5 Hal Seru yang Wajib Dicoba Wisatawan Saat Berlibur ke Australia Barat

13 Agustus 2021 16:00
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
5 hal seru yang bisa kamu lakukan di Australia Barat Foto: Dok. Tourism Western Australia
zoom-in-whitePerbesar
5 hal seru yang bisa kamu lakukan di Australia Barat Foto: Dok. Tourism Western Australia
ADVERTISEMENT
Terletak sekitar 4,5 jam perjalanan udara membuat Australia Barat menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan untuk berlibur. Pantainya yang indah, alam yang mempesona, hingga akomodasi yang nyaman menjadi alasan banyaknya wisatawan berkunjung ke sana.
ADVERTISEMENT
Terlebih, untuk para pecinta petualangan, berbagai atraksi wisata yang memacu adrenalin bisa kamu temukan di sana. Mulai dari skydiving hingga snorkeling, yang memberikan pengalaman berbeda saat ke Australia Barat.
Namun, selain wisata petualangannya yang memacu adrenalin, Australia Barat juga banyak menyimpan aktivitas hingga tempat lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari berjalan-jalan menyusuri mural, hingga wisata kuliner yang tentunya menggugah selera.
Untuk itu, berikut lima hal seru yang wajib dicoba wisatawan saat berkunjung ke Australia Barat.
1. Berjalan Menyusuri Mural
Wisatawan yang tengah berfoto di depan mural di Wolf Lane, Perth Foto: Dok. Tourism Western Australia
zoom-in-whitePerbesar
Wisatawan yang tengah berfoto di depan mural di Wolf Lane, Perth Foto: Dok. Tourism Western Australia
Sebagai wilayah yang terkenal dengan budaya, Australia Barat juga menawarkan berbagai atraksi untuk para pecinta seni, salah satunya adalah mural-mural indah dengan beragam cerita.
Karya seni ini bisa kamu temukan di jalan-jalan, bangunan, ataupun gedung yang ada di Perth, Fremantle, hingga Geraldton. Saat berjalan menyusuri kawasan Perth Central Business District (CBD), kamu akan disuguhkan mural dengan beragam warna.
ADVERTISEMENT
Misalnya saja di Raine Square yang terletak di Murray Street, kamu bisa menemukan mural yang dibuat khusus untuk Mary Raine, salah satu tokoh perempuan yang merupakan pebisnis Australia dan pendiri Raine Medical Research Foundation.
Menariknya, mural tersebut juga tampak hidup lewat sentuhan teknologi. Wisatawan bisa memindai QR Code atau kode QR di mural tersebut yang akan menampilkan video tentang sejarah singkat Mary Raine.
Masih di kawasan Murray Street, kamu juga bisa menemukan mural menarik lainnya. Dilukis seniman Meksiko, Curriot, mural bertema koala tersebut dibuat pada tahun 2015 sebagai salah satu karya yang dipamerkan pada festival #PUBLIC2015 FORM.
Mural-mural di Northbridge, Perth Foto: Dok. Tourism Western Australia
zoom-in-whitePerbesar
Mural-mural di Northbridge, Perth Foto: Dok. Tourism Western Australia
Lalu, bergeser sedikit kawasan pemukiman Subiaco, di sini kamu bisa menemukan beragam mural yang terpampang di toko butik, pasar, hingga kafe. Di Forest Square misalnya, kamu bisa menemukan mural yang dibuat oleh seniman Spanyol Okuda San Miguel atau yang dikenal dengan OKUDART.
ADVERTISEMENT
Mural berjudul ‘Kid Koala Playing God’ dan ‘Kingaroo’ ini terbagi menjadi dua bagian yang menekankan gaya visual pop surealisme. Karya seni ini dibuat untuk menggambarkan kontradiksi antara eksistensialisme, keuniversalan, dan juga makna tentang kehidupan dan kesalahan dari kebebasan kapitalisme.
Mural-mural indah di Grand Lane, Australia Barat Foto: Dok. Tourism Western Australia
zoom-in-whitePerbesar
Mural-mural indah di Grand Lane, Australia Barat Foto: Dok. Tourism Western Australia
Selanjutnya, kamu juga bisa mampir ke Grand Lane yang menjadi salah satu jalanan bersejarah yang ada di Perth.
Di sini kamu bisa menemukan Grant Lane Mural sepanjang 99 meter (325 kaki), karya Scott Neoh dan Hiroyasu Tsuri serta pameran publik Light Locker Art Space yang menampilkan beragam karya seni 2D dan 3D yang dibuat para seniman lokal.
Selain Perth, kawasan Fremantle juga dihiasi banyak mural-mural yang dibuat dengan beragam visual. Mulai dari mural yang bergambar binatang, pemandangan, ornamentasi, sampai refleksi kehidupan sehari-hari. Gaya visualnya yang bervariasi mulai dari surealis, realis, dekoratif, bahkan kubistis.
ADVERTISEMENT
Menariknya, masih banyak mural lain di sudut-sudut kota Perth, seperti di Wolf Lane, Prince Lane hingga Wellington Street. Tak heran jika, mural-mural di Australia Barat kerap jadi spot foto buruan wisatawan, khususnya para pecinta seni.

