kumparan
search-gray
Food & Travel14 November 2019 18:48

Ancol Segera Miliki Taman Burung Terbesar di Indonesia

Konten Redaksi kumparan
Ancol Segera Miliki Taman Burung Terbesar di Indonesia (1299149)
Para narasumber Ancoltalk berfoto bersama (kiri ke kanan: Dewi Malia P, Rika Sudranto, Lucky Hakim, Adi Kristanto) Foto: Dok. Humas Ancol
Sebagai salah satu destinasi wisata yang mengutamakan edukasi dan juga konservasi, Ancol, kembali meluncurkan inovasi terbaru untuk memanjakan wisatawan.
ADVERTISEMENT
Setelah meluncurkan program budidaya ubur-ubur atau jellyfish culture di Sea World, Ancol akan membangun sebuah taman burung atau Water Bird Park di Ocean Dream Samudera.
Ancol Segera Miliki Taman Burung Terbesar di Indonesia (1299150)
Salah satu pengunjung yang tengah berfoto di Pulau Burung Foto: Gitario Vista Inasis/kumparan
Nantinya, taman ini akan memiliki dome (kubah) seluas 2.900 meter persegi dengan tinggi 15 meter yang bisa menampung hingga 500 burung dari berbagai jenis. Direktur PT Pembangunan Jaya ancol Tbk, Bertho Darmo mengatakan selain menjadi tujuan rekreasi, taman seluas 3.800 meter persegi ini juga berfungsi sebagai tempat konservasi.
Ancol Segera Miliki Taman Burung Terbesar di Indonesia (1299151)
VP Sea World & Ocean Dream Samudra, Rika Sudranto Foto: Dok. Humas Ancol
“Ancol bukan hanya sebagai tempat rekreasi tetapi merupakan sebagai sarana edukasi yang lengkap bagi masyarakat, itulah konsep edutainment yang senantiasa kami terapkan di Ancol” kata Bertho seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima kumparan, Kamis (14/11).
Bertho mengungkapkan, pembangunan taman burung ini merupakan hasil pengamatan yang dilakukan bersama komunitas pengamat burung dan akademisi pada 2016 yang menyatakan terdapat 62 jenis burung liar yang hidup di kawasan Ancol.
Ancol Segera Miliki Taman Burung Terbesar di Indonesia (1299152)
Ancol Talk Taman Burung Foto: Dok. Humas Ancol
"Keanekaragaman atau biodiversitas inilah yang kemudian menjadi landasan Ancol untuk dapat menjalankan program konservasi burung melalui Water Bird Park. Program ini menginisiasi pengembangbiakan spesies burung tertentu agar secara bertahap dapat mengurangi pengambilan biota tersebut dari alam," imbuhnya.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, Water Bird Park yang diklaim terbesar di Indonesia ini ditargetkan akan mulai beroperasi pada pertengahan 2020 mendatang.
Bagaimana menurutmu?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white