Hotel-hotel di Indonesia Kini Kembali Kebanjiran Reservasi dari Turis Asing

21 Juli 2022 10:34 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi hotel dengan pemandangan terindah di dunia. Foto: fokke baarssen/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi hotel dengan pemandangan terindah di dunia. Foto: fokke baarssen/Shutterstock
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pandemi COVID-19 yang sudah melandai, membuat berbagai sektor di dunia perlahan mulai bangkit. Salah satunya adalah sektor pariwisata dan perhotelan di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Melihat kebangkitan hal tersebut, SiteMinder yang merupakan platform commerce hotel terbuka di dunia, merilis data yang menunjukkan bahwa hotel-hotel di Indonesia tengah kebanjiran reservasi dari turis asing.
Menurut World Hotel Index, dari data tersebut terlihat bahwa reservasi hotel-hotel partner SiteMinder hingga Juli 2022 mencapai 45 persen, dan didominasi oleh turis asing.
Tren ini mulai meningkat sejak Februari 2022 lalu. Semuanya bermula sejak peraturan bagi turis asing yang akan masuk ke Indonesia dipermudah atau diperlonggar.
Ilustrasi tamu hotel sarapan di kamar. Foto: Shutterstock
Namun, jika dibandingkan dengan era sebelum pandemi, jumlah pemesanan di hotel-hotel partner SiteMinder di Indonesia saat ini berada di level 94 persen, dalam perhitungan masa normal tahun 2019.
“Tingginya tingkat ketergantungan terhadap pelaku perjalanan internasional, membuat sektor perhotelan di Indonesia tentu merasakan dampak atas dibatasinya pergerakan global dalam beberapa tahun terakhir ini," kata Regional Vice President Asia Pacific SiteMinder, Bradley Haines, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima kumparan.
ADVERTISEMENT
“Dengan ribuan operator hotel besar dan kecil di Indonesia yang memiliki kontribusi signifikan terhadap perekonomian negara, namun tidak memiliki akses ke teknologi yang kami sediakan, ada peluang luar biasa yang menanti setiap penyedia akomodasi di Indonesia saat ini dengan dibukanya perjalanan internasional," tambahnya.