Food & Travel
·
21 Oktober 2020 8:02

Berlibur ke Yunani Saat Belanda Lockdown, Raja Willem-Alexander Tuai Kritik

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Berlibur ke Yunani Saat Belanda Lockdown, Raja Willem-Alexander Tuai Kritik (14815)
Santorini di Yunani Foto: Shutter Stock
Raja Belanda, Willem-Alexander, dan sang istri bergegas pulang ke negaranya saat berlibur di Yunani. Semula, mereka berangkat menuju ke Yunani pada 16 Oktober 2020 lalu, tetapi memutuskan bertolak ke Belanda sehari kemudian.
ADVERTISEMENT
Keputusan tersebut diambil setelah keluarga nomor satu di Belanda itu mendapat kecaman dari publik lantaran melakukan perjalanan liburan di tengah pandemi COVID-19. Sang raja dan ratu meninggalkan Belanda saat Perdana Menteri Mark Rutte, menerapkan lockdown parsial demi meredam penyebaran COVID-19.
"Kami melihat bagaimana reaksi yang disampaikan oleh publik di media. Kami tetap berharap publik tetap mematuhi protokol agar virus corona bisa dikendalikan. Diskusi mengenai liburan kami sama sekali tidak membantu (untuk mengendalikan pandemi)," demikian isi pernyataan tertulis Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima pada 16 Oktober 2020 lalu sebagaimana dikutip CNN.
Berlibur ke Yunani Saat Belanda Lockdown, Raja Willem-Alexander Tuai Kritik (14816)
Raja Belanda William Alexander dan Ratu Maxima Zorreguite, saat menikmati pemandangan Danau Toba, di Bukit Singgolom, Sumatera Utara, Kamis (12/3). Foto: Dok. Istimewa
Raja Willem-Alexander dan sang istri memang tidak melanggar protokol kesehatan, termasuk kebijakan karantina wilayah yang kini mulai diberlakukan lagi. Tetapi, Pemerintah Belanda menyarankan agar menunda perjalanan ke luar negeri yang sifatnya tidak darurat.
ADVERTISEMENT
Vila keluarga Belanda sendiri berada di dalam zona kuning atau perjalanan ringan menurut Kementerian Luar Negeri Belanda. Artinya orang-orang Belanda boleh bepergian meski risiko tetap ada.
Pasangan kerajaan Belanda ini membeli vila tersebut tahun 2012. Harga dari properti tersebut senilai 3,7 juta poundsterling atau sekitar Rp 70,3 miliar.
Berlibur ke Yunani Saat Belanda Lockdown, Raja Willem-Alexander Tuai Kritik (14817)
Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima Zorreguieta Cerruti berjalan setibanya di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Selasa (10/3). Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Properti yang berada di dekat Kota Kranidi, Yunani, itu dibeli dari seorang fotografer Jerman, Manfred Rieker. Fasilitasnya berupa kolam renang dan pantai pribadi. Jelas saja vila ini begitu mewah.
Alasan kuat pembelian vila ini karena mereka jatuh cinta pada daerah tersebut saat kunjungan tahun 2010. Saat itu, Raja dan Ratu Belanda menghadiri pernikahan Pangeran Nikolaos dan Tatiana Blatnik di Pulau Spetses.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).
ADVERTISEMENT