Food & Travel
·
4 April 2018 17:37

AirAsia Siap Terbang Langsung Jakarta-Tokyo Per 1 Mei 2018

Konten ini diproduksi oleh kumparan
AirAsia Siap Terbang Langsung Jakarta-Tokyo Per 1 Mei 2018 (39323)
Pesawat AirAsia (Foto: Instagram/@airasia_indo)
Dikabarkan sejak awal Februari lalu, penerbangan perdana AirAsia X Indonesia rute Jakarta-Tokyo semakin dekat. Rute baru itu akan beroperasi setiap hari mulai 1 Mei mendatang. Dengan demikian, AirAsia X Indonesia menjadi low cost carrier pertama yang menyediakan penerbangan langsung dari Bandara Internasional Soekarno Hatta menuju Bandara Internasional Narita, Tokyo.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, maskapai dengan kode penerbangan XT itu telah meluncurkan direct flight Bali-Tokyo sejak Mei 2017. Rute itu merupakan bentuk komitmen AirAsia untuk mendukung pariwisata Indonesia dan untuk mengakomodasi business traveler dari Jepang ke Indonesia. Melihat tingginya peningkatan jumlah wisatawan Indonesia ke Jepang, yakni sebesar 30 persen pada 2017 lalu, rute langsung Jakarta-Tokyo akhirnya juga dibuka.
“Kami melihat tren transit di Kuala Lumpur itu meningkat, karena kita punya banyak sekali destinasi dari Kuala Lumpur ke Jepang. Rute Tokyo-Jakarta kami buka karena melihat market yang sedang berkembang,” papar Direktur Niaga AirAsia x Indonesia, Rifai Taberi, saat ditemui kumparanTRAVEL di 3 Wise Monkey, Jakarta, Rabu (4/4).
AirAsia Siap Terbang Langsung Jakarta-Tokyo Per 1 Mei 2018 (39324)
Peluncuran rute Jakarta-Tokyo AirAsia x Indonesia. (Foto: Shika Arimasen Michi/kumparan)
Rifai menambahkan target okupansi penerbangan langsung Jakarta-Tokyo adalah 80 persen. Sementara untuk penerbangan perdana pada 1 Mei nanti, 57 persen kursi telah direservasi. Melihat Jepang masih menjadi salah satu destinasi terfavorit wisatawan Indonesia, pihaknya optimis target itu akan terpenuhi.
ADVERTISEMENT
Jadwal penerbangan rute baru itu pun dianggap pas untuk traveler Indonesia. Berangkat dari Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta pada pukul 23.50 dan mendarat di Tokyo pada pukul 09.10 waktu setempat. Sementara itu, penerbangan dari Tokyo take off pada pukul 11.30 waktu setempat dan sampai di Jakarta pada 17.20 WIB.
“Jadwalnya sangat cocok untuk orang Indonesia. Berangkat malam tidur di pesawat, bangun pagi langsung jalan-jalan,” tambah Rifai.
Lalu semurah apa harga penerbangan yang ditawarkan AirAsia x Indonesia? Jika teliti mencari harga yang paling murah, yakni dengan menghindari high season dan long weekend, terbang langsung Jakarta-Tokyo bisa didapat mulai dari Rp 2,4 juta-an PP. Rifai kemudian memberi bocoran bahwa tarif demikian banyak dibanderol pada bulan puasa mendatang.
ADVERTISEMENT
“Bulan puasa tiketnya masih murah. Karena ada kecenderungan orang tidak traveling saat puasa,” paparnya.
Penerbangan Jakarta-Tokyo nantinya akan menggunakan pesawat Airbus 330 yang memiliki 365 seat untuk kelas ekonomi dan ditambah 12 premium flatbed yang kelas bisnis.