kumparan
24 November 2019 14:49

Hebat, Kota Langsa dari Aceh Jadi Juara Favorit di API 2019

Anugerah Pesona Indonesia 2019
Wali Kota Langsa menerima penghargaan sebagai juara favorit, didamping Muhammad Syafaat dan Guntur Sakti. Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Mendengar kata Aceh, kamu pastinya akan langsung teringat dengan kulinernya yang lezat, serta kopinya yang nikmat. Mie Aceh, roti canai, ayam tangkap menjadi primadona dari Serambi Makkah ini.
ADVERTISEMENT
Tak cuma punya kuliner lezat, Aceh, tepatnya di Pulau Weh juga sudah lama dikenal memiliki keindahan alam bawah laut yang mempesona. Diving atau snorkeling di lautan Pulau Weh akan memberikanmu kesan yang tidak terlupakan.
Namun, rupanya tak sampai di situ saja, karena pada 2019 kali ini, Aceh yang diwakili Kota Langsa juga berhasil membawa pulang gelar sebagai Juara Favorit dalam Malam Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019.
Dalam puncak acara ajang kompetisi pariwisata Indonesia yang diselenggarakan pada Jumat (22/11) di Balairung Soesilo Soedarma, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jakarta Pusat itu, Mangrove Forest Park, Kota Langsa, mendapatkan voting terbanyak di antara para pemenang yang mengambil tempat di dalam 18 kategori nominasi yang berbeda.
ADVERTISEMENT
Mangrove Forest Park di Kota Langsa menjadi juara satu dalam kategori Ekowisata Terpopuler Indonesia, dengan persentase vote sebanyak 93,26 persen. Pelaksanaan vote oleh masyarakat berlangsung pada 1 Juni 2019 hingga 31 Oktober 2019 dan dilakukan melalu beragam platform, seperti YouTube, SMS, Twitter, aplikasi android, dan banyak lagi.
Video
Mangrove Forest Park adalah taman mangrove (pohon bakau) di Kota Langsa yang diklaim berstandar Asia. Memiliki luas sekitar 8.000 hektare, kawasan wisata ini berjarak hanya sekitar lima kilometer dari Kota Langsa, tepatnya di Kuala Langsa.
Di dalamnya kamu akan merasakan segarnya udara di tengah hijaunya pepohonan bakau yang rimbun. Sembari jalan-jalan di Mangrove Forest Park, kamu juga bisa, lho, bertemu dengan monyet-monyet liar yang berkeliaran di dalam kawasannya.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, ketika memasuki Mangrove Forest Park, disarankan untuk tidak membawa makanan, memakai benda berkilauan, atau sesuatu yang bisa menarik perhatian monyet. Walaupun selama ini belum ada kejadian apa pun, tapi lebih baik berjaga-jaga, kan.
Loading Instagram...
Biaya masuk ke dalam Mangrove Forest Park Langsa juga sangat terjangkau. Cukup merogoh kocek kurang dari Rp 10 ribu per orang, kamu sudah bisa menikmati keindahan pepohonan bakau di Mangrove Forest Park ini.
Menariknya lagi, ada perahu tradisional yang juga siap sedia membawa kamu berkeliling di dalamnya, lho. Kalau datang ke tempat ini, jangan lupa pastikan ponsel dan kameramu terisi penuh, supaya bisa puas untuk foto-foto.
Siap jalan-jalan ke Aceh dan mengunjungi Mangrove Forest Park?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan