Food & Travel
·
7 Desember 2020 17:59

5 Wisata Salju di Indonesia yang Bikin Liburan Serasa di Luar Negeri

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Wisata Salju di Indonesia yang Bikin Liburan Serasa di Luar Negeri (15387)
searchPerbesar
Ilustrasi wanita yang menikmati indahnya salju Foto: Shutter Stock
Saat musim dingin, salju umumnya bisa kamu temukan dengan mudah saat liburan di luar negeri atau negara-negara empat musim lainnya. Enggak perlu jauh-jauh ke luar negeri, ternyata kamu juga bisa menikmati indahnya salju di Indonesia, lho.
ADVERTISEMENT
Meski Indonesia bukan termasuk negara dengan empat musim, ternyata kamu bisa menemukan salju di deretan tempat wisata ini. Di mana saja? Yuk, simak ulasan berikut.

1. Dataran Tinggi Dieng, Wonosobo

5 Wisata Salju di Indonesia yang Bikin Liburan Serasa di Luar Negeri (15388)
searchPerbesar
Embun es laksana salju di Dieng Foto: Twitter @Sutopo_PN
Jika salju biasanya bisa ditemukan saat musim dingin, salju di dataran tinggi Dieng justru bisa kamu temukan di bulan-bulan menjelang musim kemarau (akhir Juni sampai Agustus). Salju di dataran tinggi Dieng ini dikenal sebagai embun upas.
Embun upas sendiri merupakan fenomena embun pagi yang membeku dan menjadi es, karena suhu udara yang mencapai titik beku 0 derajat Celcius.
Hamparan embun upas di atas rerumputan inilah yang membuatmu serasa berada di Eropa.

2. Puncak Carstensz, Jayawijaya

Dari Wonosobo ke Jayawijaya, Papua, kamu juga bisa menyaksikan indahnya hamparan salju kala mendaki Puncak Cartensz. Puncak yang merupakan bagian dari Pegunungan Jayawijaya ini menyajikan pemandangan salju abadi yang tidak kalah dengan pegunungan di Eropa.
ADVERTISEMENT
Di sinilah satu-satunya gletser tropis berada. Untuk bisa mencapai puncak Carstensz tentunya kamu harus melakukan banyak persiapan fisik, serta teknik pendakian khusus untuk gunung bersalju.
Sebab, Puncak Cartensz adalah salah satu dari tujuh puncak gunung tertinggi di dunia atau Seven Summits.

3. Puncak Soemantri

Masih berada di kawasan Pegunungan Jayawijaya, kamu bisa menemukan salju di puncak Soemantri. Puncak Soemantri berada sekitar 2 kilometer ke arah utara dari puncak Carstensz.
Berada di ketinggian 4.870 mdpl, puncak Soemantri masih lebih rendah dibandingkan dengan puncak Cartensz.
Meski saljunya tidak sebanyak di Carstensz, namun pesona salju di puncak semakin indah dengan jurang yang mengelilingi hamparan salju putih.

4 Snow World International, Bekasi

ADVERTISEMENT
Kalau tidak ingin pergi jauh mendaki gunung, kamu tetap bisa kok melihat salju dan es ala Eropa. Coba saja datang ke Snow World International Bekasi di Revo Town.
Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 60 ribu, kamu bisa sepuasnya bermain di dalam area bersalju yang dingin tapi menyenangkan.
Kamu bisa mencoba aneka permainan seperti papan seluncur salju, membuat patung manusia salju hingga berfoto bersama hewan-hewan kutub seperti penguin dan beruang. Walau demikian tampaknya kamu mesti bersabar, karena tempat wisata yang satu ini masih ditutup akibat pandemi COVID-19.

5. Gardenice Rink, Bandung

Sensasi liburan ala musim dingin juga bisa kamu rasakan dengan bermain ice skating. Salah satu tempat yang bisa kamu tuju adalah Gardenice Rink yang terletak di mal Paris van Java, Bandung.
ADVERTISEMENT
Begitu masuk ke tempat ini, kamu bakal langsung disuguhkan hawa dingin layaknya berada di negara-negara Eropa. Hal ini karena pihak pengelola menggunakan permukaan es asli untuk arena ice skating mereka.
Untuk menikmati tempat wisata ini kamu perlu merogoh kocek mulai dari Rp 120 ribu per orangnya saat weekdays dan Rp 140 ribu saat weekend.
Saat berwisata jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan yang berlaku, ya. Jangan lupa untuk memakai masker, menjaga jarak, dan tidak bepergian kalau kondisi tubuh sedang kurang fit.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)