kumparan
23 Februari 2018 13:35

Ini 7 Negara Terkecil di Dunia

COVER
Monte Carlo, Monaco (Foto: Intsagram @_sambrown_)
Bumi tempat kita tinggal ini setidaknya memiliki 194 negara. Tentunya, di setiap negara memiliki karakteristik tersendiri yang berbeda dari satu dengan yang lainnya.
ADVERTISEMENT
Misalnya saja ada sebuah negara yang lebih besar wilayah daratan daripada wilayah perairannya, ada pula negara yang memiliki jumlah penduduk usia produktif paling banyak, hingga negara yang memiliki wilayah yang terbilang kecil.
Bicara soal negara dengan luas wilayah yang kecil, apakah kamu sudah tahu negara mana saja yang menyandang predikat itu? Nah, kumparanTRAVEL sudah merangkum tujuh negara yang memilki luas paling kecil. Yuk, simak!
1. Vatikan
FOTO 1 (NOT COV)
St. Peter's Basilica (Foto: Andre Titze)
Di urutan teratas ada Vatikan yang didapuk menjadi negara paling kecil di dunia. Dengan luas hanya 0,44 kilometer persegi atau tak lebih dari luas Jakarta Selatan, Vatikan menjadi rumah bagi gereja terbesar di dunia yaitu St. Peter's Basilica, dan sekaligus menjadi pusat Gereja Katholik.
ADVERTISEMENT
Vatikan juga merupakan salah satu negara yang tak memiliki bandara. Untuk mencapai negara yang berada di Eropa ini, kamu harus melalui Italia dan mendarat di Bandara Internasional Federico Fellini di Rimini.
Untuk masalah perekonomian, Vatikan hidup dari sumbangan sukarela dari anggota Gereja Katholik Roma di seluruh dunia, kemudian disusul degan penjualan perangko, souvenir dan biaya masuk museum.
Jika kamu singgah ke Vatikan jangan lupa sempatkan untuk mengunjungi Museum Vatikan, Kapel Sistina, Castel Sant'Angello, dan Istana Apostolik.
2. Monaco
 FOTO 2 (NOT COV)
Monaco (Foto: Flickr / fabian F)
Selanjutnya ada Monaco sebagai negara terkecil kedua di dunia, yang memiliki luas hanya 2 kilometer persegi. Tiga sisi Monaco langsung berbatasan dengan Prancis sedangkan satu sisi lainnya berbatasan dengan Laut Mediterania.
ADVERTISEMENT
Negara yang memiliki bendera mirip dengan Indonesia ini juga dikenal sebagai rumah bagi jutawan dan miliader terbesar di dunia. Selain itu, Monaco juga dikenal sebagai negara dengan industri perjudian dan barang mewahnya.
Karena tak memiliki sumber daya alam, Monaco juga hidup dari pariwisata. Sebut saja 'negara yang berada di dalam negara' itu memiliki objek wisata seperti Le Palais des Princes, Monaco Catherdal, Monte Carlo, Museum Oceanographic, Japanese Garden dan masih banyak lagi.
3. Nauru
Berada tak jauh dari Australia negara dengan luas 21 kilometer persegi, atau jauh lebih kecil dari Kota Bukittingi, negara ini menjadi negara terkecil ketiga di dunia.
Nauru terkenal dengan kotoran burungnya yang bisa membuat hidup rakyatnya makmur. Kotoran dari burung Guano yang menumpuk selama ratusan tahun ini akhirnya menjadi phospat yang befungsi menjadi pupuk tanaman.
ADVERTISEMENT
Jumlah phospat yang tinggi dengan kualitas yang baik menjadikan negara ini makmur dan damai. Sayangnya, Nauru terlalu terlena dengan phospat yang mereka miliki. Dan seiring perkembangan waktu negara ini mengalami kebangkrutan dan masuk ke dalam daftar negara miskin di dunia.
Walau begitu, negara ini juga memiliki objek wisata yang sayang jika kamu lewatkan. Sebut saja Anibare Bay, Japanese Guns, Central Plateau, Buada Lagoon dan sebagainya.
4. Tuvalu
Tuvalu merupakan negara terkecil keempat di dunia yang letaknya dekat dengan Kepulauan Fiji dan Kiribati. Negara yang lebih dikenal dengan nama Kepulauan Ellice ini besarnya hanya 26 kilometer saja, tak jauh berbeda dengan Nauru.
Tuvalu memiliki 20 pulau yang luasnya tak sampai satu kilometer. Pulau ini biasanya tak berpenghuni, namun kamu tak perlu khawatir karena pulau-pulau ini aman dari binatang buas.
ADVERTISEMENT
5. San Marino
Urutan kelima ada San Marino, negara yang dikelilingi oleh Italia. Walau luasnya hanya 61 kilometer persegi, nyatanya San Marino menjadi salah satu negara terkaya dalam hal PDB perkapita.
Negara terkecil ketiga di Eropa ini juga menjadi salah satu negara dengan tingkat pengangguran terendah. Selain itu, San Marino juga merupakan negara republik konstitusional tertua di dunia.
Salah satu hal yang unik dari San Marino adalah negara ini tidak memiliki tanah yang datar, 100 persen negara ini berada di atas pegunungan.
Buat yang penasaran, kamu bisa memasukkan negara ini dalam daftar liburanmu, ya. Jangan lupa, singgahi juga objek wisata yang tersedia di sana, misalnya Guaita, Piazza della Libertà, Cesta Tower, Montale Tower, Torture Museum, Museo di Stato dan sebagainnya.
ADVERTISEMENT
6. Liechtenstein
Liechtenstein menyandang status sebagai negara terkecil keenam di dunia. Tak hanya masuk kedalam tujuh besar negara terkecil di dunia, Liechtenstein juga menjadi satu-satunya negara yang berada di Pegunungan Alpen.
Luas negara yang berada di antara Swiss dan Austria ini berukuran hanya 160 kilometer persegi.
Sama seperti Vatikan, Liechtenstein juga tak memiliki bandara. Untuk mencapainya kamu harus melalu Bandara Zurich di Swiss.
Untuk menompang perekonomian, Liechtenstein mengandalkan jasa perbankan dan sektor pariwisatanya terutama penjualan perangkonya.
Jika kamu berkunjung ke sini jangan lupa singgah ke Istana vaduz, Kunstmuseum Liechtenstein, Gutenberg Castle, Liechtenstein National Museum, dan Walser Museum.
7. Republic of the Marshall Island
Negara terkecil di dunia urutan ketujuh dipegang oleh Kepualauan Marshall. Kepulauan Marshall merupakan negara kepuluan yang berada di Samudera Pasifik.
ADVERTISEMENT
Dengan luas hanya 181 kilometer persegi, Kepulauan Marshall sangat bergantung pada wisata baharinya. Tentunya untuk menunjungan kehidupan perekonomian negaranya.
Negara yang terdiri dari 29 atol dan lima pulau terpencil ini memiliki objek wisata seperti Alele Museum, Library and National Archives, Majuro Bridge, Arno Atoll, dan sebagainya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan