Food & Travel
·
19 April 2021 7:01

Hati-hati, Ini 4 Suku yang Dikenal Punya Ilmu Sihir Paling Ditakuti di Dunia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hati-hati, Ini 4 Suku yang Dikenal Punya Ilmu Sihir Paling Ditakuti di Dunia (233418)
Upacara Kedewasaan Suku Maasai di Kenya Foto: Reuters/Baz Ratner
Ilmu sihir dan perdukunan hingga kini masih menjadi pertanyaan, bukan hanya di Indonesia, tetapi juga nyaris di seluruh penjuru dunia. Bahkan, tak sedikit yang menganggap bahwa ilmu tersebut tidak pernah lahir di dunia karena bentuknya yang sangat mustahil.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, jauh ribuan tahun silam, sejumlah suku di dunia mengaku telah merangkul ilmu tak kasat mata ini dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, ilmu sihir yang mereka miliki diklaim sebagai yang paling berbahaya, seram, dan mematikan.
Lantas, suku mana saja yang memiliki ilmu sihir? Berikut kumparan rangkum 4 suku dengan ilmu sihir paling berbahaya di dunia.

1. Suku Maya, Meksiko

Hati-hati, Ini 4 Suku yang Dikenal Punya Ilmu Sihir Paling Ditakuti di Dunia (233419)
Ilustrasi kota suku Maya, Meksiko Foto: Shutter stock
Maya, suku pedalaman yang terletak Meksiko dan Gautemala ini merupakan kelompok adat di dunia yang terkenal memiliki ilmu sihir yang paling berbahaya di dunia. Komunitas ini dipercaya mampu memanggil hujan turun dan membuat cuaca cerah hanya dengan sebuah upacara.
Upacara menurunkan hujan ini biasanya dilakukan oleh seorang Toltec, sosok yang dituakan di Suku Maya. Untuk mengabulkan permintaan tersebut, biasanya Toltec akan menukarkan dengan mempersembahkan jantung manusia kepada dewa.
ADVERTISEMENT

2. Suku Maasai, Kenya

Hati-hati, Ini 4 Suku yang Dikenal Punya Ilmu Sihir Paling Ditakuti di Dunia (233420)
Upacara Kedewasaan Suku Maasai di Kenya Foto: Reuters/Baz Ratner
Suku Maasai merupakan salah satu suku asli Afrika yang berasal dari Tanzania. Biasanya mereka tinggal di sekitar Kenya Selatan dan Tanzania Utara di sepanjang Great Rift Valley.
Suku yang dikenal dengan prinsip memegang teguh adat istiadat ini rupanya memiliki seorang dewa bernama Enkai. Suku Maasai percaya, mantra yang dikeluarkan oleh sang dewa memiliki kekuatan mujarab untuk mengabulkan segala permintaan sang pemohon.
Menariknya, penduduk suku ini dipercaya bisa memiliki kekuatan untuk berlari kencang, melompat tinggi, kebal, dan pandai berperang. Suku asli Afrika ini juga terkenal dengan postur tubuh mereka yang menjulang, dengan tinggi badan rata-rata 1,8 meter.

3. Suku Gipsi, India

Hati-hati, Ini 4 Suku yang Dikenal Punya Ilmu Sihir Paling Ditakuti di Dunia (233421)
Ilustrasi penduduk Gipsi India Foto: Wikimedia Commons
Kaum Gipsi atau juga dikenal degan kaum Roma merupakan penduduk asli India yang bermigrasi ke berbagai penjuru dunia. Di balik hidup nomadennya itu, penduduk Suku Gipsi dipercayai memiliki kemampuan ilmu sihir yang berbahaya.
ADVERTISEMENT
Sihir mengerikan yang dimiliki Suku Gipsi bernama Lamia. Dengan sihir tersebut, penyihir atau dukun bisa mengirimkan rasa sakit yang tidak tertahankan sampai organ vitalnya rusak. Bentuk sihir yang dimiliki Suku Gipsi memang tak jauh berbeda dengan ilmu santet yang populer di Indonesia.
Menggunakan benda yang sering digunakan target sasaran, sang penyihir akan mengirimkan 'malapetaka' untuk seseorang yang dituju. Namun, Lamia hanya digunakan untuk menyerang bagian vital manusia.

4. Voodoo, Afrika Barat

Hati-hati, Ini 4 Suku yang Dikenal Punya Ilmu Sihir Paling Ditakuti di Dunia (233422)
Boneka voodoo dari kayu yang dijual di Pasar Akodessewa, togo Foto: Shutter Stock
Di Afrika Barat, tepatnya di Benin, masyarakat setempat merayakan agama dan kepercayaan mereka, Voodoo, dalam bentuk festival. Benin adalah negara yang menjadi tanah kelahiran kepercayaan Voodoo. Voodoo lahir di wilayah antara Abomey dan Ouidah di Benin.
Voodoo sering digunakan oleh para penyihir atau dukun untuk menghancurkan kehidupan si target menggunakan media boneka. Persis seperti santet, boneka tersebut akan ditusuk oleh benda tajam atau bahkan dibakar.
Hati-hati, Ini 4 Suku yang Dikenal Punya Ilmu Sihir Paling Ditakuti di Dunia (233423)
Voodoo Festival di Benin, Afrika. Foto: Shutter Stock
Setiap orang yang jiwanya dimasukkan ke dalam boneka bisa merasakan kesakitan seperti apa yang bonekanya dapatkan. Bagi masyarakat di Benin, Voodoo adalah bagian dari alam dan kehidupan manusia. Roh-roh itu dipercaya hidup bersama dan berdampingan dengan manusia, serta makhluk hidup lainnya.
ADVERTISEMENT
Praktik Voodoo di Benin pun tak dianggap tabu. Bahkan di masa kini, Voodoo menjadi salah satu agama nasional sejak 1996 silam. Oleh karena itu, setiap tahun Festival Voodoo selalu dirayakan secara meriah dan dihadiri banyak orang.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).