ditemukan pada era penjajahan Belanda.

3. Air Terjun Lubuk Hitam

Selanjutnya ada Air Terjun Lubuk Hitam atau lebih dikenal oleh warga sekitar dengan sebutan Air terjun tiga tingkat. Dinamakan demikian karena air terjun tersebut memiliki tiga buah air terjun dengan ketinggian yang berbeda-beda.
ADVERTISEMENT
Selain itu, airnya yang jernih sangat cocok buatmu yang ingin melepas penat.
Penasaran? Kamu bisa datang langsung ke tempat wisata yang berada di Desa Koto Lubuk Hitam, Kelurahan Teluk Kabung Utara, Kecamatan Teluk Kabung ini.

4. Lubuk Paraku

Satu lagi keindahan alam yang tersembunyi di Sumbar adalah Lubuk Paraku. Lubuk Paraku merupakan kolam alami yang masih asri dan airnya sangat jernih yang berwarna biru. Suasananya mampu memberikan ketenangan.
Untuk memasukinya, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000 saja. Pssstt.. kolam ini katanya sudah ada sejak zaman kolonial.

5. Museum Adityawarman

Terakhir adalah Museum Adityawarman, sebuah museum yang memiliki nilai historis yang sangat kental.
Berdiri tahun 1977, museum ini menampilkan berbagai budaya Minangkabau. Nama Adityawarman sendiri diambil dari salah satu raja Malayapura yang menjabat pada abad ke-14.
ADVERTISEMENT
Museum yang satu ini dijuluki sebagai Taman Mini Sumatera Barat.
Penulis: Rani Nuraeni Khairunissa
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)