5 Negara dengan Hari Libur Terbanyak di Dunia, Ada yang Hampir Sebulan

22 Desember 2022 7:23 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi traveler bahagia yang traveling dengan smartphone. Foto: Tom Wang/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi traveler bahagia yang traveling dengan smartphone. Foto: Tom Wang/Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hari libur menjadi salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu banyak orang. Selain bisa melepas penat setelah beraktivitas, hari libur menjadi waktu yang tepat untuk menikmati liburan.
ADVERTISEMENT
Bicara soal hari libur, kamu tentu tahu bahwa Indonesia memiliki jumlah libur yang berbeda-beda setiap tahunnya. Hal ini berkaitan dengan keputusan yang dikeluarkan pemerintah.
Selain akhir pekan, hari libur ditetapkan secara rutin setiap tahunnya di berbagai belahan dunia sebagai tanggal penting atau agenda perayaan besar. Pertanyaannya, di manakah negara yang memiliki hari libur paling banyak?
Berikut ulasannya sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kamboja (28 hari)

Ilustrasi Kamboja Foto: Shutter stock
Negara yang terkenal dengan Angkor Watt-nya ini ternyata memiliki libur yang cukup panjang. Bukan isapan jempol belaka, libur nasional di Kamboja bisa mencapai 28 hari atau hampir sebulan.
Menariknya, jumlah hari libur tersebut nyatanya mengalami penurunan jika dilihat dari jumlah pada tahun-tahun sebelumnya. Di tahun 2020 misalnya, jumlah hari libur nasional di Kamboja bertambah hingga 31 hari.
ADVERTISEMENT
Ada beberapa alasan kenapa Kamboja memiliki hari libur yang terbilang banyak. Selain acara keagamaan, perayaan ulang tahun raja dan ratu yang dirayakan secara semarak selama 3 hari berturut-turut pada bulan Mei juga jadi faktor terbesar.
Tak hanya itu saja, para pekerja juga memiliki cuti yang banyak, yakni 15 hari, sedangkan pekerja lainnya memiliki jatah cuti 18 hari setiap tahunnya.

2. Iran (26 hari)

Ilustrasi wanita Iran. Foto: AFP/ATTA KENARE
Iran menjadi negara berikutnya dengan jumlah hari libur terbanyak di dunia. Negara Persia tersebut ternyata memiliki hari libur sebanyak 26 hari.
Iran memiliki libur yang cukup banyak, karena memiliki sistem hari libur nasional yang kompleks.
Negara tersebut setidaknya menggunakan tiga kalender yang berbeda berdasarkan tradisi dan juga acara keagamaan.
ADVERTISEMENT
Hal itulah yang membuat Iran memiliki jumlah libur lebih banyak. Menariknya, di luar jumlah libur tersebut, ternyata pemerintah Iran terkadang menyelipkan hari libur lainnya setiap tahunnya.

3. Sri Lanka (26 hari)

Ilustrasi pariwisata di Sri Lanka. Foto: AFP/Lakruwan Wanniarachchi
Sama seperti Iran, Sri Lanka juga memiliki jumlah hari libur yang terbilang banyak. Negara yang sebelumnya dikenal dengan Ceylon ini berada di posisi ketiga sebagai negara dengan hari libur terbanyak di dunia.
Negara kepulauan di Asia Selatan ini memiliki 26 hari libur nasional dalam beberapa tahun. Ini terutama karena Sri Lanka adalah masyarakat yang beragam secara budaya dengan banyak festival.

4. India (25 hari)

Ilustrasi keluarga India yang tengah merayakan Diwali. Foto: StockImageFactory.com/Shutterstock
Sebagai negara yang memiliki banyak festival keagamaan, India menjadi negara dengan hari libur terbanyak di dunia berikutnya. Rata-rata negara tersebut memiliki 25 hari libur nasional dalam setahun.
ADVERTISEMENT
Menariknya, hari libur di India ternyata memiliki jumlah yang bervariasi atau berbeda-beda. Sebagai contoh, ada 14 hari libur nasional di Delhi. Sedangkan di negara bagian lainnya yakni Odisha, hari libur nasional bisa sampai 34 hari.
Ini karena ada banyak perayaan hari besar negara dan keagamaan seperti Diwali, Maha Shivratri, Guru Nanak Jayanti, Vaisakhi, Idul Fitri, Muharram, dan Natal.

5. Myanmar (21-25 hari)

Ilustrasi kuil indah di Myanmar. Foto: Patrick Foto/Shutterstock
Selanjutnya, Myanmar menjadi negara yang memiliki hari libur nasional terbanyak di dunia. Salah satu negara ASEAN tersebut memiliki hari libur nasional hingga 25 hari, bergantung pada tahunnya.
Myanmar memiliki banyak hari libur keagamaan, seperti Awal Prapaskah Budha, Natal, Idul Adha,dan Diwali.
Selain itu, negara tersebut juga merayakan beberapa hari bersejarah lainnya, seperti Hari Kemerdekaan yang digelar setiap tanggal 4 Januari, serta Hari Perlawanan pada 27 Maret setiap tahunnya.
ADVERTISEMENT
Banyaknya hari libur di Myanmar, karena negara tersebut dikenal dengan masyarakatnya yang multikultural.