kumparan
search-gray
Food & Travel17 Mei 2020 16:57

7 Negeri di Atas Awan Indonesia yang Bikin Rindu Jalan-jalan

Konten Redaksi kumparan
7 Negeri di Atas Awan Indonesia yang Bikin Rindu Jalan-jalan (818794)
Sunrise Point Cukul di Bandung yang menawan Foto: Shutterstock
Pemandangan alam yang indah memang manjur banget jadi obat untuk melepas penat. Biasanya orang-orang memilih pantai sebagai tujuannya.
ADVERTISEMENT
Tapi jangan salah, kamu bisa juga, lho mengunjungi pegunungan untuk melepas penat. Udara pegunungan yang sejuk bisa membuat kamu tenang. Apalagi hamparan lautan awan yang akan membuat kamu terpesona.
Nah, berikut tujuh rekomendasi tempat wisata yang dijuluki sebagai Negeri di Atas Awan yang dijamin bikin kamu makin rindu jalan-jalan. Simak, yuk!

1. Kebun Buah Mangunan, Yogyakarta

Kebun Buah Mangunan menjadi salah satu tempat wisata yang menyajikan pemandangan lengkap. Yup, dari atas sini kamu bisa menyaksikan perbukitan hijau yang diselimuti awan luas.
Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati indahnya lembah, hutan hingga sungai. Kebun Buah Mangunan terkenal dengan sebutan negeri di atas awan.
Lokasinya berada di ketinggian dan ditanami ribuan pohon buah-buahan. Banyaknya tumbuhan membuat udara semakin sehat dan sejuk sehingga menenangkan.
ADVERTISEMENT
Kebun Buah Mangunan terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Harga tiket untuk masuk ke sana pun sangat murah, cukup Rp 5 ribu saja.

2. Sunrise Point Cukul, Bandung

Tempat wisata di atas awan yang ini sudah tidak asing lagi bagi warga Bandung. Meskipun tergolong wisata baru, ternyata peminatnya sudah sangat banyak.
Sunrise Point Cukul juga digadang-gadang sebagai spot sunrise terbaik di Pangalengan. Tempat ini menawarkan pemandangan pemandangan matahari terbit dari ketinggian 1600 meter di atas permukaan laut.
Kamu bisa menyaksikan matahari menyembul dari balik Gunung Wayang yang dilapisi awan tebal. Tak hanya itu, hamparan kebun teh yang luas juga menjadi pelengkap. Instagenic banget, deh!
ADVERTISEMENT

3. Pusuk Buhit, Samosir

Pusuk Buhit menjadi lokasi favorit para pelancong yang datang ke Pulau Samosir, Sumatera Utara. Banyak panorama alam yang bisa dinikmati di negeri di atas awan ini.
Kamu bisa menyaksikan lautan awan dari bukit ketinggian 1982 meter di atas permukaan laut pada pagi hari. Kamu juga bisa melihat keindahan Danau Toba dari sini.
Selain menyimpan keindahan, Pusuk Buhit menyimpan legenda lahirnya Suku Batak, lho. Menarik banget, ya.

4. Puncak Si Kunir Dieng, Wonosobo

Puncak Si Kunir Dieng ini terkenal dengan Golden Sunrise-nya. Lokasinya di Desa Sembungan yang merupakan desa tertinggi di Indonesia membuat tempat ini sangat terkenal.
Banyak wisatawan berburu keeksotisan matahari terbit dari sini. Selain itu, bentang alam yang berselimut lautan awan juga menjadi salah satu andalan tempat wisata ini.
ADVERTISEMENT

5. Puncak Seruni, Probolinggo

7 Negeri di Atas Awan Indonesia yang Bikin Rindu Jalan-jalan (818795)
Pemandangan dari Puncak Seruni di Probolinggo yang apik Foto: Shutterstock
Probolinggo juga memiliki tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alamnya. Orang-orang menyebutnya Puncak Seruni tempat yang terkenal dengan empat pilar tinggi yang mirip pura.
Dari atas bangunan ini kamu bisa menyaksikan panorama Bromo yang berselimut awan. Selain itu kamu juga akan dibuat terpesona dengan keindahan matahari terbit dan terbenam yang menawan.

6. Desa Pinggan, Bali

Ternyata kamu tidak hanya bisa menikmati matahari terbit dan tenggelam dari pantai saja. Desa Pinggan bisa menjadi tempat baru untuk menikmati pemandangan matahari terbit dari ketinggian.
Jarak Desa Pinggan dari Denpasar tidak terlalu jauh, hanya sekitar dua jam saja. Pemandangan alam berupa lautan awan dan matahari terbit akan menyambut kamu di sana dan menghapus rasa lelahmu selama perjalanan.
ADVERTISEMENT
Dijamin, kamu tak akan menyesal setelah menempuh perjalanan jauh untuk sampai ke sana. Kalau yang sudah pernah ke sana, dijamin bakal rindu untuk bakal balik lagi. Iya, kan?

7. Kampung Lolai, Toraja

7 Negeri di Atas Awan Indonesia yang Bikin Rindu Jalan-jalan (818796)
Indahnya Bukit Paralayang di Lolai, Toraja Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Jika kamu memang pemburu matahari terbit, maka kamu harus sampai ke Kampung Lolai, Toraja, sebelum pukul 04.00 WITA. Kampung ini memang menjadi spot andalan sunrise di Sulawesi Selatan.
Perlahan kamu akan melihat matahari yang menyembul dari balik pegunungan. Kamu akan berkesempatan melihat indahnya permadani awan dari ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut.
Laporan Hutri Dirga Harmonis
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.
ADVERTISEMENT