Food & Travel
·
13 September 2021 16:04
·
waktu baca 2 menit

Bulukumba Punya Atraksi Wisata Baru, Naik Kapal Pinisi Sambil Kulineran

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Bulukumba Punya Atraksi Wisata Baru, Naik Kapal Pinisi Sambil Kulineran (154364)
searchPerbesar
Pose Gading melompat dari kapal phinisi. Foto: Instagram @gadiiing
Kabupaten Bulukumba di Sulawesi Selatan enggak hanya dikenal sebagai daerah penghasil kapal-kapal pinisinya. Lebih dari itu, kamu juga bisa merasakan sensasi wisata naik kapal phinisi sambil kulineran di atas kapal. Menarik, kan!
ADVERTISEMENT
Ya, pengalaman tersebut bisa kamu rasakan di @sailingphinisi.id yang menghadirkan atraksi baru dengan memadukan pelayaran dan pelayanan untuk mendukung destinasi wisata bahari di Bulukumba. Menariknya, atraksi ini dihadirkan dari tangan-tangan sekelompok pemuda kreatif di Bulukumba.
Bulukumba Punya Atraksi Wisata Baru, Naik Kapal Pinisi Sambil Kulineran (154365)
searchPerbesar
Kapal Agustine Phinisi di Ancol Foto: Dok. Kemenparekraf
"Bulukumba yang terkenal dengan perahu phinisinya hingga ke mancanegara, kini akan melayani pengunjung berkeliling ke pantai-pantai indah yang ada di Bulukumba," kata salah seorang Founder Sailing Phinisi, Rizal Luvi, seperti dilansir Antara.
Rizal mengatakan, selain menikmati pelayaran dengan kapal khas bumi "Pantita Lopi" ini, wisatawan juga dapat menikmati kuliner khas Bulukumba sembari ditemani live musik di atas kapal pinisi.
Bulukumba Punya Atraksi Wisata Baru, Naik Kapal Pinisi Sambil Kulineran (154366)
searchPerbesar
Ilustrasi kapal piinisi Foto: Shutter Stock
"Dengan Sailing Phinisi ini, kami ingin menciptakan pengalaman yang tak terlupakan, yang akan membawa pengujung berlayar dengan layanan kelas satu," ujar Rizal.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Asfar Fajar, yang juga terlibat dalam projek tersebut mengungkapkan, dengan bekal ilmu yang didapat dari tanah rantau, ia kembali ke kampung halaman untuk berkontribusi membangun tanah kelahirannya melalui Sailingphinisi.id.
"Karena begitu besar harapan saya untuk memajukan Bulukumba di bidang pelayanan, tour, dan pariwisata mengingat Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam yang dimiliki sangat melimpah dan menjanjikan," tuturnya.

Atraksi Wisata Kapal Pinisi Pertama di Bulukumba

Bulukumba Punya Atraksi Wisata Baru, Naik Kapal Pinisi Sambil Kulineran (154367)
searchPerbesar
Ilustrasi kapal phinisi Foto: Shutter Stock
Hadirnya Sailing Phinisi pertama di Bulukumba ini tak hanya menjadi pilihan wisata bagi wisatawan. Atraksi wisata baru ini juga menjadi bukti dari semangat pemuda Bulukumba untuk memajukan roda ekonomi kreatif masyarakat lokal yang mampu bersaing dengan pelayanan standar internasional.
Karena itu, dalam Sailing Phinisi juga melibatkan pemuda Bulukumba di bidang seni budaya, serta mengajak para pelaku usaha lainnya untuk berkontribusi meningkatkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Bulukumba.
Bulukumba Punya Atraksi Wisata Baru, Naik Kapal Pinisi Sambil Kulineran (154368)
searchPerbesar
Ilustrasi kapal phinisi Foto: Shutter Stock
Di sisi lain, Kadis Pariwisata Bulukumba, Muh Ali Saleng, sangat mengapresiasi para pemuda kreatif yang ingin memajukan dan mendorong wisata bahari yang memang menjadi andalan daerah ini.
ADVERTISEMENT
"Kalau selama ini perahu phinisi buatan Bulukumba digunakan di luar berlayar, kini juga digunakan berlayar dan berwisata di kawasan pantai di Bulukumba," kata Ali.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)