2. Nongkrong di Coffee Shop

Mural-mural yang ada di kawasan Urban Art, Fremantle Foto: Dok. Tourism Western Australia
zoom-in-whitePerbesar
Mural-mural yang ada di kawasan Urban Art, Fremantle Foto: Dok. Tourism Western Australia
Selain dipenuhi beragam mural-mural menarik, Australia Barat juga terkenal memiliki kafe dan coffee shop (kedai kopi) yang wajib dicoba wisatawan saat berkunjung.
Kalau kamu sedang berada di sekitar area Perth CBD, tak ada salahnya mampir ke Heno & Rey, salah satu kafe yang menyajikan beragam kuliner khas Spanyol. Uniknya kafe ini menyajikan berbagai hidangan ‘tapas’ sejenis makanan yang disajikan dalam porsi yang kecil.
Ada beberapa menu yang disajikan di kafe ini, seperti Kingfish Ceviche, Tuna Tartare, Rump Cap Tartare, Croquettas, Pink Snapper, dan lain sebagainya. Tersedia pula beragam minuman seperti jus, kopi, hingga cocktail.
ADVERTISEMENT
Kafe ini juga menjadi salah satu tempat favorit untuk bersantai di Perth, lho. Sayangnya, kamu mesti bersabar karena kafe ini tutup sementara hingga pemberitahuan lebih lanjut.
Meski demikian, tak perlu khawatir, ada kafe lain yang bisa kamu datangi saat berada di kawasan Maddington, Australia Barat yaitu Pinjarra Bakery.
Menggabungkan konsep kafe dan bakery shop, Pinjarra Bakery menyuguhkan etalase kue yang menarik dengan aneka pastry jadi tempat yang cocok buatmu para penggemar kopi yang ingin bersantai atau ngumpul bareng teman-teman.
Ada beberapa menu yang bisa kamu coba di sini, seperti Beef Mince, Potato Beef, Sausage Roll, Vanilla Slice, The Great Australian Bite, dan menu lainnya.
Ingin merasakan cita rasa langsung kopi khas Australia? Gesha Coffee adalah kafe yang tak boleh kamu lewatkan saat mampir ke daerah Fremantle, Australia Barat. Kafe satu ini wajib masuk wishlist buat kamu si pecinta kopi.
ADVERTISEMENT
Selain dikenal sebagai roaster atau pemasok kopi di Australia, kafe ini adalah salah satu kedai kopi lokal bagi pecinta kopi di Perth dan di sekitar Australia, lho.
Kamu juga bisa mengunjungi kafe lain seperti The Henley Brook atau Commonage Coffe yang menawarkan tempat yang cozy buat kamu yang ingin bersantai sambil menikmati kopi.

3. Merasakan Pengalaman Suku Aborigin

Merasakan Pengalaman Suku Aborigin Foto: Dok. Tourism Western Australia
zoom-in-whitePerbesar
Merasakan Pengalaman Suku Aborigin Foto: Dok. Tourism Western Australia
Dikenal sebagai salah satu suku tertua di dunia, Suku Aborigin merupakan suku asli yang ada di Australia Barat. Tak hanya sekadar sejarah, kamu juga bisa merasakan langsung pengalaman Suku Aborigin lewat berbagai warisan dan kebudayaannya.
Ada beberapa tempat untuk melihat langsung warisan dan budaya suku yang mendiami Australia Barat sejak ribuan tahun yang lalu ini. Salah satunya adalah di Kodja Place yang terletak di 143 Albany Highway, Kojonup, Australia Barat.
ADVERTISEMENT
Di sini wisatawan disuguhkan berbagai peninggalan seperti benda-benda bersejarah yang pernah digunakan Suku Aborigin, seperti rekaman suara, foto, karya seni Suku Aborigin, hingga para pemukim asli Kojonup.
Menariknya lagi, wisatawan juga disajikan berbagai diorama yang menjelaskan tentang kehidupan Suku Aborigin di masa lampau. Sedangkan di Kodj Gallery, kamu diajak menyaksikan langsung bagaimana perjalanan dari kehidupan tradisional Suku Noongar ke arah yang lebih modern. Di sini wisatawan juga bisa bertemu dengan para elders atau tetua dari Suku Noongar.
Cave hopping di Gua Ngilgi Foto: Dok. Tourism Western Australia
zoom-in-whitePerbesar
Cave hopping di Gua Ngilgi Foto: Dok. Tourism Western Australia
Selanjutnya, kamu juga bisa menemukan jejak laun Suku Aborigin saat berkunjung ke daerah South West, tepatnya di Gua Ngilgi. Konon, nama gua ini diambil dari salah satu roh yang ada di mimpi Suku Aborigin.
ADVERTISEMENT
Menurut cerita, ‘Ngilgi’ sendiri adalah roh baik yang tinggal di laut sedangkan ‘Wolgine’ digambarkan sebagai roh jahat yang menempati gua tersebut.
Singkat cerita, kedua roh tersebut berseteru hingga akhirnya, roh jahat atau Wolgine meninggalkan gua tersebut. Hal itulah yang membuat gua ini disebut sebagai Gua Ngilgi. Oleh karena itu, kamu bisa menemukan jejak-jejak sejarah Suku Aborigin di gua ini.
Lain cerita dengan di kawasan Cape Naturaliste, kamu justru bisa mengenal keberadaan Suku Aborigin lebih jauh lewat salah satu tur yang ada di sana. Misalnya saja dengan ikut Cape Cultural Tours, kamu diajak menjelajahi lebih jauh warisan sejarah dan kebudayaan Suku Aborigin di sepanjang tanjung dan garis pantai yang spektakuler di wilayah Margaret River.
ADVERTISEMENT
Jika masih kurang, kamu juga bisa menemukan warisan sejarah Suku Aborigin di Bunbury City, Koombana Bay, Albany hingga ke Great Southern.

