Food & Travel
·
21 Juni 2020 12:27

Hari Pertama Buka Semenjak Pandemi, TMII Hanya Dikunjungi 4 Ribu Orang

Konten ini diproduksi oleh
Hari Pertama Buka Semenjak Pandemi, TMII Hanya Dikunjungi 4 Ribu Orang (45613)
Pengunjung memasuki gerbang TMII pada hari pertama pembukaan di masa transisi Foto: Dok. Taman Mini Indonesia Indah
Taman Mini Indonesia Indah (TMII) kembali beroperasi pada Sabtu, 20 Juni 2020 kemarin, setelah ditutup selama kurang lebih tiga bulan akibat pandemi. Pembukaan ini dilakukan pada masa transisi sesuai dengan kebijakan Pemprov DKI Jakarta.
ADVERTISEMENT
Menurut Kepala Bagian Humas TMII, Sahda Silalahi, pada hari pertama pembukaan, per pukul 16.00 WIB, Taman Mini Indonesia Indah menyambut 4.254 pengunjung. Di antaranya ada 405 pengunjung yang menggunakan mobil, dan 261 lainnya menggunakan motor.
Dalam penuturannya pada kumparan, jumlah ini sudah termasuk banyak untuk kondisi new normal. Dari segi keamanan, jumlah ini juga masih terhitung sesuai dengan standar maksimal yang ditetapkan manajemen, yakni memberi batasan maksimal 15- 20 ribu orang per hari.
"Menurut saya, kalau untuk hari pertama buka dan dalam kondisi new normal, jumlah segitu sudah termasuk lumayan banyak," tuturnya ketika dihubungi kumparan, Minggu (21/6).
Hari Pertama Buka Semenjak Pandemi, TMII Hanya Dikunjungi 4 Ribu Orang (45614)
Kondisi hari pertama pembukaan TMII setelah 3 bulan ditutup karena pandemi Foto: Dok. Taman Mini Indonesia Indah
Menariknya, pengunjung tampak sangat bersemangat setelah PSBB mulai dilonggarkan. Sahda menuturkan bahwa pengunjung telah mengantre sejak pukul 06.00 WIB. Untuk hari ini, Minggu (21/6), pengunjung bahkan telah mengantre sejak pukul 05.30 WIB.
ADVERTISEMENT
"Yang saya lihat selama dua hari ini, kebanyakan yang datang adalah pengendara sepeda. Bahkan mereka dari pagi sudah antri di pintu masuk, padahal sudah disampaikan bahwa TMII buka pukul 08.00 WIB," ujar Sahda.
Pada kondisi normal, sebelum adanya pandemi COVID-19, TMII biasanya dikunjungi sektar 40-50 ribu orang di akhir pekan. Jumlah pengunjung di kondisi awal masa transisi ini tentunya hanya mencapai 10 persennya saja.
Hari Pertama Buka Semenjak Pandemi, TMII Hanya Dikunjungi 4 Ribu Orang (45615)
Teater Imax Keong Emas di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur (Foto diambil sebelum pandemi) Foto: Shutterstock
Sesuai dengan aturan pemerintah, TMII untuk sementara ini tidak tidak memberikan larangan bagi wisatawan tertentu untuk berkunjung. Seluruh masyarakat diperbolehkan untuk datang berwisata di dalam kawasannya.
Seluruh anjungannya juga dibuka untuk berwisata. Namun, memang ada beberapa kawasan yang tetap ditutup seperti Teater Imax Keong Mas, Snow Bay, dan beberapa wahana lainnya.
ADVERTISEMENT
Harga tiket juga masih tetap sama, yakni dengan rata-rata Rp 20 ribu per orangnya. Kamu bisa membelinya di laman resmi e-ticketing TMII.
Untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan pengunjung, petugas yang bekerja di TMII juga telah melakukan simulasi new normal pada Kamis (4/6).
TMII juga telah menempatkan tempat cuci tangan di ruang terbuka, hand sanitizer, dan pengukur suhu tubuh di pintu masuk, serta posko kesehatan.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
Yuk! bantu donasi atasi dampak corona.