kumparan
10 Agustus 2019 16:13

Dermaga Marina Boom, Pendatang Baru di Banyuwangi yang Instagramable

Jembatan lintas (causeway) berbentuk spiral di Pantai Marina Boom Banyuwangi
Jembatan lintas (causeway) berbentuk spiral di Pantai Marina Boom Banyuwangi. Foto: Dok. Istimewa
Banyuwangi kini seolah menjadi primadona baru bagi sektor pariwisata Indonesia. Tampaknya, cita-cita pemerintah untuk menciptakan Bali Baru mulai terwujud di salah satu kabupaten di Jawa Timur ini. Apalagi kini Banyuwangi memiliki akses transportasi yang sangat lengkap baik darat, laut hingga udara. Tak heran, akses ke Banyuwangi pun makin mudah.
ADVERTISEMENT
Wisatawan pun mulai melirik daerah ini sebab Banyuwangi menyimpan ragam destinasi wisata yang menarik seperti destinasi alam, budaya hingga kuliner. Sebut saja Taman Nasional Baluran, Green Bay Banyuwangi, Kawah Ijen, agro wisata Kali Klatak, dan masih banyak lagi. Serunya, semua tempat tersebut sangat diminati traveler milenial sebab spotnya yang Instagramable.
Jembatan lintas (causeway) berbentuk spiral di Pantai Marina Boom Banyuwangi
Jembatan lintas (causeway) berbentuk spiral di Pantai Marina Boom Banyuwangi. Foto: Dok. Istimewa
Selain destinasi wisata tersebut, kini muncul satu lagi destinasi wisata yang Instagramable ala Banyuwangi yaitu kawasan dermaga kapal pesiar atau marina di Pantai Boom Banyuwangi. Dermaga tersebut dibangun oleh PT Pelindo Property Indonesia, anak usaha PT Pelindo III.
Dikutip dari berbagai sumber, sejumlah landmark ikonik pun telah dibangun di area tersebut, salah satunya adalah jembatan lintas (causeway) berbentuk spiral. Jembatan ini terlihat begitu megah, dilengkapi dengan sorotan lampu disekitarnya. Tak heran jika banyak wisatawan berbondong-bodong datang ke marina Pantai Boom untuk mengabadikan momen di depan jembatan spiral tersebut. Selain itu ada pula rumah lawas peninggalan jaman Belanda yang telah dipugar dan dipercantik.
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Pantai Marina Boom Banyuwangi
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Pantai Marina Boom Banyuwangi. Foto: Dok. Istimewa
Kawasan marina ini juga dilengkapi fasilitas lain seperti restoran internasional, fasilitas penunjang pariwisata dan sarana perawatan kapal pesiar. Fasilitas ini menjadikan dermaga tersebut sebagai dermaga kapal pesiar terintegrasi pertama di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Di kawasan tersebut kini juga berdiri amphitheater Boom Eco Adventure Park Banyuwangi yang berada di pinggir pantai tersebut. Amphitheatre ini merupakan lokasi penyelenggaraan Banyuwangi Beach Jazz Festival, pada Jumat (9/8) kemarin. Selain itu ada juga dermaga apung yang desainnya sangat menarik. Tak heran, kawasan Marina Boom kini dikenal sebagai lokasi yang Instagramable.
Berdasarkan situs Instagram resmi milik Pantai Boom Banyuwangi @boommarinabwi, dermaga tersebut sejatinya dikhususkan untuk menampung kapal-kapal yacht (sail boat) dan power boat (super yacht dan mega yacht) yang terintegrasi dengan beberapa fasilitas salah satunya private resort. Wah, nampaknya kawasan tersebut akan jadi salah satu kawasan elit, bukan?
Nah, agar kamu makin tertarik ke sana, ada setidaknya enam keunggulan yang dimiliki kawasan marina ini. Apa saja?
ADVERTISEMENT
Pertama, marina Boom Banyuwangi tersebut berlokasi di kawasan strategis yaitu di pusat Kota Banyuwangi. Kawasan tersebut juga hanya berjarak 20 km dari Bandara International Banyuwangi. Kedua, marina Boom Banyuwangi dilengkapi fasilitas penunjang seperti private resort, marina lounge and restaurant, yach club, dan dryberth facilities.
Suasana di Pantai Marina Boom Banyuwangi
Suasana di Pantai Marina Boom Banyuwangi. Foto: Dok. Istimewa
Ketiga, marina Boom Banyuwangi menjadi marina pertama dan satu-satunya dengan fasilitas penunjang terlengkap. Keempat, yang menjadi pesona andalan tempat ini adalah peendangan matahari terbit di ujung Pulau Jawa yang tiadaduanya. Itulah sebabnya Banyuwangi dijuluki sebagai Sunrise of Java.
Kelima, dari marina Boom Banyuwangi ini, wisatawan bisa meihat dengan jelas keindahan Pulau Bali. Tentunya ini akan membuat hasil fotomu lebih Instagramable bukan? Terakhir, akan ada banyak festival bertaraf international yang diselenggarakan di tempat tersebut.
ADVERTISEMENT
Makin penasaran untuk ke sana?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan