Food & Travel
·
23 Januari 2021 16:58

5 Spot Camping Seru di Yogyakarta untuk Liburan Akhir Pekan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Spot Camping Seru di Yogyakarta untuk Liburan Akhir Pekan (47558)
Ilustrasi berkemah di alam terbuka. Foto: Shutter Stock
Camping atau berkemah bisa menjadi salah satu alternatif aktivitas seru buat kamu yang ingin liburan akhir pekan di tengah pandemi. Yogyakarta pun bisa jadi lokasi terbaik buat kamu yang ingin mencari spot terbaik untuk camping.
5 Spot Camping Seru di Yogyakarta untuk Liburan Akhir Pekan (47559)
Ilustrasi berkemah di alam terbuka. Foto: Shutter Stock
Selain pesonanya yang indah, deretan tempat ini menawarkan nuansa yang dijamin tak akan kamu dapatkan di tempat lain.
ADVERTISEMENT
Di mana saja itu? Yuk, simak ulasannya.

1. Puncak Kosakora

Terletak di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjung Sari, Gunung Kidul, Puncak Kosakora jadi spot camping yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Yogyakarta. Pemandangannya yang indah dan menghadap langsung ke pantai membuat tempat ini jadi salah satu langganan wisatawan untuk berkemah.
Dari Puncak Kosakora kamu bisa menikmati keindahan Pantai Drini Yogyakarta yang indah. Selain menikmati indahnya pantai, kamu juga bisa menikmati indahnya sunset (matahari terbenam) di tempat ini.
Namun sebelum berkemah di sini, kamu butuh ekstra tenaga lebih karena harus trekking selama beberapa menit untuk mencapai puncaknya. Walau demikian, kamu tidak akan kecewa dengan pemandangan indah yang tersaji sejauh mata memandang.
ADVERTISEMENT
Kamu juga tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, karena untuk berkemah di sini kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 10 ribu per malamnya. Harga tersebut belum termasuk tiket parkir motor dan mobil ya.

2. Bukit Klangon

Buat kamu yang sering bolak-balik ke Yogyakarta pasti sudah tidak asing dengan spot kemah yang satu ini. Ya, Bukit Klangon merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib kamu sambangi saat datang ke Kota Gudeg.
Terletak di Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Bukit Klangon menawarkan suasana pegunungan yang sejuk dan indah. Letaknya yang berada di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut membuatmu bisa menyaksikan hamparan perkebunan dan perbukitan yang hijau.
Untuk berkemah di tempat ini kamu hanya perlu merogoh kocek mulai Rp 15 ribu per orang.
ADVERTISEMENT

3. Pantai Greweng

Pantai Greweng bisa jadi pilihan buat kamu yang ingin berkemah tapi tak jauh-jauh dari pantai. Terletak di Desa Jepitu, Girisubo, Gunung Kidul, Pantai Greweng menawarkan suasana yang berbeda dari spot camping sebelumnya.
Pantai ini terkenal akan panoramanya yang memukau dan memanjakan mata. Pasir putih dan deburan ombak yang seakan menyapa membuat suasana camping di tempat ini dijamin tak akan kamu temukan di tempat lain.
Selain itu, menikmati indahnya sunrise menjadi agenda wajib yang bisa kamu lakukan saat berkemah di tempat ini.
Untuk berkemah di tempat ini kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp 10 ribu. Namun, belum termasuk biaya parkir kendaraan ya.

4. Waduk Sermo

ADVERTISEMENT
Dari pantai kita bergeser ke waduk, kamu juga bisa menemukan spot camping menarik di Yogyakarta. Apa lagi kalau bukan Waduk Sermo.
Terletak di Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Waduk Sermo menawarkan panorama alam perbukitan Manoreh yang memukau. Letak waduk ini berada di antara dua bukit yang eksotis dikelilingi dengan hutan hijau yang menyejukkan.
Waduk Sermo merupakan rekomendasi yang tepat buat kamu yang ingin berkemah.
Untuk menikmati keindahan tempat ini kamu hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp 10 ribu.

5. Bukit Pengilon

Terakhir, Bukit Pengilon di Gunung Kidul bisa jadi spot camping-mu di Yogyakarta. Bukit Pengilon merupakan salah satu wisata alam yang terkenal akan keindahannya.
Wisatawan disuguhkan dengan pemandangan yang menakjubkan serta indahnya Pantai Gunungkidul dari atas ketinggian.
ADVERTISEMENT
Ada banyak kegiatan yang ditawarkan di tempat ini. Selain berkemah, kamu juga bisa trekking atau menikmati indahnya Pantai Gunungkidul.
Tak heran karena pesonanya itu Bukit Pengilon sering dijadikan tempat camping ground bagi wisatawan yang ingin menikmati lebih dekat keindahan alam di Gunungkidul.
Untuk menikmati keindahan tempat ini kamu juga tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Karena kamu cukup membayar Rp 5-10 ribu saja.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)