kumparan
search-gray
Food & Travel1 Februari 2018 14:11

6 Maskapai Penerbangan yang Mengizinkan Awak Kabinnya Berhijab

Konten Redaksi kumparan
6 Maskapai Penerbangan yang Mengizinkan Awak Kabinnya Berhijab (401972)
Awak kabin NAM Air (Foto: Instagram @uthfiaashyfa )
Sekarang, hijab bukan lagi menjadi penghalang dalam bekerja. Kini sudah banyak perusahaan yang mengizinkan pegawainya mengenakan hijab saat bekerja atau menunaikan tugasnya. Salah satunya adalah pramugari.
ADVERTISEMENT
Tak lagi identik dengan pakaian yang membentuk lekuk tubuh, awak kabin nyatanya juga diizinkan untuk berhijab. Bahkan, beberapa maskapai penerbangan sudah mengizinkan para awak kabinnya untuk memakai pakaian yang lebih tertutup, sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya.
Lalu, maskapai apa saja yang menerapkan peraturan ini? Berikut penjelasannya.
1. Saudia Arabian Airlines
Sesuai dengan namanya, maskapai asal Saudi Arabia mengizinkan awak kabinnya berhijab. Seragam yang digunakan juga benar-benar tertutup yang dilengkapi dengan headscraft untuk menutupi telinga dan rambut.
2. Meraj Airlines
Salah satu maskapai penerbangan asal Iran ini juga memperbolehkan para awak kabinnya untuk mengenakan hijab ketika bekerja. Seragam yang dikenakan berwarna biru dan merah, yang dipadukan dengan pita merah dibagian leher.
ADVERTISEMENT
Para pramugari yang mengenakan hijab pun coba memadu padankannya dengan hijab berwarna hitam, dan topi berwarna biru.
3. Royal Brunei Airlines
Maskapai penerbangan asal Brunei Darussalam ini memiliki seragam berwarna biru dan pink salmon, dengan hijab warna senada untuk para pramugari yang berhijab. Juga dipadukan dengan topi berwarna sama.
4. Rayani Airlines
Dahulu Rayani Airlines merupakan maskapai pertama di Malaysia yang menerapkan peraturan berbasis Syariah kepada para awak kabinnya. Dengan pramugarinya yang wajib mengenakan hijab, makanan yang disajikan pun tentunya halal.
Selain itu, maskapai ini juga tidak menyediakan alkohol dalam penerbangan mereka. Namun sayangnya, kini Rayani Air telah ditutup.
5. NAM Air
Dari dalam negeri ada NAM Air yang sejak pertama melakukan penerbangan, tepatnya sejak 2013 lalu sudah mengizinkan para awak kabinnya untuk menggunakan hijab. Anak perusahaan dari Maskapai Sriwijaya Air ini memiliki seragam berwarna biru, ditambah hijab dengan warna senada.
ADVERTISEMENT
6. Sriwijaya
Disusul oleh Sriwijaya yang akhirnya mengizinkan para awak kabinnya untuk mengenakan hijab. Bahkan, Sriwijaya juga mengajak penumpangnya untuk berdoa bersama sebelum lepas landas. Seragam berwana ungu atau merah, lengkap dengan hijab yang dikenakan pramugari akan mengantar para penumpang ke kota tujuan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white