kumparan
6 Maret 2018 12:36

Candi Gedong Songo, Candi 9 Gedung di Semarang

Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo. (Foto: Lidwina Win Hadi/kumparan)
Candi Gedong Songo terletak di lereng Gunung Ungaran, kawasan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Berjarak 45 km dari kota Semarang dan 15 km dari Ambarawa, candi bercorak Hindu ini dibangun pada abad ke-8 Masehi.
ADVERTISEMENT
Gedong sendiri memiliki arti gedung, sedangkan Songo berarti sembilan. Oleh karena itu, Candi Gedong Songo memiliki arti candi dengan sembilan gedung.
Meskipun dari namanya candi ini berisi sembilan gedung, namun gedung yang dapat ditemukan hanya sampai kompleks kelima saja, yaitu Candi Gedong I sampai Candi Gedong V.
Ada banyak cerita tentang asal muasal Candi Gedong Songo. Konon, menurut cerita rakyat Rama dan Shinta, tempat Candi Gedong Songo dulunya merupakan tumpukan gunung yang diangkat oleh Hanoman untuk menimbun Dasamuka hidup-hidup, saat Hanoman membantu Rama dalam memperebutkan Shinta. Selain itu, Candi Gedong Songo kabarnya dibangun oleh Ratu Sima.
Apabila Ratu Sima mendapat masalah, ia akan bersemedi di candi ini. Masyarakat juga percaya bahwa mata air berbau belerang di situs ini dapat menyembuhkan penyakit dan dikeramatkan. Dulunya mata air tersebut dijaga dan digunakan oleh Nyai Gayatri, dayang dari Ratu Sima yang berasal dari Bali.
ADVERTISEMENT
Pada tahun 1740, Thomas Stamford Raffles menemukan candi ini dan menamakannya Candi Gedong Pitu pada tahun 1804. Karena saat itu, ia hanya menemukan tujuh komplek candi. Namun, tiga tahun setelahnya, arkeolog Belanda bernama Van Stein Callenfals menemukan dua candi lagi yang berlokasi tidak jauh dari komplek candi yang ditemukan Raffles sebelumnya, sehingga memberinya nama Candi Gedong Songo.
Pengunjung mesti membayar Rp 6 ribu di hari biasa dan Rp 7.500 di hari libur atau di akhir pekan. Jika lelah, pengunjung dapat menyewa kuda untuk berkeliling kawasan candi ini. Candi Gedong Songo buka mulai pukul 06.15 hingga 17.00.
Ingin tahu lebih banyak tentang Candi Gedong Songo? Simak infografik berikut:
Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo. (Foto: Lidwina Win Hadi/kumparan)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan