Food & Travel
·
5 April 2018 19:02

7 Fakta Menarik Amerika Serikat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Fakta Menarik Amerika Serikat (437736)
Ilustrasi memotret patung Liberty di Amerika Serikat Foto: Shutter Stock
Amerika Serikat, negara Super Power yang dikenal juga sebagai negara Paman Sam ini adalah sebuah negara yang dikenal luas oleh penduduk dunia, bahkan Indonesia. Memiliki 50 negara bagian dengan luas wilayah 9,83 juta kilometer persegi, negara ini bukan hanya menjadi tujuan wisata, tapi juga tempat menempuh pendidikan, bekerja, dan mengejar mimpi sebagai aktris maupun aktor di Hollywood.
ADVERTISEMENT
Menjadi negara dengan perekonomian terbesar di dunia, Amerika Serikat memiliki banyak fakta unik. Salah satunya adalah Patung Liberty yang dikenal sebagai ikon kota New York, padahal berada di New Jersey. Ingin tahu lebih banyak lagi? Simak artikel berikut ini, ya!
1. Asal sebutan 'Paman Sam'
7 Fakta Menarik Amerika Serikat (437737)
Perangko bergambar Paman Sam yang dibatalkan percetakannya oleh Amerika Serikat Foto: Shutterstock
Seorang penyuplai daging kelahiran Menotomy (yang sekarang bernama Arlington), bernama Samuel Wilson bertugas untuk mengirimkan daging pada tentara Amerika di masa perang. Pria kelahiran 1766 itu menyimpan dagingnya dalam tong-tong kayu sebelum dikirim ke barak-barak tentara.
Ia lantas menuliskan US yang berarti United States di permukaan tongnya. Para tentara yang menerima daging ternyata salah mengira arti tulisan tersebut dan mengira US adalah singkatan dari Uncle Sam.
ADVERTISEMENT
Sejak saat itu, julukan Uncle Sam semakin melekat pada Amerika, karena digunakan dalam radio dan surat. Sebutan Uncle Sam atau Paman Sam semakin melejit sejak dijadikan figur yang dibuat oleh James Montgomery Flagg dan Thomas Nast dalam kartun bertema politik.
2. Tidak punya bahasa nasional selain bahasa Inggris
7 Fakta Menarik Amerika Serikat (437738)
Jauhkan ponsel saat melakukan interaksi langsung Foto: Unsplash
Tidak seperti Indonesia yang punya bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu karena beragamnya suku, budaya, dan bahasa, Amerika Serikat memilih menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa nasionalnya
Bahasa Inggris dipilih karena digunakan oleh mayoritas penduduk Amerika, meskipun 45 juta penduduknya mengaku keturunan Jerman. Selain itu, bahasa Inggris terpilih karena menang dari bahasa Jerman pada debat kongres yang diadakan di tahun 1795.
3. Negara dengan tingkat obesitas tertinggi di dunia
7 Fakta Menarik Amerika Serikat (437739)
Ilustrasi obesitas. Foto: jarmoluk via Pixabay
Kalau kamu berniat traveling ke Amerika Serikat karena terpengaruh dengan pencitraan dari film Hollywood yang menggambarkan pria dan wanita yang elok dengan tubuh langsing dan atletis, sepertinya kamu akan kecewa.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, 33% populasi di Amerika Serikat menderitas obesitas dan 66% sisanya mengalami kelebihan berat badan. Enggak heran, karena makanan di Amerika biasanya juga disediakan dalam porsi besar.
4. Bendera kebangsaan negara didesain oleh anak SMA.
7 Fakta Menarik Amerika Serikat (437740)
Ilustrasi Cover Bendera AS Foto: Pixabay
Bendera Amerika Serikat yang berwarna merah, biru, dan dihiasi bintang itu pasti tidak asing bagi kamu. Tapi, tahukah kamu kalau bendera tersebut didesain oleh seorang anak SMA bernama Bob Heft pada tahun 1958 sebagai pekerjaan dalam proyek sekolahnya dan mendapat nilai B minus karena sang guru tidak puas dengan hasilnya?
Ya, karena tidak puas, ia menanyakan alasan sang guru yang kemudian dijawab dengan sebuah tantangan. Nilai Heft akan diubah jika desain benderanya diterima oleh Washington. Desain ini kemudian digunakan oleh pemerintah Amerika setelah Heft menulis surat secara terus menerus ke Gedung Putih.
ADVERTISEMENT
5. Donat gratis pada Hari Donat Nasional
7 Fakta Menarik Amerika Serikat (437741)
Sehatkah Donat untuk Anak? Foto: Pixabay
Amerika Serikat ternyata punya Hari Donat Nasional atau National Doughnut Day yang diadakan setiap hari Jumat pertama di bulan Juni. Pada perayaan ini akan banyak toko-toko yang memberi donat gratis. Perayaan ini awalnya dibuat oleh The Salvation Army di Chicago untuk menghormati anggotanya yang menyiapkan roti bagi para tentara Amerika semasa Perang Dunia I.
Perayaan hari donat juga bukan hanya satu kali saja dalam setahun, karena masih ada International Jelly-Filled Doughnut Day yang dirayakan pada tanggal 8 Juni, National Cream-Filled Doughnut Day yang dirayakan pada 14 September, dan National Boston Cream Pie Day pada 23 Oktober.
6. Bisa klaim pulau jadi milik pribadi kalau ada 'kotoran burung' di tanahnya
7 Fakta Menarik Amerika Serikat (437742)
Midway Atoll di Amerika Serikat Foto: Wikimedia Commons
The Guano Island Act of 1856 mungkin adalah salah satu undang-undang yang jarang kamu dengar. Undang-undang ini memungkinkan kamu memiliki pulau pribadi
ADVERTISEMENT
Apabila kamu menemukan guano atau sebutan lain dari kotoran burung maupun kelelawar di pulau, batu karang, atau dataran tertentu yang tidak masuk ke dalam yurisdiksi sah Pemerintah, maka pulau tersebut dapat menjadi hak milik orang-orang yang tinggal di tempat tersebut. Lebih dari 100 pulau di seluruh dunia diklaim dengan cara ini, termasuk Midway Island.
7. Amerika Serikat Punya Gunung yang Lebih Tinggi dari Everest
7 Fakta Menarik Amerika Serikat (437743)
Gunung Mauna Kea di Hawaii Foto: Shutterstock
Puncak Gunung Everest dikenal sebagai yang tertinggi di dunia karena memiliki ketinggian 8.850 meter di atas permukaan laut. Tapi, apabila diukur dari titik puncak ke dasar, ada gunung yang lebih tinggi dari Everest.
Dilansir National Geographic, Mauna Kea, sebuah gunung berapi tak aktif di Hawaii punya ketinggian 10.203 meter. Sayangnya, sebagian besar badan gunung berada di dasar laut.
ADVERTISEMENT
Hanya 4.205 meter saja dari bagian gunung yang berada di atas permukaan laut. Itu sebabnya gunung ini bukan jadi yang tertinggi di dunia.