4. Menikmati Kuliner Lokal

com-Menikmati pemandangan di Margaret River Foto: Dok. Tourism Western Australia
zoom-in-whitePerbesar
com-Menikmati pemandangan di Margaret River Foto: Dok. Tourism Western Australia
Selain terkenal dengan alamnya yang indah, Australia Barat juga memiliki deretan kuliner yang menggugah selera. Ada beberapa restoran yang bisa kamu kunjungi, sepeti Baltzhazar Restaurant dengan cita rasa lokalnya yang khas. Restoran satu ini juga menawarkan anggur pilihan yang tentunya sayang untuk dilewatkan.
Selanjutnya, kamu juga bisa mengunjungi Fraser’s Restaurant dengan beragam kuliner lokal. Restoran ini menawarkan masakan kontemporer yang bisa dicoba, seperti Salted Pistachios, Chicken Breast, Yellowfin Tuna Tataki & Salmon dan lainnya.
Wisatawan yang tengah berwisata kuliner di Fremantle Fishing Boat Harbour, Australia Barat
 Foto: Dok. Tourism Western Australia
zoom-in-whitePerbesar
Wisatawan yang tengah berwisata kuliner di Fremantle Fishing Boat Harbour, Australia Barat Foto: Dok. Tourism Western Australia
Restoran satu ini juga sangat cocok buat kamu yang ingin makan bersama atau menggelar party bareng sahabat ataupun keluarga. Sebab restoran ini menawarkan private dining room & terrace untuk 28 orang, serta cocktail party dengan kapasitas 50 orang. Namun, kamu harus melakukan pemesanan terlebih dahulu.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Fremantle Fishing Boat Harbour, Chakra Restaurant, hingga Freo Social adalah beberapa restoran lain yang bisa kamu kunjungi di Australia Barat.
Enggak hanya menikmati kuliner otentik khas Australia Barat, kamu juga bisa mengikuti beragam festival kuliner yang memanjakan lidah. Salah satunya adalah festival Western Australia Gourmet Escape (WAGE).
Festival yang akan digelar pada 17-21 November 2021 ini merupakan sebuah festival kuliner terkenal yang mampu menarik para pecinta kuliner dari seluruh dunia.
Para traveler akan dimanjakan dengan berbagai acara kuliner seperti Gourmet Beach BBQ dan The Village. Selain itu, ada pulau festival kuliner tahunan lain yang bisa kamu jelajahi saat berlibur di Australia Barat seperti Truffle Kerfuffle Festival (25-27 Juni), Cabin Fever (16-25 Juli), serta Manjimup Farmers Market yang digelar setiap tanggal 1 dan 3 setiap bulannya.
ADVERTISEMENT

5. Menyaksikan Berbagai Festival

Ilustrasi menikmati festival di Australia Barat Foto: Dok. Tourism Western Australia
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menikmati festival di Australia Barat Foto: Dok. Tourism Western Australia
Selain menawarkan berbagai tempat wisata dan restoran, Australia Barat juga menghadirkan banyak festival yang bisa dikunjungi wisatawan. Beberapa festival menarik yang bisa kamu kunjungi seperti festival musik, seni, olahraga, hingga bunga.
Bagi kamu pecinta musik, Perth International Jazz Festival yang digelar pada bulan September hingga November mendatang. Selain itu, Fremantle Winter Music, hingga Laneway Festival adalah festival yang wajib kamu kunjungi.
Fringe World Festival, Perth Foto: Dok. Tourism Western Australia
zoom-in-whitePerbesar
Fringe World Festival, Perth Foto: Dok. Tourism Western Australia
Kamu bisa menyaksikan panggung musik yang menampilkan artis-artis lokal hingga mancanegara. Sedangkan bagi kamu penikmat karya seni, ada beberapa festival yang bisa kamu kunjungi seperti Fremantle Street Art Festival yang digelar pada 15-18 April, Sculpture by the Sea yang digelar di Pantai Cottesloe pada 4-21 Maret 2022.
ADVERTISEMENT
Selain itu ada juga Fringe Festival yang digelar pada 14 Januari - 13 Februari 2022, menampilkan parade pertunjukkan seni menarik bagi wisatawan.
Jadi, sudah siap untuk #AdventureAwaits di Australia Barat?
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020