kumparan
11 September 2019 11:20

Ekspedisi Segaris, Cerita Kevin Hendrawan 100 Hari Keliling Indonesia

Kevin Hendrawan, youtuber sekaligus inisiator Web Series Ekspedisi Segaris. Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Youtuber sekaligus influencer ternama Kevin Hendrawan secara resmi meluncurkan web series traveling perdananya bertajuk #EkspedisiSegaris. #EkspedisiSegaris merupakan tayangan perjalanan mengarungi keberagaman alam, budaya, dan kuliner Indonesia yang ditayangkan di YouTube setiap hari Selasa pada pukul 18.30 WIB.
ADVERTISEMENT
Kata Segaris merupakan akronim dari Semangat Generasi Milenials. Melalui ekspedisi ini, Kevin Hendrawan membawa para penontonnya untuk mengelilingi Indonesia mulai dari Sabang hingga Merauke, Miangas hingga Rote selama 100 hari di 46 titik destinasi wisata melalui 23 episode.
Didukung oleh FiberCreme, web series #EkspedisiSegaris mengajak milenial untuk lebih mengenal Nusantara dan perbedaan di dalamnya. Kevin Hendrawan selaku YouTuber dan juga inisiator program ini mengatakan, bahwa #EkspedisiSegaris adalah wujud keresahannya terhadap beragam masalah yang muncul di Indonesia karena adanya perbedaan.
Foto keindahan Indonesia hasil Ekspedisi Segaris yang dipamerkan dalam Galeri Indonesia Kaya. Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
"Beberapa bulan yang lalu, kondisi Indonesia cukup panas karena adanya perbedaan. Saya pikir sebagai YouTuber harus bisa memberikan dampak positif bagi penonton," kata Kevin Hendrawan dalam peluncuran web series #EkspedisiSegaris di Galeri Indonesia Kaya, Selasa (10/9).
ADVERTISEMENT
"Nah, kenapa saya keliling Indonesia? Untuk memperlihatkan bahwa Indonesia ini gudangnya perbedaan. Beda itu indah, dalam salah satu episode, saya menggabungkan dua lokasi yang sangat kontras dalam satu video. Justru bagi kita orang Indonesia, menemukan perbedaan dalam hidup adalah hal yang wajar," lanjutnya.
Video
Dalam perjalanan #EkspedisiSegaris, Kevin Hendrawan membawa serta influencer dan content creator lainnya yang berada pada tier satu. Seperti Atta Halilintar, Ghea Indrawari, Kaesang Pangarep, Kery Astina, Brisia Jodie, Mak Beti, dan masih banyak lagi.
"Jadi di proyek ekspedisi ini, aku mengajak teman-teman influencer dan YouTuber, dan semuanya mengapresiasi dan mau join. Dari 23 episode itu ada 19 yang punya bintang tamu, jadi bukan cuma keindahan, kekayaan budaya, tetapi entertainment-nya juga dapat,” tambah Kevin.
ADVERTISEMENT
Selama kurang lebih tiga bulan, Kevin Hendrawan mengelilingi Indonesia. Menikmati lezatnya kuliner asli khas daerah, bercengkrama dengan penduduk dan suku lokal, seperti Mentawai di Sumatera Barat dan Dani di Papua, melihat keindahan alam Indonesia yang mempesona, dan mengeksplorasi adat dan budaya di dalamnya.
Peluncuran Web Series Ekspedisi Segaris yang digagas Kevin Hendrawan (kedua kiri) Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Kevin mengakui bahwa dengan adanya #EkspedisiSegaris, ia jadi lebih mengenal Indonesia. Banyak hal yang ia sebelumnya tak ia ketahui jadi lebih ia pahami. Dari ekspedisi ini, Kevin semakin menyadari kekayaan Indonesia yang luar biasa, karena perbedaan yang ada di satu tempat dan lainnya.
Ia bahkan mengaku setelah #EkspedisiSegaris, dirinya justru merasa lebih sulit untuk memilih lokasi dan destinasi paling berkesan dari banyak daerah yang ia jelajahi. Sebab selama kurang lebih tiga bulan, Kevin menemukan banyak keunikan yang sebelumnya tak pernah ia tahu.
Kevin Hendrawan (kedua kanan) menerima penghargaan MURI sebagai web series pertama perjalanan yang mengelilingi Indonesia selama 100 hari tanpa henti Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Atas inisiatif dan kerja kerasnya, Kevin Hendrawan pun diganjar dengan MURI. Ia mendapat penghargaan sebagai Unggahan Web Series Pertama Perjalanan yang Keliling Indonesia Tanpa Henti Selama 100 Hari.
ADVERTISEMENT
#EkspedisiSegaris kini sudah memasuki episode ke-16 dan akan tayang hingga Oktober 2019 mendatang. Nah, kamu yang berniat ingin menyaksikan keseruan Kevin Hendrawan bisa langsung masuk ke channel YouTube Kevin Hendrawan. Atau mengunjungi Galeri Indonesia Kaya untuk melihat beragam foto perjalanannya mengelilingi Indonesia yang dipamerkan mulai 9-15 September 2019. Gimana, kamu tertarik?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan