kumparan

Citilink Luncurkan Seragam dengan Warna Cerah untuk Awak Kabin

Seragam Baru Citilink
Seragam Baru Citilink (Foto: Ageng Wibowo/Ctilink)
Maskapai berbiaya hemat atau Low Cost Carrier (LCC), Citilink Indonesia, resmi mengganti seragam mereka dengan desain baru bermotif Gurdo Aji. Dirilis pada 19 Maret 2018, seragam baru ini resmi digunakan secara serentak pada penerbangan hari Senin, 14 Mei 2018.
ADVERTISEMENT
Ranty Astari Rachman, Vice President Corporate Secretary & CSR Citilink Indonesia menuturkan bahwa seragam baru ini menunjukkan semangat yang lebih baik untuk meningkatkan performa sebagai maskapai LCC premium yang go-regional.
“Motif Gurdo Aji yang berarti anak burung garuda yang terbang mengikuti arah angin untuk terbang lebih tinggi dan jauh diharapkan memberi suasana baru, pelayanan baru, dan semangat yang baru,” tutur Ranty, dalam acara peluncuran segaram baru Citilink di Surabaya, Senin (14/5).
Dengan pemakaian resmi pada penerbangan perdana 14 Mei 2018, Ranty menambahkan bahwa seragam lama tidak lagi diperbolehkan untuk digunakan.
“Kita sudah lima tahun tidak ganti seragam, hari ini secara resmi seluruh awak kabin mengenakan seragam baru. Dan mulai hari ini, pramugari tidak diperbolehkan menggunakan seragam lama, baik untuk rute domestik maupun internasional,” tambahnya lagi.
Seragam Baru Citilink
Seragam Baru Citilink (Foto: Ageng Wibowo/Citilink)
Seragam baru Citilink sendiri dirilis dalam dua warna, yaitu hijau toska dan hijau lime. Dua warna ini nantinya akan menjadi pembeda kru kabin yang bertugas. Warna hijau toska digunakan oleh pramugari junior, sedangkan warna hijau lime digunakan oleh pramugari yang memiliki tingkatan lebih senior.
ADVERTISEMENT
Perbedaan tingkat ini dilihat dari jam terbang dan ke-mature-an awak kabin yang juga diuji dengan tes kemampuan, seperti penilaian internal dan pengetahuan operasional sebagai awak kabin. Konsep baru tersebut dilakukan karena kebutuhan penumpang yang terkadang ingin menyampaikan keluhan, saran, atau bertanya pada pramugari yang lebih senior agar mendapatkan jawaban yang lebih tepat.
Seragam Baru Citilink
Seragam Baru Citilink (Foto: Ageng Wibowo/Citilink)
Konsep ini tak hanya diberikan pada pramugari saja, namun juga pramugara. Pramugara senior akan mengenakan vest saat bertugas, sedangkan juniornya tidak. Pilihan warna bagi pramugara berwarna krem dengan hiasan lease warna hijau di garis kancingnya.
Didesain oleh Luis Vioni, seragam baru Citilink dibuat secara khusus agar anti api dan memberikan ruang gerak leluasa bagi pramugari saat dikenakan, sehingga memudahkan pekerjaan pramugari seperti saat melakukan evakuasi atau pendaratan darurat maupun saat bekerja dengan menggunakan piranti panas.
ADVERTISEMENT
Bersama dengan peluncuran seragam baru ini, Citilink Indonesia juga mengadakan kompetisi foto yang berlaku sejak 14-16 Mei 2018. Tiga orang pemenang yang beruntung akan mendapatkan sebuah tiket penerbangan pulang pergi Citilink Indonesia yang akan diumumkan pada 25 Mei 2018 mendatang. Caranya mudah, foto awak kabin Citilink dengan seragam baru lalu upload ke Instagram dengan tagar #SeragamBaruCitilink, mention dan tag @citilink. Jangan lupa pastikan akun kamu tidak dikunci ya, semoga beruntung.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan