kumparan
9 April 2018 17:26

Bukit Selong hingga Ollon, 7 Bukit Indah yang Ada di Indonesia

Bukit Jambul. (Foto: Flickr/Doll Photography)
Bosan berwisata bahari? bosan mendaki gunung? bosan liburan hanya pergi ke mall saja? Jika iya kamu bisa mencoba altenatif wisata lain, misalnya saja mengunjungi bukit.
ADVERTISEMENT
Tentu berkunjung ke bukit juga tak kalah seru dari berwisata ke gunung atau pantai. Menyambangi bukit juga akan disuguhkan pemandangan yang indah dan mengagumkan.
Pastinya dengan luas wilayah Indonesia yang mencapai 1,905 juta kilometer persegi, ditambah dengan kekayaan alamnya yang begitu mempesona, rasanya untuk mencari bukit-bukit sebagai tempat berwisata tidaklah sulit.
Nah, kumparanTRAVEL juga sudah merangkum tujuh bukit indah yang bisa kamu kunjungi. Apa saja?
1. Bukit Warinding
Bukit Warinding, Sumba (Foto: Instagram @kadekarini)
Yang pertama dari Sumba yang tak perlu diragukan lagi dengan keindahan alamnya. Tak hanya memiliki gugusan pulau yang indah, Sumba juga mempunyai surga lainnya, yaitu Bukit Warinding.
Bukit yang berada di Sumba Timur itu dihiasi dengan rumput berwarna hijau atau coklat yang bisa wisatawan nikmati pesonanya. Berkunjung ke Bukit Warinding kala sore hari adalah pilihan yang tepat.
ADVERTISEMENT
Indahnya bukit, ditemani dengan semilir angin, ditambah dengan langit berwarna cantik sembari menunggu matahari terbenam bisa wisatawan lakukan di sini.
Bukit Wairinding, Sumba Timur. (Foto: Flickr/Indonesia Vacanza)
Jika penasaran dengan keindahan bukit yang berada di ketinggian 100 hingga 200 mdpl itu, langsung saja berkunjung ke Desa Pambotan Jara, Kecamatan Pandawai. Sekitar 30 menit perjalanan dari Sumba Timur, bukit ini berada di pinggir jalan, tentu tak akan kesulitan untuk menemukannya.
2. Bukit Selong
Bukit Selong, Sembalun (Foto: @sebutsajalele vias Instagram/@sebutsajalele)
Bukit indah selanjutnya berada di Lombok, tepatnya di kaki Gunung Rinjani. Bukit Selong kini menjadi destinasi wisata yang dilirik wisatawan. Tentunya jika kamu berkunjung ke Lombok, maka jangan lupa untuk mengunjunginya.
Loading Instagram...
Dengan pemandangan bukit-bukit di sekitarannya, ditambah sawah yang berwarn-warni, surga tersembunyi ini masih memiliki nuansa alami dan asri. Waktu terbaik untuk menikmati panorama indahnya adalah pada pagi atau sore, sambil menunggu matahari yang akan muncul atau terbenam.
ADVERTISEMENT
3. Bukit Teletubbies
Loading Instagram...
Selanjutnya dari Kota Batu, Jawa Timur, ada bukit indah lainnya yang tak kalah cantik. Bukit Teletubbies ini menyuguhkan pemandangan cantik dengan bukit yang bergelombang.
Karena kontur tanah bergelombang inilah yang menjadi daya tarik wisatawan. Hamparan padang rumput yang luas itu kabarnya dikelola oleh PDAM Kota Malang.
Suasanya yang sejuk dengan pemandangan yang indah juga turut dimanfaatkan oleh masyarakat. Namun, banyak yang menjadikan sebagai lokasi untuk foto pre-wedding.
4. Bukit Merese
Pemandang Pantai Tanjung Aan dari Bukit Merese (Foto: Flickr/Gendowor22 Gallery)
Bukit yang menyuguhkan panorama indah lainnya adalah Bukit Merese, Lombok Tengah. Suguhan pemandangan di bukit ini memang luar biasa indahnya.
Loading Instagram...
Berada tak jauh dari Pantai Tanjung Aan, wisatawan yang datang sempatkanlah untuk mendaki bukit ini. Pasalnya, pemandangan dari atas sangat mengagumkan, turis akan disuguhkan dengan pasir putih dan gradasi air laut yang jernih. Bahkan, terumbu karang juga akan terlihat dari atas bukit ini.
ADVERTISEMENT
Selain itu, Bukit Merese juga tak kalah Instagramable dari bukit-bukit lainnya. Jangan lupa untuk abadikan momen ketika berada di sini.
5. Bukit Sungkai
Loading Instagram...
Kawasan perbukitan dengan pemandangan indah lainnya adalah Bukit Sungkai. Bukit cantik ini berada di daerah Sungkai, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari, Jambi.
Pemandangan bukit hijau dengan semilir angin sepoi-sepoi dan birunya langit akan memanjakan siapapun yang datang.
6. Bukit Jambul
Bukit Jambul, Bali. (Foto: Flickr/Romain)
Kali ini bukit indah lainnya berada di Bali, tepatnya tak jauh dari Gunung Agung, Karangasem, Bali. Bukit ini juga kerap didatangi wisatawan yang ingin berkunjung ke Pura Besakih.
Bukit Jambul berada di ketinggian 500 mdpl, lengkap dengan hawa sejuk dan pemandangan berupa perbukitan, sawah, lembah, serta panorama laut akan menyambut kedatangan wisatawan.
ADVERTISEMENT
7. Bukit Ollon
Loading Instagram...
Surga tersembunyi terakhir ada di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Bukit Ollon dapat dicapai kurang lebih 35 kilometer dari Kota Makale.
Loading Instagram...
Kawasan ini di kelilingi perbukitan yang ditumbuhi rumput hijau yang asri dan juga dilalui oleh aliran sungai yang jernih. Namun, untuk mencapainnya perlu perjuangan, lantaran jalur yang dilalui berliku.
Sudah siap menjelajah surga di Indonesia?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan