kumparan
23 Maret 2018 17:23

7 Wisata Bahari di Lombok yang Wajib Kamu Kunjungi

Pantai Tangsi memiliki air laut yang jernih
Pantai Tangsi memiliki air laut yang jernih. (Foto: Flickr/Misnan Shaleh)
Lombok menjadi salah satu tujuan favorit untuk berwisata dan melepas penat. Pulau 1.000 Masjid ini juga menyuguhkan pemandangan yang indah, tak kalah dari Bali atau Raja Ampat.
ADVERTISEMENT
Namun, biasanya jika berkunjung ke Lombok yang terbesit adalah Gili Trawangan. Padahal, Lombok memiliki beragam destinasi wisata yang tak kalah indah dari Gili Trawangan. Nah, penasaran apa saja? Yuk, simak!
1. Pantai Tangsi
Pantai Tangsi dengan pasir pinknya
Pantai Tangsi dengan pasir pinknya. (Foto: Flickr / Misnan Shaleh)
Pantai Pink asal Lombok ini tak kalah indah dari Pantai Pink yang berada di Pulau Komodo, NTT. Pasir pantai di sini juga berwarna merah muda yang tak kalah menawan.
Pasir pantai dengan warna pink ini berasal dari campuran antara pasir berwarna putih dengan serpihan terumbu karang yang berwarna kemerahan. Selain itu, kecantiknnya semakin bertambah karena dikelilingi oleh bukit-bukit yang indah.
Berada di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur jika kamu berkunjung ke sini harus mengeluarkan tenaga ekstra. Sebab kamu akan melewati jalan rusak yang tak dilengkapi dengan penunjuk arah. Tapi tenang, kamu bisa bertanya pada warga sekitar untuk bisa sampai ke sini.
ADVERTISEMENT
2. Pantai Kuta
Panorama Pantai Kuta
Panorama Pantai Kuta. (Foto: Flickr/Andrianto Soekarnen)
Tak hanya Bali saja yang memiliki pantai bernama Kuta. Di Lombok Tengah pun ada sebuah pantai bernama Kuta.
Pantai yang menjadi tuan rumah dalam Festival Bau Nyale ini memiliki hamparan pasir putih agak kecokelatan. Di dekat Pantai Kuta juga terdapat sebuah bukit bernama Bukit Mandalika, dari bukit ini pengunjung bisa menikmati keindahan seluruh Pantai Kuta.
Wisatawan bisa melakukan beragam aktivitas di Pantai Kuta seperti snorkeling, berselancar, hingga bermain air di tepian pantai. Jangan lupa abadikan momen berhargamu ketika berada di sini, ya!
3. Pantai Tanjung Aan
Pemandang Pantai Tanjung Aan dari Bukit Merese
Pemandang Pantai Tanjung Aan dari Bukit Merese (Foto: Flickr/Gendowor22 Gallery)
Letaknya juga tak jauh dari Pantai Kuta, kurang lebih hanya berjarak tiga kilometer. Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia ini memiliki pasir yang unik. Di satu sisi pasirnya lembut layaknya bedak bayi dan sisi lainnya pasirnya lebih besar seperti merica. Untuk menikmati keindahan Pantai Tanjung Aan dari ketinggian kamu bisa mendaki ke Bukit Merese.
ADVERTISEMENT
Dari bukit ini akan terlihat hamparan pantai yang indah. Gradasi warna air laut, pasir putih, hingga deretan bukit-bukit di sekitaran pantai akan terlihat jelas. Bukit Merese sendiri juga tak kalah indah, bahkan keindahannya membuat penyanyi, Isyana Sarasvati menjadikan Bukit Merese sebagai lokasi syuting pembuatan salah satu video clipnya.
4. Gili Kondo
Gili Kapal yang berada di tengah laut
Gili Kapal yang berada di tengah laut. (Foto: Flickr/Indonesia Vacanza)
Surga tersembunyi lainnya berada di Kecamatan Sambelia, Lombok Timur. Gili Kondo memang belum terkenal dan masih sepi dari pengunjung. Meski begitu, tempat ini tetap menawarkan pemandangan yang indah.
Kamu bisa menyewa perahu di sini dan melakukan snorkeling. Mintalah kepada empunya kapal untuk berkunjung ke Gili Bidara, Gili Lampu dan Gili Kapal. Untuk Gilii Kapal bisa kamu datangi pada sore hari ketika air sedang surut. Ketika sedang tidak pasang biasanya banyak burung-burung yang 'singgah' untuk mencari ikan.
ADVERTISEMENT
5. Pantai Senggigi
Suasana di Pantai Senggigi
Suasana di Pantai Senggigi. (Foto: Flickr/Gunawan Wasisto CA)
Kemudian ada Pantai Senggigi dengan suguhan pantai yang luas, semilir angin yang sejuk, dan terumbu karang yang indah. Kamu harus menikmati sunset di Pantai Senggigi karena pemandangan yang ditawarkan begitu cantik.
Selain memiliki pemandangan yang indah, pantai yang ombaknya tidak besar ini memiliki panorama bawah laut yang tak kalah cantik. Jadi, jika kamu berkunjung ke Pantai Senggigi jangan lupa untuk menyelami keindahan bawah lautnya, ya!
6. Pantai Tanjung Bloam
Pantai Tanjung Bloam
Pantai Tanjung Bloam. (Foto: Flickr/Rendika Iswandi)
Pantai cantik selanjutnya berada di Dusun Tangsi, Desa Temeak, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Sebenarnya pantai ini lebih dikenal sebagai tempat konservasi penyu.
Birunya air laut, pasir pantai yang putih, dan tebing-tebing menyambut wisatawan yang datang. Yang menjadi daya tarik pantai ini adalah karena memiliki batuan cadas yang mengapit Tanjung Bloam.
ADVERTISEMENT
Bagian kanan dan kiri pantai ini juga terdapat tebing cadas yang menjorok ke pantai. Batuan cadas berwarna kuning keemasan dengan corak hitam yang tak beraturan semakin menambah keindahan.
7. Pantai Nambung
Terakhir, ada Pantai Nambung yang berada di Dusun Pengantap, Desa Buwun Emas, Kecamatan Sekotong Lombok Barat. Pantai yang tenang akan menyambut kedatangan wisatawan.
Yang menarik dari pantai ini karena memilki 'air terjun' yang cantik. Air terjun ini berasal dari ombak yang menerjang karang, membentuk aliran air di antara bebatuan sehingga terbentuklah air terjun asin tersebut. Pemandangan inilah yang menjadi daya tarik utama wisatawan yang datang. Selain itu, ada deretan rumput laut yang berjajar di sepanjang bibir pantai semakin menambah kecantikan.
ADVERTISEMENT
Tertarik untuk berkunjung?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan