Tekno & Sains
·
18 Januari 2021 16:44

Ini Alasan Malaysia Jadi Tujuan Wisata Medis Favorit

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini Alasan Malaysia Jadi Tujuan Wisata Medis Favorit (334989)
Malaysia. Foto: Shutterstock.
Berobat ke luar negeri seolah sudah jadi tren bagi sebagian masyarakat Indonesia. Salah satu destinasinya adalah Malaysia. Ya, Malaysia merupakan destinasi populer masyarakat Indonesia untuk berlibur sekaligus menjalani pengobatan. Destinasi-destinasi yang menjadi tumpuan wisata medis di antaranya Kuala Lumpur, Selangor, Melaka, Penang, Johor, Sabah dan Sarawak.
Meski pandemi, Pemerintah Malaysia masih mengizinkan Warga Negara Indonesia (WNI) melakukan pengobatan ke sejumlah rumah sakit di negara tersebut dengan tetap mematuhi Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ketat sebagaimana yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Malaysia.
Pemerintah Malaysia membuka perbatasan negara hanya untuk kasus evakuasi medis dan penyakit tertentu yang telah mendapat persetujuan dari Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC).
MHTC merupakan lembaga di bawah Kementrian Kesehatan Malaysia yang diberi tugas melakukan promosi dan memfasilitasi pasien-pasien yang datang ke Malaysia. MHTC akan membantu pasien dari Indonesia yang bingung mencari rumah sakit, dokter, dan biaya kalau berobat ke Malaysia.
Mengingat banyak orang Indonesia yang berobat ke Malaysia, Pemerintah Malaysia melalui MHTC akan memfasilitasi calon pasien merencanakan perjalanan pengobatan selama di Malaysia, mulai memilih penerbangan, kedatangan di bandara, rumah sakit, hingga memilih penginapan.
Pada 2019, ada 1,3 juta orang wisatawan medis datang ke Malaysia untuk berobat dan 60 persen berasal dari Indonesia. Banyak alasan yang mendasari Malaysia begitu populer di kalangan konsumen kesehatan, terutama masyarakat Indonesia.
Lantas apa saja alasan Malaysia menjadi destinasi populer untuk wisata medis masyarakat Indonesia? Mari simak video berikut ini.
Video
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC)